EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi
EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Bagian dari Komunitas:

Bookmark

Blogging: Sebuah Cara Menerjemahkan Pikiran #FBBKolaborasi



Pada suatu masa, saya pernah menjadi seorang talkative person. Seorang Sanguinis yang mulutnya terus-menerus mengeluarkan ide-ide dan juga semua hal yang terlintas didalam pikiran. Saat itu, saya berusaha mengakrabi semua orang, baik itu guru, teman sekelas, bahkan dengan orang asing yang baru sekali bertemu. Orang zaman sekarang bilang, itu namanya SKSD. (Sok Kenal Sok Dekat). Daaan, ya! Masa itu, saya orang yang super SKSD.

Saya aktif di kelas dan bersedia mengerjakan tugas yang dihindari oleh teman sekelas. Saya berusaha sekuat tenaga menekan jiwa malu saya yang mengakar dengan tertawa dan mengacungkan tangan di setiap kesempatan. Saat itu, saya selalu berpikir kalau semua hal di dunia ini bisa saya lakukan.

I was young, and naïve.

Ada satu momen dalam hidup di masa remaja saya yang menjadi sebuah titik balik karakter saya. Ada sebuah luka parah yang berusaha saya obati dalam senyap. Konsekwensi dari mengobati hati sendirian adalah perubahan karakter, dari seorang dominan Sanguinis, menjadi seorang dominan melankolis. Dan itu yang saya alami.

Saya merasakan bahwa kepribadian saya kembali seperti saya masih SD yang selalu menghindari keramaian. Kala itu saya nyaris kehilangan rasa percaya diri yang dulu pernah saya pegang erat-erat. Saya sama sekali tidak ingat sebaris pun isi 2 lembar kertas folio materi pidato bahasa Arab yang pernah saya hafal di luar kepala. Saya bahkan berusaha menutup diri dan mulai meragukan setiap keputusan yang saya buat.


Pertanyaan seperti “apakah ini sudah benar?”, “Apakah saya berbeda dengan orang lain?” menjadi sebuah sebuah pertanyaan retoris yang entah kenapa sulit saya jawab.


Hidup saya saat itu seakan menjadi sebuah pencarian identitas yang begitu suram. Saya berusaha meraba mana jalan yang paling nyaman untuk saya lalui, tapi saya tidak menemukannya, atau lebih tepatnya, saya belum menemukannya.

💻💻💻

Menulis, sebuah usaha menormalkan kembali diri sendiri.


Throwback kembali ke memori saat saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Kira-kira kelas 2 SD (usia 7-8 tahun), saya adalah korban perundungan. Saya tidak punya tempat bercerita dan saya tidak bisa bercerita dengan siapa-siapa. Tidak ada orang dewasa yang benar-benar melakukan tindakan meski saya mati-matian berusaha menjelaskan dengan bahasa anak kecil saya saat itu. Saya merasa sebuah sia-sia untuk berbicara sehingga saya memilih untuk mengubur semuanya dalam diam dan berusaha mengobati setiap rasa malu dan sedih hanya dengan membaca dan menggambar.

Terdengar menyedihkan?

Oh, percaya saja, rasanya saat itu saya ingin mengurung diri sepanjang hari di kamar. Saya bahkan secara sembunyi-sembunyi membolos agar tidak ke sekolah lagi, padahal saya termasuk anak yang senang sekali belajar.

Saya mulai menulis diary, saya mengabadikan semua momen dalam bentuk tulisan, gambar, dan symbol. Saya menuliskan semua hal, mulai dari pendapat saya tentang karakter A, kelebihan G, kekurangan X, dan seluruh isi pikiran saya dalam bentuk tulisan yang… Simbolis. Yang mungkin, bila saya kembali menemukan diary itu hari ini, saya bahkan tidak tahu apa artinya karena saya tidak bisa membacanya.

Tapi saya tahu jelas, saat itu, saya tidak percaya siapapun. Bahkan untuk kertas tempat saya menulis.

Experienced Blogging 


Saya pertama kali menulis di bangku SMK, dan saya tidak pernah menyesali itu karena dengan menulis saya bisa sedikit demi sedikit menormalkan kehidupan saya yang pernah jungkir balik. 

Self-healing, kata orang. Suami saya bahkan bilang setiap menulis saya begitu emosional, seolah energi negatif melebur hilang di tiap tuts keyboard yang saya tekan.

