Tuesday, April 19, 2016

[UPDATE 2019] 15 Rekomendasi Webtoon Romantis yang Bikin Baper, Wajib Baca!






[UPDATE 2019]  15 Rekomendasi Webtoon Romantis - Aku kadang-kadang suka sebel kalau sedang membaca komik di portal khusus manga, soalnya menurutku di beberapa website terlalu banyak iklannya. Emak-emak nggak mau rugi ini tentu nggak mau kuota yang buat membuka satu page malah bengkak jadi 2-3 page. Meskipun ya namanya juga gratis, nggak usah kebanyakan berharap karen yang punya blog juga butuh duit... Lagipula ada kabar baiknya, nggak semua portal komik kaya gitu :D

Belakangan aku mulai beralih ke Webtoon. 


Apa itu Webtoon? 


Webtoon adalah aplikasi untuk membaca komik dari perusahaan Naver (satu pabrik sama Line). Aplikasi Webtoon ini bisa diunduh gratis di Playstore.

Dengan aplikasi Webtoon ini, kegiatan buat membaca komik semakin lancar! Selain itu nggak cuma komik dari luar tapi juga ada komik yang author nya itu orang Indonesia, dan pssttt... karya mereka nggak kalah sama author dari luar loo ^^

Genre yang biasanya mendominasi Top chart di Webtoon Indonesia adalah Romance. Dan aku punya beberapa judul yang kurekomendasikan buat dibaca. Berikut ulasannya!

Rekomendasi Webtoon 


Romantis 2019


1. My Pre Wedding



Ini salah satu Webtoon asli karangan komikus Indonesia asal Samarinda, Annisa Nisfihani (atau dikenal juga dengan nickname Sayuko). 

Komiknya masih on going sampai sekarang dan biasanya selalu setia bertengger di peringkat pertama. Ceritanya yang simpel, ringan, dan ngegemesin, bisa kita temui di kehidupan sehari-hari. Nggak heran peminat webtoon ini banyak banget, aku salah satunya.



Judul : My Pre Wedding
Author : Annisa Nisfihani
Genre : Romance Comedy
Sinopsis : "Nyaris tidak saling kenal, tiba-tiba dilamar?"



Salah satu adegan pembuka di My Pre Wedding

Bisa dibilang webtoon satu ini benar benar 'Indonesia' banget. Selain setting ceritanya mengambil tempat kantor kelurahan dengan pakaian ijo-ijo a la seragam PNS.

Nuansa budaya lokal juga terasa dari panggilan mereka berdua satu sama lain yaitu "Mas" dan "adek". Yah, kira-kira seperti istilah "chan", "san", "sama" di manga atau "oppa", "hyung" di manhwa ya? Selain itu di beberapa bagian juga ada diselipkan bahasa Banjar dan istilah adat di Kalimantan seperti 'sasarahan'. ^^


My precious wedding.


Nah, sesuai dengan sinopsisnya, Webtoon ini menceritakan Adimas, sang pria idaman wanita yang bekerja sebagai sekretaris di kelurahan. Nggak ada angin, nggak ada hujan, tiba-tiba saja dia melamar Adelia di tengah-tengah jam kerja kantor. Adelia yang merasa nggak dekat sama sekali dengan Adimas kaget dong? Kok bisa sih? 

Sejak itu, dimulailah perjalanan cinta mereka berdua menuju pernikahan.


Authornya udah jadi pasutri loo..

Buat yang penasaran sama My Pre Wedding bisa langsung baca webtoon nya di situs Webtoon.com dan select pemilihan bahasa Indonesia. Jadwal untuk My Pre Wedding di-update biasanya setiap malam minggu, dan rata-rata komentarnya disana pada baper pengen cepat-cepat kawin gegara ini sih, liat aja di top comment, lucu-lucu bacanya :D

Psst... bisa baca cerita Post Wedding-nya (Pasutri Gaje Series) di facebook authornya loh, klik aja disini


Seriously, love her art.

Oh iya, Webtoon ini sudah tamat dengan happy ending. Tapi lanjutan cerita pernikahan mereka yang lucu dan hot  juga punya webtoon sendiri. Aku menulis ulasannya di blogpost terpisah

Baca juga: [Review Pasutri Gaje: Pasutri Gaje Season 2]
(note: beneran berbahaya untuk para lajangers πŸ˜‚✌️)

2. Cheese In The Trap


Bisa dibilang kalau Cheese in the trap Ini adalah manhwa favoritku di Webtoon, masih on going dan udah ada drama-nya sama seperti Orange Marmalade.

