Friday, May 10, 2019

[#FBBKolaborasi] List Film Bertema Keluarga Terbaik Favoritku!

Children of heaven&safe, wolf children, Miracle in Cell no 7, a separation

List Rekomendasi Film Keluarga Terbaik. 


"Harta yang paling berharga, adalah keluarga...
Istana yang paling indah, adalah keluarga.
Puisi yang paling bermakna, adalah keluarga...
Mutiara tiada tara, adalah keluarga."

Penggalan lagu OST. Keluarga Cemara yang dibawakan oleh Bunga Citra Lestari itu benar-benar mencerminkan keluarga sebagai 'rumah', tempat ternyaman untuk kita pulang.

Well, lagu ini nyambung banget nih sama perayaan bulan ini, yup, Hari Keluarga Internasional! 😊

Nah kali ini saya bersama teman-teman dari komunitas Female Blogger of Banjarmasin melakukan FBB kolaborasi tulisan bertema "Keluarga" yang berdasarkan pada perayaan Hari Keluarga Internasional tadi. Kalian bisa membaca tulisan teman-teman saya dengan tema serupa disini.

Ok, jadi ngomongin film bertema keluarga nih, saya punya beberapa judul yang selalu jadi favorit saya. Kebanyakan sih yang bikin terharu. 😬

Langsung saja ya, berikut film bertemakan keluarga yang menjadi favorit saya sepanjang masa untuk FBB kolaborasi :

1. | Children of Heaven



Kalau dihitung-hitung, maka saya sudah nonton ini sekitar... 7x? Dan tetap bikin mata keringetan. 

Iya, film ini semenyentuh itu! 😭

Mungkin karena konfliknya yang sederhana tapi menyentuh, sisi humanis yang diangkat oleh film besutan Iran ini benar-benar luar biasa.

Menceritakan dua bersaudara dari keluarga yang miskin, Laila dan Ali, yang meskipun miskin namun mereka selalu bersemangat sekolah. 

Pada suatu hari, sepatu sekolah butut milik Laila tak sengaja hilang, padahal itu satu-satunya sepatu yang dia miliki. Laila pun bersedih, Ali sang abang tak tega melihat keadaan adiknya, dia mencoba mencari jalan keluar. Solusi pertama, dengan sepasang sepatu sang abang, mereka berdua pun bergantian masuk sekolah. Solusi ini mereka rasa bukan jalan keluar yang nyaman karena Ali selalu terlambat masuk dan mendapat hukuman di kelas. (Tapi Ali sama sekali nggak pernah menyalahkan adiknya lho disini, brother goals!!!) 

Hingga suatu hari Ali melihat pengumuman perlombaan lari yang mana hadiah juara kedua di lomba itu adalah sepasang sepatu. Teringat sang adik, Ali pun bertekad memenangkan juara kedua di perlombaan lari itu.

Tapi apa yang akan terjadi jika Ali malah meraih juara pertama dan gagal mendapatkan sepatu untuk sang adik? 

Tonton, dan rasakan kehangatan keluarga yang sederhana menjalar di dada. 

2. | Miracle in Cell No.7



Salah besar kalau kamu bilang Korea cuma bisa bikin drama dengan oppa-oppa ganteng. Buktinya, film satu ini beneran menguras air mata.πŸ˜€

Menceritakan seorang ayah single parent dengan keterbelakangan mental yang sangat sayang dengan putrinya. Apapun dia lakukan demi kebahagiaan sang anak. Saat dia tahu sang putri sangat menginginkan tas sekolah yang ada di etalase sebuah toko, dia pun berusaha keras untuk memberikan tas itu pada sang putri. Sayangnya, usaha dan kebaikan hatinya justru disalah pahami sebuah keluarga terpandang dan berujung sang ayah masuk ke dalam penjara. Sang putri kecilnya yang tahu ayahnya tak bersalah pun berjuang untuk membebaskannya.

Film ini bikin hati terasa hangat di 15 menit pertama dengan keluguan sang ayah dan putrinya, dilanjutkan dengan 30 menit kelucuan penghuni sel penjara no.7 dan ditutup dengan ending yang bikin bola mata seperti diperesin bawang merah! 😒

Btw, disini ada Park Shin Hye sebagai cameo. πŸ˜‰

3. | Wolf Children



Jangan pernah melupakan seorang Ibu yang mencintai anaknya dalam keadaan apapun. 