Dan memang benar, dengan menulis saya bisa kembali menuliskan bagaimana cara saya berkomunikasi dulu: straight, confident, nyablak, lebay, you name it. Pokoknya sesuatu yang sekarang tidak bisa lakukan dengan orang baru karena saya yang sekarang adalah true definition of awkward person yang sering berkeringat dingin dan juga gemetaran jika berada di tengah orang banyak. Saya hanya bisa menunjukkan sisi saya yang dulu dengan orang yang telah lama berada dalam ruang lingkup kehidupan saya, atau orang yang saya merasa bisa percaya sepenuhnya.

Bukan hal baru jika ada teman blogger yang kemudian bilang bahwa tulisan saya dengan saya yang asli itu berbeda, karena di real life, saya adalah orang yang pemalu dan normatif. Sedangkan di dunia maya (terutama blogging) saya acapkali jadi orang yang lumayan 'berisik'.  Karena ya memang begitulah ajalnya.

Namun terlepas dari hal itu, menulis di blog adalah sebuah langkah besar dalam kehidupan saya, dan saya sangat bersyukur bisa mengenal blog.

Selamat Hari Blogger Nasional 27 Oktober! 

Ditulis dalam rangka #KolaborasiFBB 
7 comments

7 comments

Halo, terimakasih banyak sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^
  • Latifika Sumanti
    Latifika Sumanti
    Friday, 05 April, 2019
    Ini kaya aku lagi baca ttg diriku sendiri, Mba. 90%. Tentang kepribadian, tentang mengubur sendiri kesedihan, tentang self-healing, tentang tuts yang meleburkan emosi negatif.

    Bedanya perubahan dari sanguin ke melankolis ku terjadi saat kuliah, cas cis cus ku berubah 180°.

    I feel u more

    Mba, maaf ya kalo ada kata2ku yang salah selama nge-grup *tetiba mellow
    Reply
  • Rafi
    Rafi
    Wednesday, 17 October, 2018
    Sayang sekali saya baru tahu blogging akhir-akhir ini.. rasanya ketinggalan jaman sekali saya.. tapi tak apalah.. meskipun terseok-seok menulis di blog, ada yang bisa saya sampaikan pada artikel-artikel yang saya buat seputar fotografi yang menjadi hobi saya beberapa tahun terakhir. :)
    Reply
  • Khairunnisa z putri
    Khairunnisa z putri
    Tuesday, 16 October, 2018
    Setia menulis saya begitu emosional, seolah energi negatif melebur hilang di tiap tuts keyboard yang saya tekan. Benar banget dan nisa suka ini kata kata.

    Biasanya kalau dalam keadaan tidak stabil atau pikiran negatife buru buru deh, tulis di note terus update ke blog hehe manfaat nge blog yang gak kerasa hihi

    Selamat hari blogger nasional :))
    Reply
  • antung apriana
    antung apriana
    Monday, 15 October, 2018
    hmm.. kalau aku kayaknya antara blog dan aslinya sama aja ya. nggak terlalu banyak omong. nulis pun irit. hehe
    Reply
  • Rizky Ashyanita
    Rizky Ashyanita
    Saturday, 13 October, 2018
    Alhamdulillah, aku juga bersyukur banget mbak bisa kenal blog.
    Bisa berbagi walau hanya dengan tulisan :')

    selamat hari blogger nasional
    salam
    Simatakodok.blogspot.com
    Reply
  • irabooklover
    irabooklover
    Friday, 12 October, 2018
    Sangat menginspirasi ^_^
    Menulis ternyata memang bisa menjadi terapi ya.
    Mending kalau senyap di kehidupan nyata, tapi berisik di dunia maya. Saya mah senyap keduanya XD
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    Thursday, 11 October, 2018
    Dan saya pun jadi kembali ke masa lalu. Masa di mana jaman SD yg sudah merasakan bullyan. Dulu bahasanya ejekan gitu. Karena begitu saya jadi jarang berinteraksi dg lingkungan. Saya lebih mengurung diri di kamar, kadang baca buku, kadang menggambar, atau bahkan cuma tidur. Rasanya dulu saya benci sekali bertemu dg orang, ujung-ujungnya meledek dan bikin sakit hati. Menangis bukannya dibuat tenang malah diejek habis-habisan.


    Begitu terus sampai lulus SD. Di SMP, Alhamdulillah, saya mulai mencoba berani mengenal lingkungan. Mengenal banyak teman yg baik. Dan kegemaran menulis makin meningkat seiring dengan pelajaran Bahasa Indonesia yg menyenangkan karena ada guru yg sangat riang dan selalu sabar memberi pengarahan. Dari itu, saya suka menulis di buku diary sampai SMK. Dan yang kemudian lanjut di blog.


    ..


    Salam kenal, maaf komentarnya berbau-bau curhat. 😅
    Reply