Friday, October 18, 2019

Pengalaman Menggunakan Otentifikasi Taspen Melalui HP Android.


Assalamualaikum.

Di awal bulan kemarin, Mama saya di rumah sedang dilanda kebingungan. Apa pasal?

Oh, setelah saya tanyakan beliau, ternyata masalahnya untuk mencairkan uang pensiunan sekarang harus melalui tahap otentifikasi online melalui aplikasi di HP. 

Nah, yang beliau risaukan adalah karena hal yang harus dilakukan itu relatif sulit (saya sebut sulit karena banyak yang gagal). Dan dari yang saya baca, bahkan harus melakukan cek sidik jari, wadidaw!

Hal ini membuat saya jadi bingung, secara nih, Mama saya (dan teman-temannya yang lain) kan seorang pensiunan yang boleh dibilang tidak terlalu akrab dengan teknologi. Sehingga untuk penggunaan smartphone sebagai saran untuk verifikasi sepertinya harus di dampingi oleh orang yang lebih melek Internet. 

Dan apakah semua pensiunan punya pendamping? Hmmm..  Sepertinya sih tidak, ya. Maksud saya, tidak semuanya punya. 😶

Begitu saya tanya apakah dari Taspen ada arahan bagaimana cara untuk melakukan otentifikasi, Mama pun menunjukkan KARIP (Kartu pensiun) beliau dan secarik kertas betuliskan aplikasi yang harus di download.

"Jadi, kalau nggak di otentifikasi nanti uang pensiunan Mama diblokir deh " kata Mama lagi. 

Mmm... Bagian ini saya kurang paham, tapi intinya ya sekarang sebelum mencairkan dana pensiun memang harus di otentifikasi dulu. Kalau nggak di otentifikasi setiap ingin mengambil, ya uangnya nggak cair. Sesimpel itu. 

Nah, supaya Mama risaunya gak berlama-lama, saya pun mencoba untuk membantu beliau. Berbekalkan kertas yang tadi, saya pun langsung browsing ke Internet.

Saya mau share ya disini step by step-nya, siapa tahu ada teman yang pengen tahu dan tips dari saya bisa bermanfaat 😉

Tutorial Menggunakan Aplikasi Taspen


1. Download Aplikasi


Nah, langkah yang ini mudah. Kita tinggal masuk ke Playstore lalu kemudian search aplikasi 'TASPEN OTENTIFIKASI'. Begitu hasilnya keluar, kita pilih aplikasi pertama di hasil pencarian, lalu klik install. 

2. Login masukkan nomor KARIP. 


Saatnya kita masuk ke aplikasi. Semua pensiunan pasti memiliki kartu KARIP yang biasa digunakan untuk mencairkan dana pensiun.
Nah, untuk login kita tinggal memasukkan nomor di kartu KARIP tadi. Selesai masuk, kita pun langsung ke step berikutnya yang lumayan sulit. 

3. Melakukan cek


Nah, step ini lumayan menguras emosi karena dari yang saya baca-baca, step inilah yang membuat sebagian besar yang mencoba mengalami gagal. Penasaran, saya dan Mama pun langsung mencoba. 

Daaaaaaan... Gagal sodara-sodara! 😂

Jujur nih, sebenarnya instruksi yang diberikan di aplikasi ini sederhana, misalnya:
- Membuka mulut (Mangap) 
- Menganggukkan kepala
- Menggelengkan kepala
- Menjulur lidah
- Mengedipkan mata 

Tapi, gagal teros. Bukan cuma sekali, tapi tiga kali! Namun dari kegagalan ini kita noted ya, ternyata tidak ada cek sidik jari saat proses otentifikasi. 

Gagal beberapa kali tak membuat menyerah, saya dan Mama coba terus, dan akhirnya berhasil login di percobaan ke-4. Yeay!

Nah, saya pengen bagi tips nya agar berhasil melakukan proses cek otentifikasi.

TIPS MELAKUKAN OTENTIFIKASI TASPEN DI HP ANDROID 


✅ Berfoto dengan cahaya yang mencukupi. Sebaiknya di pagi hari saat sinar matahari terang dan pilih tempat yang teduh untuk lokasi berfoto, ya!
✅ usahakan agar posisi kita sesuai dengan alur badan yang diarahkan di aplikasi. Jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
pastikan sinyal stabil!! Ini penting karena seringkali aplikasi online kalau jaringannya naik turun ya tidak bisa berfungsi dengan baik.
✅ Pakai kerudung tidak masalah, yang pasti jangan pakai topi, masker, atau sesuatu yang menutupi wajah.
✅ Background kalau bisa tembok yang netral supaya proses scan semakin mudah.

Nah, itu saja pengalaman saya menggunakan aplikasi Taspen Otentifikasi di hp Android. Semoga ada manfaatnya ya, jangan menyerah meskipun sempat gagal. 
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^