EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Report Abuse

Daftar Drama Korea yang Diangkat Dari Komik Webtoon (Part 1)



Bagiku, yang namanya komik adalah secret weapon untuk menghilangkan mood jelek. Kalau lagi bosan, suntuk, jenuh, coba deh dibawa ngebaca komik yang seru.. JRENG! Entah kenapa jadi semangat lagi. 

Iya, sesederhana itu komik membuat hati senang. ๐Ÿ˜Š


Dan menjalani kehidupan LDM ternyata berpengaruh pada selera komik yang aku baca belakangan, kalau awalnya seleraku lebih condong ke shounen atau adventure, sekarang aku lebih sering membaca shoujo dan... josei :p

Surprisingly, pas ngalor-ngidul aku ketemu sama shoujo manhwa (aku gak tau istilah koreanya shoujo itu apa. ahaha) yang seru! Judulnya Night Scholar. Dan harus browsing, eh ternyata sudah diangkat jadi drama Korea.  

Habis termehek-mehek baca dan bahkan download yang versi drama. Aku pun nyoba ubek-ubek related manhwa. Lha, ternyata kalau dibikin list, banyak banget ternyata drama korea populer yang diangkat dari komik webtoon korea/manhwa :D

Aku tulis yang pernah aku tonton dulu, sekalian refreshing ingatan ๐Ÿ˜†

๐Ÿ‘‘ 1. Princess Hour (2006)


Manhwa Goong (official) The Imperial Household, Love in Palace, Palace Love atau Palace (Hangul ๊ถ) karangan Park So-Hee. 

Ini dramanya pas aku masih SMP, masih ingat banget kalau drakor ini dulu tayangnya di Indosiar tiap hari minggu sekitar jam 1 siang.

Ya ingat lah, tiap ada kerja kelompok mingguan di rumah temen mesti pulangnya cepet-cepet cuma buat nonton si ganteng pangeran Shin dan Pangeran Yul. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜
Plotnya sih kaya kebanyakan drama, it's too good to be true, tapi ya emang gini sih selera mainstream kaum hawa yes. Hahaha

Cewek yang hidup, wajah, dan prestasinya biasa-biasa aja bernama Shin Chae-Kyoung (Yoon Eun-Hae), dijodohin dengan pangeran Lee Shin (Joo Ji-Hoon) yang gantengnya menggetarkan gadis-gadis satu negara, kaya raya tujuh turunan, berbakat, baik hati, calon raja pula. 

Ditengah perjodohan, hadir pula pangeran Lee Yul (Kim Jeong-Hun) dan juga cinta matinya pangeran Shin yang sempat sok menolak lamaran karena terobsesi untuk menjadi balerina, Min Hyo-Rin (Song Ji Hyo). 

Aaaak, ini drakornya seru banget! Jadi pengen nonton lagi deh kalau ingat dulu gimana hebohnya. ๐Ÿ˜†

๐Ÿก 2. Full House (2004) 


Full House (Hangul ํ’€ํ•˜์šฐ์Šค dibaca Pul-hauseu) kalangan Won Soo-Yeon

Ini salah satu drama yang paling oke yang pernah aku tonton. Gara-gara drama ini, aku jadi pengen banget pergi ke Korea suatu hari nanti. 

Genre nya pun sesuai dengan genre kesukaanku, Romcom! Hahahaha. Sepertinya genre drama dan buku favoritku masih belum berubah sejak kelas 5 SD yak. Betapa aku sangat susah move on. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Bercerita tentang seorang pengarang buku, Han Ji-Eun (Song Hye-Kyo) yang ditipu oleh kedua sahabatnya sehingga rumah warisan orangtuanya terjual pada seorang artis angkuh yang pernah dia muntahi kemejanya saat naik pesawat, Lee Young-Jae (Rain). Karena sebuah peristiwa, keduanya pun terikat dalam kawin kontrak. Bisa ditebak lanjutannya? Yup, meski awalnya bagai anjing dan kucing, endingnya keduanya malah saling jatuh cinta. 

Drama ini tuh sangat uwu pada masanya ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

๐Ÿ”ฎ 3. Lucky Romance (2016)

Lucky Romance (Hangul ์šด๋นจ๋กœ๋งจ์Šค atau Unppal Romaenseu) dikarang oleh Choi Yoon-Gyo.

Well, aku baru tahu kalau ternyata orang Korea juga percaya pada hal-hal yang tahayul seperti yang diceritakan dalam Webtoon ini. 

Webtoon Lucky Romance mengangkat cerita Shim Bo-Nui yang percaya buta dengan shio dan ramalan (yang kalau dalam tradisi Jawa ada namanya weton), dan menjadikannya rujukan utama untuk mengambil keputusan penting dalam hidup. Dia tengah kesesatannya akibat ramalan dan perkara shio, dia bertemu dengan Je Soo-Ho, CEO yang sangat logis dan anti takhayul. Kekocakan pun dimulai! 

Catatan: Aku sendiri bukan orang yang percaya pada hal-hal semacam itu, tapi webtoon ini lucu dan sedih gara-gara ramalan semacam itu. Ambil baik dan buang buruknya, harus bijak membacanya. Untuk Webtoonnya, menurutku seru! 