Cheese in the trap

Judul : Cheese in The Trap
Author : Soonkki
Jumlah chapter : Season 3 ( and still on going)
Sinopsis : "Kenapa senior ganteng itu begitu suka aku?"

Seol Hong adalah mahasiswi pekerja keras yang baru kembali kuliah setelah cuti. Namun, Seol merasa hidupnya menjadi lebih sial sejak dekat dengan Jung Yu, seniornya yang terkenal sebagai cowok sempurna. Apakah Jung sengaja? Ataukah Seol hanya berprasangka?"


Strange yet sweet

Sebenarnya basic cerita Cheese in The Trap (CITT) ini sederhana, cerita cinta di kampus. Tapi banyak bumbu-bumbu yang bikin seru jalan ceritanya seperti kecemburuan Yoo Jung pada Baek bersaudara yang berujung panjang, permasalahan Seol dengan teman-temannya dikampus, sampai masalah keluarganya juga.

Tapi tenang aja, nggak lebay lah masalahnya, palingan yang lebay disini cuma Baek In Ha yang bawaannya pengen minta tabok mulu tiap kali ngeliat tabiatnya yang ajaib dan over dramatic. 😨

Saat membaca manhwa-nya, menurutku untuk chapter awal mungkin agak sedikit membingungkan karena banyak flashback dari Hong seol tentang Yoo Jung selama beberapa semester dan awal mula perkenalan mereka.

Tapi setelah diatas chapter 10 sudah mulai bisa dipahami jalan ceritanya, dan mungkin bakalan perlu untuk mengulang membaca karena lupa cerita sebelumnya. Itu semua wajar... Jadi kalau bingung jangan stop dijalan ya, tetep lanjutin aja bacanya. πŸ˜†

Oh iya di dramanya, Park Hae Jin beneran menghidupkan imajinasi Yoo Jung dalam pikiranku buangeeed lah. 😍😍😍

Produksi dari TvN. mayan...

Yang aku suka dari manhwa Cheese in The Trap cukup banyak.

Misalnya saja chemistry antara male lead dan female lead ataupun second male lead tidak terlalu banyak kontak fisik seperti drama dengan konsep romance yang lainnya, tapi meskipun begitu tetap berkesan dan tetap 'menggigit' pembaca untuk gemes dan geregatan. (sfx: Kyaaaa~ lol) πŸ˜‚

Manisnya.. kebangetan

Untuk yang sabar (karena kalau lewat webtoon indo resmi masih on going lumayan jauh, kalau gak sabar mungkin bisa membaca di Oddsquad.) serta mencari komik yang heart warming, aku merekomendasikan manhwa ini dengan level HIGHLY RECOMMENDED.

3. Orange Marmalade


Yang ini datang dari Korea juga lho, setting-nya sendiri adalah masa-masa SMA dengan tokoh utama seorang vampir cewek yang karena suatu insiden tiba-tiba ditaksir seorang cowok paling ganteng di sekolahnya.

Cliche? 

Nggak juga kok, bukan cuma menceritakan romance, tapi juga ada friendship dan slice of life juga :D



Judul: Orange Marmalade
Author: Seok Woo
Jumlah chapter : 119 chapter.
Sinopsis : "Apa jadinya jika vampir jatuh cinta dengan murid terpopuler? Orang-orang kini tidak lagi takut pada vampir, tapi kini vampir dikucilkan dari hidup mereka. Mari Baek adalah vampir yang berusaha menyembunyikan identitasnya, namun apa jadinya bila dia jatuh cinta dengan murid terpopuler di sekolah, Jaemin, yang membenci vampir?"

πŸ’πŸ’πŸ’

Di Korea Selatan sendiri manhwa ini juga populer, bahkan sudah diangkat menjadi drama dengan judul yang sama, kalian bisa di download disini.

Meskipun banyak yang bilang juga katanya kalau cast dan adaptasi dari manhwa ke drama nya agak 'gagal' dapat feel nya. 