Film menceritakan Hana, seorang perempuan modern yang menikahi Ookami, seorang pria serigala. Otomatis, kedua putrinya pun terlahir sebagai manusia serigala. Hidup bersama suami dan dua putrinya, Yuki dan Ame di tengah pegunungan, keluarga kecil mereka sangat bahagia. 

... Hingga suatu hari Ookami sang ayah tewas saat berburu. Langsung klimaks! 😨

Hana sang Ibu yang merupakan manusia pun struggling mengasuh dan melindungi kedua putrinya yang keturunan serigala agar hidup aman dan bahagia. 

Dua anak manusia saja tantangannya begitu besar, apalagi anak serigala? 

Kesulitan demi kesulitan pun datang menghadang, tapi Hana tidak menyerah. Hingga ending, suguhan emosi silih berganti dihadirkan.

Afterall, dari film ini kita tahu bahwa cinta ibu itu sempurna! ❤️❤️❤️

4. | A Separation



Bagi sebagian orang, perceraian adalah jalan menuju hidup yang baru, hidup yang lebih bahagia.

Bagi sebagian yang lain, perceraian artinya kesepian, kesedihan dan kepedihan tanpa ujung.

Film A Separation mengangkat cerita sepasang suami istri yang berpikir kalau perceraian adalah keputusan terbaik untuk mereka berdua. Jalan menuju hidup yang bahagia. 

Namun bagi anak (dan orang tua) mereka, perceraian kedua orangtuanya justru keputusan yang sangat menyedihkan. 

Ada banyak sekali kesalahan campur aduk dalam rumah tangga dan masing-masing tokoh disini tampaknya ingin mementingkan hal yang menjadi prioritasnya. Pengaruh finansial dan intelektual pasutri di film ini pun disorot dengan pas sehingga essensi yang dilihat penonton bervariasi. Ada rasa sedih, marah, kecewa, yah... Nano-nano. Siapa bilang menikah selalu merasa bahagia? Toh, di hidup ini pahit dan manis datangnya kan bergantian.  

(Tsaaaah, ngomong apa ini, bu? Plis jangan dikira curhat colongan. πŸ˜‚) 

Kesimpulannya, dilm ini mewakili permasalahan keluarga modern. Sebagai pasutri dan sebagai orangtua, tak ada salahnya menonton film ini agar tidak sembarangan mengambil keputusan saat tersulut ego, karena amarah sesaat kadang bisa menghancurkan orang lain.  


🌸🌸🌸

Nah, itu dia film keluarga bertema keluarga yang menjadi favorit saya sepanjang masa. 

Kamu sudah pernah nonton yang mana? Share juga dong film keluarga favoritmu 😁
4 comments on "[#FBBKolaborasi] List Film Bertema Keluarga Terbaik Favoritku! "
  1. Waaa makasih leha rekomendasi film ya. Inshaallah klo senggang pence Norton sepuasnya

    Hahaha. Semoga kita semuanya mamah mewujudkan Keluar ga bahagia. Aamiin

    ReplyDelete
  2. nice sharing.... 1st time tiba di sini, saya terus follow blognya.. ada masa jemput singgah dan follow blog saya juga. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Belum pernah menonton semuanya. Lebih tepatnya tidak berani. Ya, film2 mengharukan ttg keluarga mmg salah satu film yg kuhindari. Bukan apa2, aku cengengnya bukan main. Pasti langsung nangis kalau melihat konflik dan keharuan dlm kisah keluarga. Salut sm org2 yg memproduksi film2 di atas. Cerita2nya keren, sgt menggambarkan realita keluarga zaman sekarang. Bahwa kasih syg di antara anggota keluarga adlh hal terpenting itu benar adanya.

    ReplyDelete
  4. Wahhhhh aku jadi pengen nonton ini film, semuanya menyentuh banget huhu.
    Children of Heaven ini benar benar bikin mewek. Apalgi harus meliat sang kaka harus bergatian sepatu bersama adiknya. Aku juga netes liat ini film

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^