SOCIAL MEDIA

Sunday, July 19, 2020

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Tidur untuk Besok yang Lebih Baik

Sebelum mengakhiri hari dengan berlayar di pulau kapuk, ada beberapa hal yang menurut saya sangat penting untuk dilakukan agar aktivitas besok hari menjadi lebih lancar. Setidaknya ada lima macam hal yang menjadi esensial menurut saya. 5 hal ini bisa membantu aktivitas besok hari menjadi lebih terencana dan teratur. Di antaranya:




1. Sudah tahu sarapan apa yang akan dihidangkan besok pagi. 

Terlebih untuk para ibu yang bekerja dan memiliki suami serta anak, maka point sarapan menjadi hal yang krusial. Biasanya saya menyiapkan food preparing untuk 3 hari kedepan terutama untuk lauk yang siap olah. 

Saya sering dapat nasehat tentang sarapan ini karena Mama dari kecil membesarkan kami dengan kebiasaan sarapan, hal ini pun melekat sampai saya dewasa dan jadi Mama juga. Sebenarnya kita bisa membeli sarapan di warung atau makanan siap beli lainnya, tapi sebelum tidur kita memang sudah harus tahu besok itu bikin sendiri atau beli, dan kalau beli mau pergi kemana. 

2. Menyiapkan baju

Saya dan suami sama-sama bekerja di instansi pemerintahan, jadi untuk seragam setiap hari sudah ditentukan padu padannya, alias bukan seragam bebas yang bisa di mix and match sendiri. Sebenarnya baju yang akan dikenakan untuk pekerja sudah diketahui sebelumnya, tapi saya masih menyiapkan pakaian secara harian. Saya sering dapat nasehat dari mama untuk menyiapkan seragam untuk seminggu full, tapi saya masih belum melakukannya. Mungkin dalam waktu dekat saya harus membiasakan diri dengan persiapan baju mingguan. 

Biasanya baju selain disiapkan juga harus disetrika, dan digantung menggunakan hanger. Ini untuk saya dan suami saja dulu, karena anak masih belajar dari rumah . 

3. Mencatat Aktivitas penting besok hari 

Supaya tidak ada hal penting yang terlewatkan, saya mulai membiasakan diri untuk membuat Notes di Smartphone tentang daftar pentingnya harus saya lakukan besok hari, entah itu dari pekerjaan yang harus saya selesaikan, perintilan rumah, ataupun urusan anak-anak. 

Misalnya untuk bekerja, saya harus;
- melakukan stok opname emergency kit ruang A, 
B, dan C

Untuk rumah;
- Bayar tagihan air
- Membeli daging untuk membuat kebab 
- Beli notes pengeluaran harian

Untuk anak-anak ;
- membantu mengerjakan tugas 1-6


4. Merapikan rumah 

Terutama untuk bagian dapur, saya usahakan harus rapi sebelum tidur, alasannya karena besok hari sesudah bangun maka aktivitas akan banyak dilakukan di dapur, jika dapur masih berantakan, jadinya ya badmood pagi-pagi. Plus buang-buang waktu karena harus beberes lagi. 

Nggak perlu spotless, yang penting cucian sudah beres. 

5. Berwudhu

Sebagai muslim, saya +uga sering terlewat apalagi kalau sudah sangat mengantuk terus saya besok kata hal ini agar menjadi kebiasaan yang kontinyu.