Nggak nonton sih jadi gak bisa banyak komentar.😐

Orange Marmalade Live Action 


Kalau soal penokohan aku punya satu tokoh favorit disini. Han Shi Hoo.nggak tau juga kenapa jadi suka, padahal dia kan salah satu tokoh antagonis ya? πŸ˜†

Tapi pada dasarnya dia kan sebenarnya baik dan perhatian dengan Mari, ya meskipun agak slengean dan bersikap semaunya dan bisa dibilang anti manusia.

Mas-mas Tipe Tsundere yang ngegemesin

Yang sukanya mengenang masa SMA yang baru tau rasa cinta monyet mungkin membaca manhwa yang satu ini akan mendadak baper. πŸ˜‚

4. Winter Woods


Apa yang ada dalam pikiranmu tentang manusia buatan?
Frankenstein? kejam? jelek?
Badan yang penuh jahitan?
Nggak bisa senyum?

Kalau di film thrill biasanya seperti itu, maka hanya di winter woods kalian akan menemukan manusia buatan yang jadi cogan. bisa senyum, jahitannya sedikit, kulitnya mulus, bisa senyum dan punya hati kayak Nicholas Hoult di Warm Bodies, meskipun awalnya nyeremin juga :D



Judul : Winter Woods 
Author : Cosmos & Van Ji (ini sepertinya bukan duet rice cooker dan super hero abad 20)
Jumlah chapter : 36 chapter (on going)
Sinopsis : "Ribuan tahun telah berlalu sejak Winter diciptakan dan ia masih belajar untuk jadi manusia seutuhnya"



Maafkan aku mak, selamat hari raya.

Alkisah ada seorang ahli kimia yang hidup bahagia sama istrinya. Pada saat istrinya hamil dan mau melahirkan, ternyata istrinya meninggal, begitu pula anaknya.

Sang ahli kimia pun sedih dan akhirnya berusaha membuat keluarga sendiri dengan cara yang gak wajar, dan gagal karena manusia buatannya ternyata gak bisa punya hati (perasaan). Namun akhirnya di percobaan 1001, dia pun berhasil. Sayangnya sang ahli kimia keburu mati sebelum tau percobaannya itu berhasil.

Nah, beberapa tahun kemudian, si manusia buatan ini tinggal di rumah sakit mana gitu, dan jadi bahan percobaan para dokter, namun akhirnya dia dibebaskan.

Dia disuruh tinggal dengan seorang gadis bernama Jane yang berprofesi sebagai seorang penulis, tujuannya buat mengajarkan percobaan ini sebagai manusia sesungguhnya, Jane ini ditantang oleh Sarah (seorang dokter yg kayaknya si antagonis) buat jadi objek inspirasi tulisannya dan Si Jane setuju dong. πŸ€”

Lupa kenapa dia jadi mau aja mengikuti permintaan (bujukan?) Sarah, mungkin karena si Jane ini sedang mengalami writer block jadi ya mau aja asal dapat bahan buat jadi objek ceritanya. 



Menurutku diawal cerita webtoon ini agar seram, nuansa dark-nya kerasa banget. Tapi aku tetap teruskan membaca soalnya penasaran aja karena ratingnya lumayan tinggi. Sebagus apa sih?

Eh, lama-ama makin asik ceritanya. Mulai dari awal perkenalan, tingkah imut polos dan tulus si winter dan segala hal tentang manusia yang belum diketahuinya. Mulai dari pensil alis, biji tanaman, ibu hamil, pensil warna dan segala macamnya, bikin senyum senyum sendiri bacanya. 

Heartwarming banget ini kakak πŸ™‚




Dan dari chapter ke chapter yang paling berubah itu adalah si Winter. Baik fisik dan psikis nya. dari manusia buatan yang suram, berubah menjadi lebih manusiawi dan juga berhati hangat. 

