EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Report Abuse

[Review Anime] Ousama Ranking, Perjalanan Pangeran Bojji yang Penuh Pesan Moral

Belakangan saya lagi senang-senangnya mengikuti perkembangan anime SpyxFamily gara-gara diajak nonton sama suami. Plotnya yang segar campuran antara family dan comedy ternyata 'masuk' banget dengan selera saya, alhasil rutinitas kami sekeluarga dua minggu terakhir adalah menunggu episode barunya keluar di Bstation (disini legal dan gratis!). 

Sambil menunggu episode berikutnya, tidak sengaja saya bertemu dengan tulisan tentang rekomendasi anime Ousama Ranking yang katanya punya rating tinggi dan punya pesan kehidupan yang banyak. Hmmm, saya jadi penasaran apa saya juga harus nonton ini sama Nuy, soalnya kemarin dia jadi semangat belajar gara-gara pengen bisa mengisi buku teka-teki silang (TTS) seperti Anya Forger. Meski cukup random tapi ternyata anime cukup berpengaruh dengan minta belajar, saya baru sadar setelah kejadian TTS ini. 😂

Sebelum nonton bersama, saya berniat untuk melakukan scan tentang anime ini, meski ternyata setelah saya cek ratingnya itu PG-13, saya tetap kepengen tahu bagian apa yang seharusnya saya sensor dan separah apa grafisnya. 

Sinopsis Ousama Ranking/Ranking of King (王様ランキング)


Total Episode: 23

Durasi: 23 menit

Manga: Sosuka Toka

Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy

Produksi: WIT Studio

Airing: 15 Okt 2021-25 Maret 2022


Ousama Ranking menceritakan tentang perjalanan seorang pangeran kecil yang merupakan anak dari pasangan raksasa Raja Bosse dan Ratu Sheena yang bernama Pangeran Bojji (berikutnya akan ditulis dengan Bojji saja). Malang, karena suatu hal Bojji terlahir dengan fisik yang lemah. Dia berbadan kecil, tuli, bisu, dan bahkan tidak memiliki kekuatan untuk mengayunkan pedang. Singkat cerita, dengan keadaannya saat itu Bojji tidak mungkin untuk menjadi seorang raja menggantikan ayahnya yang sudah sakit-sakitan.

Bojji sendiri meskipun memiliki tubuh yang lemah, namun memiliki hati yang bersih, kuat, dan teguh. Biarkan acapkali menerima cemoohan dan direndahkan oleh lingkungan sekitarnya, Bojji tetap menjalani hidup dengan ceria dan menutupi kesedihannya dengan tersenyum. Bener-bener scene yang menggambarkan ketegaran Bojji ini heartbreaking, betapa kalau melihat pembullyan Bojji itu rasanya mirip-mirip dengan kondisi kita zaman sekarang, dimana netizen itu cuma tahu sepotong cerita tapi komentarnya luar biasa judgemental #eh.

Yah, kalau diingat-ingat episode 1-3 di anime Ousama Ranking lebih ke penggambaran lantar belakang hidup seorang pangeran Bojji yang kelam dan menyedihkan. 


Pada suatu ketika, saat sedang berjalan-jalan di luar kerajaan Bojji bertemu dengan monster bayangan bernama Kage

Sebenarnya Kage ini awalnya berniat untuk memanfaatkan kebaikan hati Bojji. Namun setelah beberapa waktu berlalu ketulusan hati dan kesungguhan pertemanan dari Bojji membuat Kage tersentuh hingga Kage pun berjanji untuk akan selalu menemani Bojji disampingnya selama-lamanya. 

Bojji luar biasa bahagia karena menemukan teman yang setia untuk pertama kalinya. Bojji pun berniat untuk sungguh-sungguh mengejar mimpinya untuk menjadi Raja Terkuat di seluruh kerajaan.

Bisakah Boji mencapai mimpinya tersebut?


📝 Personal Thought.

Baik, sepertinya nggak salah kalau ratingnya tinggi. Plotnya kadang tidak bisa ditebak dan membuat kita sebagai penonton jadi bertanya-tanya yang mana yang benar, makanya jadi makin tambah seru. Dan nggak salah juga kalau ada yang bilang kalau anime ini tuh penuh dengan pesan hidup berharga, karena itu memang benarrr. 👍👍

Sepertinya saya kalau disuruh bikin pesan yang ada di semua episode ini sepuluh poin pun sanggup saking banyaknya pesan tersirat yang ada di anime ini, serius. 😆

sebelumnya, peringatan dulu ya, kalau kamu anti spoiler sebaiknya tidak meneruskan membaca karena list dibawah banyak mengandung SPOILER anime Ousama Ranking:

📝 Hal-hal Baik yang Bisa Kita Tiru dari Anime ini

1. Layaknya hati sekuat dan sebersih pangeran Bojji, kekuatan seseorang tidak hanya bisa dinilai dari fisik semata, namun juga mental.  Banyak sekali orang yang memiliki keterbatasan fisik namun hatinya kaya dengan kebaikan. Mungkin konsepnya seperti penganut Stoikisme yang lebih berfokus pada pemikiran diri, bukan apa yang terjadi pada diri. Katanya kan, pikiran dan hati kita itu seperti rumah, apa yang masuk ke dalamnya kita yang memberikan izin.