Untuk dramanya banyak modifikasi dari naskah komik aslinya, tapi kalau suntuk boleh juga deh ditonton. ๐Ÿ˜Š

4. Dr. Frost (2014)


Dr. Frost  (Hangul: ๋‹ฅํ„ฐ ํ”„๋กœ์ŠคํŠธatau Dakteo Peuroseuteu) karangan Lee Jong-Beum. 

Ini salah satu judul manhwa yang aku suka banget pada masanya, terbukti dari aku menonton dramanya sampai selesai. 

Untuk kamu yang senang science fiction atau pshchology, Webtoon dan drama dr. Frost menurutku pasti akan sangat keren karena kasus yang diangkat dalam serialnya itu sudah dikonsultasikan dengan professor yang mum


๐Ÿฅ— 5. Itaewon Class (2020)


Itaewon Class (Hangul: ์ดํƒœ์› ํด๋ผ์“ฐ atau Itaewon Keullasseu) karangan Gwang Jin. 

Drama ini adalah satu-satunya drama Korea yang aku tonton di tahun 2020 selain Kingdom. Jalan ceritanya berbeda dari drama Korea kebanyakan yang bicara tentang orang kaya banget, orang yang pintar banget, atau orang  yang ganteng banget, maka tokoh satu ini tidak menceritakan tiga hal tersebut. 

Jauh dari itu, webtoon ini mengangkat perjuangan anak yatim piatu yang kemudian drop out dari SMA dan kehilangan cita-citanya menjadi polisi karena menjadi mantan narapidana. Saya sampe nangis kejer baca komiknya, dan suami saya marathon dalam 2 malam nonton full series dramanya

Super super rekomended! 

๐Ÿ€ 6. Whats Wrong With Secretary Kim? (2018)


Whats Wrong With Secretary Kim? (Hangul ๊น€๋น„์„œ๊ฐ€ ์™œ ๊ทธ๋Ÿด๊นŒ atau Kimbiseoga wae geureolkka) karangan Jung Kyung-Yoon. 

Versi Webtoonnya aku baca sesudah menonton dramanya, dan setelah membandingkan antara versi webtoon dan dramanya, aku jadi benar-benar terkesan dengan bagaimana Korea mengangkat sebuah komik Webtoon menjadi Live Action atau drama! 


Mereka tuh super niat banget, mau dari outfit, potongan rambut, sampai dengan karakter yang benar-benar menjiwai. Jadi ngebayangin gimana seandainya Webtoon Indonesia pun diangkat dengan serius dan matang seperti Webtoon Korea. 

7. I Am Gangnam Beauty (2018)
Gangnam Beauty (Hangul ๋‚ด ์•„์ด๋””๋Š” ๊ฐ•๋‚จ๋ฏธ์ธ atau Nae aidineun gangnammi-in) dikenal juga dengan My ID is Gangnam Beauty karangan Choi Soo-Young. 

Kalau kamu pecinta Webtoon, kamu pasti sudah tahu dong dengan Webtoon satu ini? :D

Yups, Drama Korea yang diangkat dari Webtoon berjudul serupa sukses besar dengan menggandeng Cha Eunwoo, member boyband Astro sebagai tokoh utama. Aku rela nontonin saban minggu di Viu saking penasaran gimana perkembangan ceritanya. 

Overall, webtoon dan dramanya menurutku benar-benar singkron. Dramanya menghidupkan imajinasiku di versi Webtoonnya. Do Kyungsuk super keren!! 


๐ŸŽ 8. Cheese in The Trap (2016)
Cheese in The Trap (Hangul ์น˜์ฆˆ์ธ๋”ํŠธ๋žฉ) karangan Soonki. 

Wah, untuk webtoonnya, aku pribadi menilai ini tuh bagus banget! Mulai dari jalan cerita, plot, watak dan perkembangan karakter, Webtoonnya benar-benar oke. Aku bahkan sudah pernah mereview singkat tentang webtoon ini terpisah di postingan Daftar Rekomendasi Webtoon Romantis ini.  :D

Sayang sekali untuk versi dramanya (season pertama) yang aku pernah nonton itu agak mengecewakan karena endingnya tidak sesuai ekspektasi. Bahkan usut punya usut, katanya antara crew dan pengarang komiknya juga sempat ada sedikit perselisihan tentang bagaimana jalan ceritanya, sehingga wajarlah kalau banyak penggemar komiknya di Korea sana yang protes. Mungkin karena itulah kemudian dibuatlah Cheese In The Trap 2 yang male leadnya tetap di pegang Park Hae-Jin. 


๐Ÿ“š ๐Ÿ“š ๐Ÿ“š 

Nah, itu dia tulisan part 1 tentang daftar webtoon Korea yang diangkat menjadi drama, sebenarnya banyaaaak banget drama korea yang diambil dari manhwa/webtoon, tapi takutnya kalian (dan aku yang ngetiknya) cape euy kalau langsung satu kali tulisan. Nanti aku bikinin part dua nya yaaa. Terima kasih sudah mampir ^^ 
Related Posts
Zulaeha Achmad
Blessed Wife & Mother. Blogger. Podcaster. Tea Drinker. Devoted Manhwa Reader.

Related Posts