Dan yang lebih bikin reader cewe klepek-klepek adalah dia bertransformasi menjadi cogan yang romantees ✨😍

5. Untouchable






Judul : Untouchable
Author : masstar (mas-mas bintang???)
Jumlah chapter : 93 chapter (on going)
Sinopsis : "Tidak sabar menyentuhmu! Sia Lee adalah vampir masa kini yang tidak lagi minum darah. Ia menyerap energi manusia dengan cara menyentuh tubuh mereka. Sejak bertemu Jiho, Sia sangat ingin menyentuh tubuh pemuda itu... sayangnya Jiho si pecinta kebersihan tidak mau disentuh oleh Sia. "

πŸ’πŸ’πŸ’

Yang sudah pernah baca pasti tahu bahwa manhwa yang satu ini cukup 'berani' isinya

Meskipun nggak ada peringatan di awal cerita seperti Lookism, konten yang ditampilkan cukup menggoda mata. Yang lucu disini menurutku adalah perubahan dari -untouchable- menjadi -touch-able-able- alias dari phobia disentuh menjadi suka banget di sentuh. Hahahaha..

kalau nggak salah ada juga yang pernah komen di chapter berapa gitu hal yang sama yang pernah ku pikirkan yaa ^^




Halallin aku dulu bang~~

Di awal diceritakan bahwa si manusia freak kebersihan JiHo gak suka sama Sia Lee yang notabene adalah seorang vampire.

Berbeda tapi ada kemiripan dengan Orange Marmalade. Vampire yang satu ini pun adalah seorang cewe cantik yang menyembunyikan identitas vampire nya dan juga nggak minum darah lagi seperti leluhurnya, tapi menyerap energi dari orang yang disentuh untuk dijadikan makanan.

Dan entah kenapa Sia menjadi terobsesi dengan sentuhan si JiHo tadi, menurutnya itu enak (?) dan akhirnya Sia memutuskan untuk memperoleh sentuhan JiHo lebih banyak lagi, dan akhirnya setelah melalui banyak hal keduanya malah saling menyukai.

Selesai? Tentu tidak..

Banyak hal yang masih harus dihadapi dan dipecahkan dalam hubungan mereka.

[Baca juga: 5 Rekomendasi Webtoon Terkocak untuk Moodbooster Saat Lelah]

[UPDATE WEBTOON ROMANTIS 2019] 


Dengan pertimbangan webtoon yang berada pada list diatas sudah tidak relevan lagi, maka aku akan menambahkan beberapa rekomendasi webtoon romantis terbaru supaya kalian bisa tetap update.

Enjoy!

6. The Secret of Angel


Judul : The Secret of Angel / True Beauty / Descent of Goddes (μ—¬μ‹ κ°•λ¦Ό)
Author : Yaongyi
Jumlah chapter : 54 chapter (on going)
Sinopsis : Siapa pun punya rahasia. Kalau rahasia seorang angel ini...?!





Lim Jukyung adalah seorang remaja perempuan berwajah biasa yang menggemari horror Junji Ito. Meskipun genre favoritnya horror, tetapi dia tetaplah seorang gadis biasa yang ingin tampil cantik! 

Bagaimana caranya? 

Make-up adalah salah satu jawabannya, karena itu Ju kyung pelan-pelan belajar bagaimana cara memakai make-up yang baik dan benar. Berkat rajin trial and error, dia pun menjadi expert soal make-up. Keterampilannya itu akhirnya membuatnya seperti memiliki dua wajah: Bareface dan full makeup yang sangat kontras. 

Disaat dia berusaha menyembunyikan wajah aslinya, dia menjadi dekat dengan dua pria tampan, Suho dan Seojun. Ju Kyung pun jadi galau!

(Muka authornya seperti real life Jukyung. Versi cantik tentunya~~)

7. I am Gangnam Beauty


Judul : I am Gangnam Beauty / My ID is Gangnam Beauty (λ‚΄ IDλŠ” 강남미인)
Author : Gi Meng Gi
Jumlah chapter : 80 chapter (end), 4 cerita tambahan, 7 chapter spin off
Sinopsis : Terlahir kembali dengan wajah lebih cantik!



Kang Mi Rae memulai hidup baru di dunia kuliah dengan wajah yang baru!

Sempat melalui masa-masa berat pembullyan dengan panggilan 'ORC' karena wajahnya yang dianggap seperti monster hingga hampir bunuh diri, Mi Rae akhirnya memutuskan untuk mengoperasi wajahnya setelah lulus SMA dengan harapan bisa kuliah dengan tenang karena berwajah 'biasa'.

