Wednesday, October 03, 2018

#FBB2ndAnniv: Menjadi Ibu dan Perempuan yang Cerdas Bersama IWITA



Semakin hari, kita semakin dekat dengan hari ulang tahun Female Blogger of Banjarmasin yang ke-2. Yes, tahun 2018, komunitas bloger perempuan satu-satunya di Kalimantan Selatan ini sudah menapaki tahun keduanya berkontribusi di dunia maya. Tentu saja aku merasa excited dengan bagaimana serunya acara #FBB2ndAnniversarry ini nanti. ^^

Apa yang istimewa dengan ulang tahun kali ini?


Well, tentu saja istimewa karena tahun ini kami akan merayakannya bersama IWITA (Indonesian Women IT Awareness), yaitu sebuah sebuah organisasi perempuan yang tanggap peduli IT sangat konsisten dalam gerakan literasi digital.

Jujur, pertama kali aku mencari tahu informasi tentang organisasi ini membuatku tersadar, bahwa visi yang diemban oleh IWITA luar biasa dan revolusioner: mencerdaskan perempuan Indonesia melalui TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).  Terdengar sangat keren, bukan?

Seperti yang kita tahu bahwa di era globalisasi seperti sekarang ini, peningkatan kapasitas dan juga kualitas dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting, dan hal itu berlaku untuk setiap orang, termasuk di dalamnya pula para perempuan. 

Zaman sudah berubah dan kita juga harus melakukan perubahan positif untuk bisa mengimbangi perputaran waktu yang cepat. Perempuan tidak lagi hanya sebatas dapur-sumur-kasur, namun juga harus memiliki 'daya' yang membuatnya menjadi personal yang berpikiran maju.

Jika Kartini zaman dahulu bisa seorang diri mendobrak kekakuan tradisi yang mengungkung perempuan hanya dengan menggunakan kertas dan tinta. 

Maka kita, sebagai perempuan zaman sekarang harus bisa memanfaatkan 3 hal (teknologi, informasi dan juga komunikasi) untuk meneruskan perjuangan Ibu Kartini untuk memajukan dan meningkatkan kualitas para perempuan lebih luas lagi dari berbagai aspek hidup.


Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala, tapi satu telunjuk (tulisan) mampu menembus jutaan kepala,” SAYYID QUTHB.
Tak salah rasanya kata-kata itu menggambarkan betapa pentingnya literasi untuk membentuk pola pikir kita, atau dalam penerapan TIK, sebuah literasi digital. Sebuah kunci yang sangat penting untuk memperbaiki dan meningkatkan 'daya' kita, yang dalam hal ini, seorang perempuan.

Akses internet yang mudah untuk didapatkan sekarang membuat literasi digital menjadi sebuah hal yang umum, namun berdasarkan hasil survey literasi digital IWITA bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yang dilakukan di lima kota, yaitu Jayapura, Seram Barat, Manggarai Barat, Manokwari, dan Belitung, dengan tema profil Pemanfaatan, Penggunaan dan Akses Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Didapatkan hasil bahwa hanya sekitar 4% Ibu Rumah Tangga yang memanfaatkannya. 

Hal ini tentu bisa menjadi pelecut kita semua untuk lebih berkembang lagi, menjadikan perempuan di Indonesia bukan hanya sebagai pengakses, namun selanjutnya dapat menganalisis informasi yang didapat dan mengolahnya menjadi sebuah pijakan menuju peningkatan diri.

Dariku, Blogger Perempuan Kalimantan Selatan.


Blog www.syunamom.com yang ada sekarang ini  kubuat dari tahun 2009, yakni saat aku masih duduk di bangku SMK. Sama sekali tidak terpikirkan bahwa selanjutnya dari blog ini aku bisa mendulang pundi-pundi dan prestasi.

Namun persis seperti tagline yang ada di IWITA, advancement, learning, implementation dan socialization. Aku akhirnya bisa mempelajari blog lebih dalam secara otodidak dan menerapkannya dalam hidup. Lebih lanjut, memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi memang kubuktikan membawa perubahan yang sangat positif dalam hidupku. 

Kini, aku juga tetap bisa aktif berpartisipasi dalam ekonomi keluarga meskipun saat ini berstatus sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT). 

Meskipun berlatar belakang farmasi, aku tetap bisa memberdayakan diri dengan produktif dalam dunia tulis-menulis. 

Harapanku ikut berkecimpung di dunia literasi digital sederhana, semoga setiap tulisanku membawa manfaat bagi orang lain, terutama ibu dan anak. 

Seperti nama blog ini sekarang, syuna and mom, syunamom. Blog tentang seorang ibu dan anaknya. 

Aku berharap bisa menulis sesuatu yang bisa memberi arti bagi setiap pembaca, terutama para perempuan.


22 comments on "#FBB2ndAnniv: Menjadi Ibu dan Perempuan yang Cerdas Bersama IWITA"
  1. Insya Allah mudah-mudahan blog kita semua membawa manfaat & berkah. Aamiin

    ReplyDelete
  2. tks mba inspirasinya.semoga kita mapu mmmenjadi para blogger yg mencatatkan prestasi minimal bagi diri sendiri dan keluarga ya

    ReplyDelete
  3. Dari ibu cerdas lahirlah generasi cerdas.

    Kekuatan tulisan dalam merubah dunia mang dahsyat. 👍

    ReplyDelete
  4. Aamiin. Semoga kita bisa memaksimalkan teknologi informasi ini. Sukses terus untuk blog Syuna dan Momnya mba Leha.

    ReplyDelete
  5. Bener banget mbak leha, kita harus melanjutkan perjuangan kartini zaman dulu dimasa sekarang. Jangan sia-sia kan perjuangan masa lalu para kartini. :)

    Akhirnya nanti ketemu mbak leha lagi, si wajah muyus kinyis-kinyis hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kinyis-kinyis itu udah lama banget :')

      Delete
  6. Iya, mba leha sdh sangat berarti.. terus tulis ttg menjadi ibu ya mbak. :) biar kami belajar. Hihi

    ReplyDelete
  7. jadi keinget dulu punya blog juga pas SMA dan Alhamdulillah ternyata tulisanku bermanfaat buat orang lain hehe

    semoga makin jaya ya FBB di tahun keduanya :D

    ReplyDelete
  8. Iya dulu sih mau nulis ya nulis aja ya. Gak kepikiran buat menghasilkan rupiah. Sekarang alhamdulillah, dengan adanya iwita, bisa menjadi inspirasi juga blog-blognya

    ReplyDelete
  9. selamat buat Female Blogger Banjarmasin ya, semoga selalu semangat menebarkan informasi yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Masya Allah, semoga setiap postingannya membawa banyak berkah buat pembaca ya mba. Kek saya begini :)

    ReplyDelete
  11. Ngebloknya udah lumayan lama ya mba... Sukses dehhh ...Salam buat tmn2 blogger perempuan Kalimantan Selatan

    ReplyDelete
  12. Sukses terus mb leha ngeblognya. Seneng banget 1st time ngeblog klo ga ketemu mb leha di event blogger mngkn ak g kenal sm FBB. Hihi. Ga sabar ketemu lagi minggu ini.

    ReplyDelete
  13. senang bisa mengenalmu dan bersama dalam satu komunitas. semoga kita bisa menjadi pejuang literasi yaa.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget sama tulisan ini

    ReplyDelete
  15. Seperti biasa..Leha selalu gak main main kalau menulis artikel. Dapet filosofinya.

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature