Thursday, October 17, 2019

Bingung Merencanakan Ulang Tahun Anak? Begini Tips-nya

Tips Merencanakan Ulang Tahun Anak

[Bingung Merencanakan Ulang Tahun Anak? Begini Tips-nya] Merayakan ulang tahun anak pastinya menjadi momen yang sangat spesial bagi setiap orang tua. Siapa sih orang tua yang tidak bangga melihat perkembangan buah hati tercintanya bertambah usia dan menjadi lebih dewasa?
Setiap orang tua pasti akan bangga mengenai hal tersebut.

Bukan hanya itu saja, merayakan ulang tahun juga menjadi hari yang paling membahagiakan bagi sang anak itu sendiri. Melihat teman-temannya datang dan membuka satu per satu kado yang diberikan pasti akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu.

Hanya saja, bagi orang tua muda yang baru pertama kali merencanakan pesta ulang tahun anak, pastinya akan merasa kebingunan dan pusing sendiri memikirkan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan terlebih dahulu. 

Tetapi jangan khawatir! Di kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips merencanakan ulang tahun anak bagi pemula. 

Yuk disimak ulasan berikut ini.

Tips Merencanakan Ulang Tahun Anak


✔️ 1. Membuat Daftar Undangan


Hal pertama yang perlu dilakukan ialah membuat daftar undangan. 

Hal tersebut berguna untuk mengetahui berapa kira-kira tamu yang akan datang, sehingga kamu juga memiliki gambaran mengenai berapa jumlah porsi makanan, bingkisan dan hal-hal lainnya yang perlu dipersiapkan.

Setelah kamu mengetahui perkiraan jumlah tamu yang akan datang, maka saatnya merancang undangan. Undangan itu sendiri bisa berupa undangan fisik atau undangan non fisik. Tetapi, guna menghemat biaya, ada baiknya bila undangan di desain berupa non fisik dan disebarkan melalui online. 

Selain lebih hemat, hal ini juga bisa menjadi langkah awal dalam hidup hijau, yakni aksi menghemat kertas.

2. Merencanakan Anggaran yang Dibutuhkan


Setelah kamu membuat daftar nama tamu yang akan diundang, langkah selanjutnya ialah merancang anggaran. 

Catatlah seluruh perlengkapan yang dibutuhkan, mulai dari menu makanan yang akan disediakan, kue tart, dekorasi, sewa tempat bila berencana untuk merayakan ulang tahun di suatu tempat, dan sebagainya.

Setelah seluruh gambaran anggaran dicatat secara terperinci, saatnya kamu mulai menghilangkan hal-hal yang sekiranya tidak diperlukan, guna menghemat dana yang akan dikeluarkan pada nantinya. Tetapi terkadang hal inilah yang sekaligus menjadi penentu apakah pesta ulang tahun anak jadi dirayakan atau tidak. Sering kali kita lebih menyederhanakan acara ulang tahun agar bisa masuk ke dalam anggaran.

3. Tentukan Waktu dan Tempat


Pesta ulang tahun anak pasti akan selalu ada orang tua yang menemani. Sedangkan sebagian besar orang tua pasti memiliki pekerjaan atau bekerja, sehingga waktu acara ulang tahun yang tepat ialah diadakan diantara hari Sabtu dan Minggu. 

Selain itu, siapa bilang kalau pesta ulang tahun harus diadakan di luar rumah seperti di restoran atau di hotel? 
Guna menghemat anggaran kamu juga bisa kok menyelenggarakan ulang tahun anak di rumah.

Jika kamu memiliki pekarangan di belakang rumah, kamu bisa membuat pesta kebun atau pesta taman. Sedangkan jika tidak, disebuah ruangan luas yang didekorasi dengan sedemikian rupa juga bisa dijadikan sebagai pilihan. 

4. Merencanakan Tema


Tema bisa menjadi salah satu hal yang membuat sebuah pesta menjadi lebih seru dan meriah. Biarkanlah sang anak memilih sendiri tema yang mereka inginkan. 

Bila kamu membuat pesta di pekarangan rumah, sepertinya tema pesta kebun yang didekorasi seperti taman bunga atau negeri dongeng untuk pesta ulang tahun anak perempuan bisa dijadikan pilihan. Sedangkan untuk anak laki-laki, taman bisa didekorasi seperti kebun binatang sebagai konsep pesta. ✨ 

Nah, jika kamu mengadakan pesta di dalam ruangan, tema pesta bisa lho dibuat tidak kalah menariknya, seperti memasang berbagai dekorasi tokoh kartun atau menjadikan ruangan tersebut sebagai taman buatan juga bisa dijadikan pilihan.

5. Menu Makanan


Yang terakhir ialah menentukan menu makanan. Jika kamu bisa memasak, akan lebih hemat bila kamu memasak sendiri. Anak-anak sangat senang dengan makanan manis seperti kue atau cookies, sehingga membuat kue sendiri bisa dijadikan salah satu solusi menghemat anggaran. Jika tidak, kamu juga bisa memesan dari catering atau membelinya dari supermarket terdekat.

Sebenarnya, membuat pesta ulang tahun anak tidak perlu menghabis anggaran yang besar lho. Walaupun diadakan di rumah pun tetap akan bisa menjadi momen yang spesial. 

Jika kamu masih butuh inspirasi ide pesta ulang tahun anak dengan budget yang tidak terlalu besar, baca saja informasi lanjutnya di https://www.cekaja.com/info/ide-pesta-ultah-anak-dengan-bujet-ratusan-ribu-rupiah/.  

Nah, selamat bersiap! 
1 comment on "Bingung Merencanakan Ulang Tahun Anak? Begini Tips-nya"
  1. nah ini, aku nyaman banget sama konsep acara yang simpel dan kalo bisa di rumah aja biar homey dan terkesan hangat. pake properti beli di olshop juga banyak yang lucu-lucu kok :D

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^