Tapi kehidupannya di universitas ternyata tidak semulus yang dibayangkan karena bertemu Sua, si gadis cantik alami yang memiliki kepribadian licik. Sua tidak menyukai Mi rae yang lebih stand up di angkatannya daripada dia. Mi Rae yang naif pun hampir celaka karena ulah Sua. Untung ada Kyung Suk, cowok paling ganteng se-universitas yang selalu menolongnya meski sikapnya sedingin es.

Bisa ditebak, Kyungsuk pun lama kelamaan menyukai Mirae yang polos. Tapi, apakah Sua akan diam saja?

Tentu tidak, Florenzo.

Nah, netizen, sebelum membaca ini, siapkan hati yang besaaaaaarrrr karena Sua ini super nyebelin dan muka dua. Takutnya kamu emosi terus nggak sengaja banting hape XD





Anyway, bisa dibilang webtoon ini memberikan kita sisi lain kerasnya dunia visual di Korsel yang mengagungkan tampilan luar sebelum dalam. Kalau masih ada yang bingung kenapa judulnya Gangnam beauty, Istilah 'Gangnam beauty' ini di Korea adalah sebutan untuk perempuan cantik hasil operasi (distrik Gangnam di Korea Selatan terkenal sebagai pusat klinik operasi plastik), term ini tentunya digunakan untuk Jukyung yang operasi.

Karena webtoonnya sukses besar, webtoon ini pun akhirnya diangkat mencari k-drama. Dibintangi Im So Hyang sebagai Kang Mi Rae dan Cha Eun Woo (member boyband ASTRO), drama adaptasi sebanyak 16 episode ini baguuus banget. Aku bahkan rela menunggu setiap minggu di VIU. lol. 

Ngomongin kualitas mah, Korea memang selalu totalitas kalau membuat drama ya? Apalagi si pemeran Kyung Suk, Cha Eun Woo. Beh, auranya pun tumpah ruah disini!


8. Make Up Man

Judul : Make Up Man / The Man Who Cleans Up Make-up (ν™”μž₯ μ§€μ›Œμ£ΌλŠ” λ‚¨μž)
Author : Li Yeon
Genre: Comedy Romance Shoujo
Jumlah chapter : (on going)
Sinopsis : Benarkah wajahku yang biasa-biasa saja adalah yang dicarinya selama ini!?



INI LUCU BANGET!!!

Aku suka dengan storyline-nya yang unik dan segar. Di Indonesia, webtoon ini baru sekian episode. Bercerita tentang Kim Yeseul, mahasiswi jurusan fotografi yang  nya nol, yang suatu hari bertemu dengan make up artist (MUA) jenius Cheun Yooseong. 

Cheun Yooseung yang perfeksionis ini jatuh cinta dengan wajah polos Kim Yeseul dan ngotot untuk menjadikan Yeseul modelnya di acara Face-off Cinderella. Meski awalnya menolak, akhirnya Yeseul terpaksa setuju.

No menye-menye things disini, semua karakternya memiliki harmoni dan stand up dengan keunikannya masing-masing. Yeseul benar-benar menggambarkan bagaimana kita diawal tahu make up. Ini kepo, itu kepo, akhirnya bingung sendiri. wkwkwk

Sementara itu Cheon Yooseong, MUA kita yang tampan pun mengakui kalau ketampanannya didapat dari make-up. Ebuset dah ya? Cowok pake make-up. Tapi serius deh, kultur kita memang beda ya disini sama disana. Di Korea Selatan cowok dengan kesadaran sendiri memakai skincare rutin dan makeup jika pergi keluar rumah. 

Disini? Duh,nggak jauh-jauh. Suami di rumah jangan harap sukarela pakai cushion, disuruh pakai sunscreen sebelum berangkat dinas aja susahnya minta ampun. :p



9. My Unknown Husband

Judul : My Unknown Husband
Author : Haruka Gyuunyuu
Jumlah chapter : episode 8 (on going)
Sinopsis : "Melupakan masa lalu, kemudian memulai hidup baru." Seumur hidup, Naira tidak pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Suatu hari, ia dinikahkan dengan seorang pria yang tidak ia kenal sama sekali. Ardan, suami baru Naira, merupakan seorang General Manager yang memiliki sifat misterius dan tertutup. Bisakah Naira jatuh hati padanya? Mungkin lebih tepatnya.... menerima suaminya apa adanya?