2. Jangan menilai seseorang hanya dari sampulnya. Di anime ini, Ratu Hilling yang awalnya kita kira jahat, ternyata tidak disangka-sangka memiliki hati mulia. Hanya karena raut wajahnya yang jarang tersenyum dan pembawaannya, kita para penonton jadi berprasangka buruk deh. Padahal namanya hampir sama dengan skill-nya: Healing.

3. Orang seperti Domas yang plin-plan dan bisa berkhianat itu banyak sekali. 

Hati-hati dengan orang yang tampak manis dan membantu kita, tapi saat ada kesempatan yang menguntungkannya dia justru bisa berbalik menikam kita.

4. Mespipun saya kurang suka dengan pangeran Daida, namun tidak bisa dipungkiri kalau dia adalah pribadi yang sportif dan memiliki harga diri yang tinggi. 


Meski sesaat sempat goyah, namun pendiriannya untuk menjadi raja terkuat dengan kekuatannya sendiri tanpa bantuan orang tuanya aka jalur kiri itu merupakan sikap yang ksatria.

5. Inga-inga, sibling rivalry itu nggak cuma dalam anime, namun juga dalam kehidupan nyata, perlakukan semua anak dengan adil sesuai porsinya masing-masing #notedbuatdirisendiri

6. Belajarlah dengan professional yang sudah terbukti kemampuannya, meskipun harganya mahal, seperti Pangeran Despa. 


eskipun tidak murah, tapi justru di tangan Pangeran Despa potensi besar Bojji muncul dan terasah. Jadi, yuk nabung buat pendidikan anak, jangan lupa tiap tahun inflasi pendidikan besar. #notedbuatdirisendiri2 😌

7. Sekali pengkhianat biasanya akan terus berkhianat, seperti Red & Black misalnya. Begitu dibebaskan bukannya bersyukur malah mau menguasi semuanya. Emang ya yang namanya penjahat tidak bisa dipercaya begitu saja. Selalu sisakan space dalam hati tentang tidak kecewa dalam ekspektasi kita tentang orang lain agar tidak terlalu melukai kita.


8. Lakukan hal baik kepada semua orang, kita tidak tahu di kemudian hari akan menemukan takdir seperti apa dan siapa yang bisa membantumu menghadapinya, misalnya seperti bantuan ular Mitsumata pada Bebin yang tidak disangka-sangka saat Bebin sekarat.


9. Mengabdilah dengan sepenuh hati seperti Hokuro dan Dorsche. 


Nilai yang terpatri dengan sadar dalam diri akan membuat kita tidak akan berpaling dan berkhianat dengan janji meskipun menghadapi hal yang sulit.

10. Pikir masak-masak sebelum memutuskan untuk 'mendengarkan' sesuatu. Suara dan iming-iming janji manis seperti yang dilakukan oleh Miranjo ini benar-benar enchanting.


Menggoda iman karena nasehatnya nampak masuk akal namun sebenarnya berbisa jika dilakukan. Wanita memang bisa jadi racun dunia kalau sudah salah jalan. Puk puk Miranjo yang cintanya bertahun-tahun pada Raja Bosse nggak kesampaian. 

11. Sahabat yang menerima kita apa adanya meskipun punya banyak kekurangan dan tetap mendukung kita dimasa-masa sulit itu super super super precious meski hanya satu orang, rasanya akan sangat berarti. 


***

Kalau ingin menonton anime Ousama Ranking/Ranking of the King secara legal, kalian bisa mencoba menontonnya di platform IQIYI. Secara personal saya suka banget dengan anime ini, apalagi saat mendengar OST-nya 'Boy' yang dibawakan oleh King Gnu.

Diakhir cerita semua bahagia, bahkan termasuk Miranjo juga tidak disangka-sangka mendapatkan cinta yang didambakannya. Bojji yang memiliki hati yang bersih sebagai kekuatannya mungkin saja bisa memakmurkan rakyat melampui ayahnya. Mmm... sayang banget sama Bojji pokoknya. ♥️♥️♥️ Perkembangan karakternya top, from zero to Hero. Anime ini buatku adalah hidden gems karena 

Secara keseluruhan, nggak menyesal sudah memberi kesempatan untuk anime ini. Tapi sepertinya nonton bersama dipending dulu karena ternyata scene gore-nya lumayan juga.

Related Posts
Zulaeha Achmad
Ibu satu anak yang suka minum teh sambil membaca komik.

Related Posts

Post a Comment