Segala sesuatu yang bertemakan 'Marriage Life' biasanya laris manis di Indonesia karena kultur kita yang menyanjung sucinya pernikahan aka banyak readers yang ngebet halal. Untuk Webtoon contohnya seperti Pasutri Gaje, Honey honey Wedding, dan... webtoon satu ini. No offense, karena akupun juga suka genre ini! lol

Oke, jadi untuk Webtoon My Unknown Husband ini sebenarnya sudah kubaca sejak dia masih berada di Webtoon Challenge karena ratingnya yang cukup tinggi. Bait pertama yang membuatku penasaran adalah judulnya, My Unkown Husband? Opo'o gak ketauan? Kok nggak tahu suamik sendiri?

Eh, ternyata ini tuh cerita tentang pernikahan hasil perjodohan. Di webtoon ini yang jadi sumber cerita adalah sang pengantin perempuan Naira yang ternyata memiliki trauma pada pria, dan hal ini ada hubungannya dengan Ardan, sang suami. Apa kejadiannya dan bagaimana mereka mengatasinya menjadi sumbu cerita ini.


10. A Good Day to be a Dog

Judul : Lovely Again Today (μ˜€λŠ˜λ„ μ‚¬λž‘μŠ€λŸ½κ°œ 이혜)
Author : Lee Hye
Genre: Comedy Drama Josei Romance Supernatural
Jumlah chapter : 34 (on going)
Sinopsis : Kisah romantis cowok pembenci anjing dengan cewek yang berubah menjadi anjing





Nggak jauh-jauh dari genre favoritku, romantic comedy. Webtoon satu ini pun bikin jantung berdegup kencang berpadu dengan sakit rahang karena grinning. Saking serunya, aku rela menyeberang ke Naver demi update webtoon satu ini, jarang-jarang lho! Hahaha

Berlatar belakang sekolah SMP, female lead webtoon A Good Day to be a Dog adalah Hana, seorang guru perempuan berusia 27 tahun yang cantik, cerdas, dan punya banyak teman. Sekilas, kehidupannya terlihat sempurna sebagai perempuan, yang tidak orang-orang ketahui adalah keluarganya memiliki kutukan dari generasi ke generasi.

Kutukannya cukup imut, yakni jika mencium seorang pria, maka setiap tengah malam hingga pagi tiba, dia akan berubah menjadi anjing! Karena itulah Hana berusaha keras agar tidak mencium siapapun hingga dia yakin pria itu mencintainya, karena satu-satunya cara agar kutukan itu hilang adalah dicium pria yang menciumnya pertama kali dalam wujud anjing jadi-jadian. 

Semuanya berjalan lancar hingga saat mabuk, Hana secara tidak sengaja mencium Sowon, rekan sesama guru yang seringkali menjauhinya. Hana pun bingung bagaimana caranya melepas kutukan karena ternyata Sowon takut dengan anjing!

11. Tweening!



Judul : Tweening!
Author : Amabel Emillavta
Jumlah chapter : episode 39 (season 1)
Sinopsis : Akan kulakukan semua hal demi mengejar mimpiku...!


Follow your dreams!

Webtoon tweening bercerita tentang sepasang mahasiswi seni, Carol dari jurusan animasi dan Nathan dari jurusan piano. Keduanya tergabung dalam sebuah proyek akhir semester. Carol yang blak-blakan dan jauh dari kata anggun seperti female lead pada umumnya ternyata mencuri hati Nathan, si jenius putra sang maestro. Sayang, keduanya sama-sama nggak peka! HAHAHA

Webtoon ini rekomended untuk kamu yang masih di bangku sekolah (SMP, SMA) karena dari sini kita bisa belajar tentang semangat mengejar hal yang kamu sukai (Carol diceritakan sebagai mahasiswi Indonesia yang mendapatkan beasiswa ke Jerman). Energi cinta yang lagi naik-naiknya di masa puber pun bisa dijadikan pelecut untuk semakin semangat mengukir prestasi. Bravo Carol!

(NB: Authornya pun mahasiswi desain grafis di Korea Selatan)

12. Spirit Fingers



Judul : 
Author : 
Jumlah chapter : (on going)
Sinopsis :

Yang suka webtoon satu ini tuh banyak.... banget. Gambarnya colorful khas komik remaja.

Spirit fingers terpusat pada perjalan tokoh Wooyeon, siswi SMA biasa dari keluarga diatas rata-rata, Ibunya yang cantik, Ayahnya yang jenius, serta kakak serta adiknya yang mewarisi genetik bagus dari orang tuanya.

Di dalam keluarganya Wooyeon seolah tersisihkan, wajah dan penampilannya yang biasa saja, dan nilai-nilai akademisnya juga biasa saja (menurut keluarganya yang super sih, masuk 10 besar dibilang rata-rata masa) membuatnya menjadi pribadi yang pemalu dan rendah diri.

Tapi suatu ketika dia bertemu dengan sebuah grup menggambar unik yang membuatnya menemukan passion-nya yang dia cari-cari, yaitu, menggambar. Croquis.

Ah, pokoknya webtoon ini penuh warna dan ceria! Pemilihan warna, cara gambar, alur cerita, semuanya ngegemesinnn... Apalagi sosok Kijeong Pup yang tsundere, ganteng-ganteng hobinya boker. hahahaha

Menurutku webtoon ini lumayan lucu, meskipun level sakit perutnya nggak tinggi-tinggi amat, but it worth to read lah karena sangat menghibur ^^

13. I Love Yoo


Judul : I Love Yoo
Author : Quimchee
Jumlah chapter : Episode 52 (on going)
Sinopsis : Tadinya sih nggak mau jatuh cinta...

Awalnya aku mengira author webtoon I Love Yoo ini sama dengan webtoon Tower of god karena gaya gambarnya yang menurutku mirip, ternyata sama sekali nggak. Authornya tuh beda, yang satu dari Korea (ToG), dan yang satu ini dari Filipina (katanya). Meski begitu nama-nama tokoh disini sepertinya mixing antara Korea dan Jepang.

Bercerita tentang Shin Ae Yoo, murid ansos biasa-biasa saja, dari kalangan biasa-biasa saja, dan berwajah biasa-biasa saja. Karena sifatnya yang reaktif, akhirnya dia membuat masalah dengan dua orang kakak beradik, Kousuke (q-tip) dan Yeong Gi. Bisa ditebak lanjutannya? yup, keduanya akhirnya menyukai Yoo. Bisa dibilang agak cliche sih... tapi yabolelaa... karena aku juga sempat switch bahasa demi bisa membaca webtoon satu ini. Hahaha


14. [C]loser



Judul : [C]loser
Author : Naomi Saddhadhika & OXASHL
Genre: Romance, Drama, Josei
Jumlah chapter : episode 30 (on going)
Sinopsis : Dekat dengan idola rasanya tak selalu indah.



Meskipun banyak webtoon yang mengusung tema hubungan romantis antara idol dengan fans/orang biasa, webtoon satu ini bisa dibilang berbeda karena menentang arus dengan jalan cerita yang lebih ke arah tragis dan penuh skandal (jiah, lebay ya bahasanya hahaha), yah, intinya jauh lah dari kisah cinta yang so sweet, karena agak nyerempet adult life. Yah... bisa dibilang ini webtoon 17+ meskipun nggak ada adegan eksplisit.

Jadi yang idol namanya FOX dan yang perempuan itu dari manajemen tempat FOX bekerja. Ceritanya, si FOX ini menjalin cinta terlarang dengan istri direktur agensinya, cari mati atas nama kasihan karena si istri direktur menjadi korban KDRT. Awalnya gemes, ah ini kalau beberapa chapter jalan ceritanya gak jelas, aku  mau stop baca. Tenyata malah nagih...

Btw, sekarang berdua ya, dulu rasanya si author cuma Naomi. ^^


15. My Anti Fan


Judul : My Anti Fan / So I Married a Anti Fan (κ·Έλž˜μ„œ λ‚˜λŠ” μ•ˆν‹°νŒ¬κ³Ό κ²°ν˜Όν–ˆλ‹€ )
Author : Jaerim (재림) (Jiwan?)
Genre: Comedy Drama Romance
Jumlah chapter : 3 (on going)
Sinopsis : "Kenapa aku nikah sama dia? Padahal aku ini hater-nya!"



Lee Geun Young adalah seorang wartawan yang karirnya kurang bagus. Suatu malam dia menghadiri sebuah acara dan secara nggak sengaja dia melihat bintang top Who Joon sedang bertengkar hebat dengan seorang aktris. Merasa itu adalah kesempatan agar karirnya yang mandeg bisa naik kembali, Geun Young pun berusaha diam-diam memotret mereka berdua. 

Sayang, Who Joon mengetahuinya dan marah besar. Hp Geun pun dibanting hingga rusak, tak cukup sampai disitu, Geun Young dipecat dari tempat kerjanya. Geun Young yang kini menjadi pengangguran merasa geram dan memutuskan untuk menjadi Anti Fan Who Joon.

Siapa yang menyangka takdir membawa mereka menjadi pasangan?


Who Joooooooon~

Webtoon satu ini sudah sangat, sangat, sangat terkenal. Ada manhwa-nya, ada filmnya, ada novelnya, dan sebentar lagi ada k-dramanya. Mungkin kamu pernah mendengar salah satu diantaranya secara nggak sengaja.

Novel So I Married the Anti-fan ditulis oleh Kim Eun Jeong sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Penerbit Haru, kamu bisa membelinya secara daring.



Untuk filmnya pun, lumayan laaah... Dengan perpaduan antara aktor dan aktris dari dua negara, Korea dan China, filmnya lumayan mengocok perut. Kalau kamu seorang penggemar boyband EXO, kamu wajib nonton ini karena pemeran Whoo Joon adalah Chanyeol EXO!

... Sayang masa mudaku yang fangirlingan sudah lewat ya. Haha. Padahal aku dulu sempat suka lagu-lagunya EXO ini.





Untuk k-dramanya masih belum tayang, yang jelas si cewek itu membernya Girls Generation yang bodinya paling tinggi. Boleh juga dijajal kalau nanti dramanya sudah keluar, mudah-mudahan ada di VIU ya!

✨✨✨

Hmm... capek juga ngetiknya. Baiklah, cukup sekian rekomendasi webtoon romantis dariku. Selamat membaca!

Source: Naver
17 comments on "[UPDATE 2019] 15 Rekomendasi Webtoon Romantis yang Bikin Baper, Wajib Baca! "
  1. wah.. komiknya keren-keren ya mba,, aku suka banget baca komik mba, cuma sejak nikah ga pernah beli lagi, baru tau nih ada webtoon gini, boleh banget ini, tfs ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita senasib mak, habis nikah gak pernah beli lagi.hahaa
      pake ini mayan lah, buat baca komik onlen gratisan dirumah sambil masak bubur buat anak :D

      Delete
  2. Aku nggak ngerti web toon tapi anak2ku mainnya webtoon semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik loh kalau suka baca komik :D
      Tapi kalo anak2 mesti dipantau soalnya ratingnya gak remaja semua mak.

      Delete
  3. Saya suka 3 dari 5 webtoon itu ^_^. My Pre Wedding, Winter Wood dan Untouchable. Jadi kepingin download apps webtoon lagi..! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu mak, hehe.. Download lagi aja, lumayan buat teman diwaktu luang ^^

      Delete
  4. Wah... jadi makin penasaran sama komik2 romace...
    Awalnya cuma ngikutin Conan sama Kaito kid
    Trus baca webtoon, mampirnya ya di thriller sama horror aja
    Tapi setelah baca eggnoid sama alice, jadi ketagihan ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka sama Detective Conan, salah satu manga favorit sepanjang masa. Iya ya Alice kayanya masuk kategori Romance. Makasih udah mampir yaa:D

      Delete
  5. Aku makin kepo sama pre wedding nih soalnya profesinya sama meski di tempat kerjaku aku bebas seragam dan bukan di kelurahan. haha. Keren ih review2nya Mba. aku juga ngikutin untouchable, lagi kepo banget sama kisahnya yang sekarang agak suram. Cheese in the trap nggak gitu ngikutin, tapi pernah baca. Orange marmalade dah tamat ya? Huhu. Lagi nyari serial baru apa ya yang lucuk dan romantis? Mau baca winter wood takut, kirain horor :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha PNS yak berarti? enak ya bisa pakai baju bebas pas kerja, bisa mix n match setiap hari dong :D
      Untouchable sekarang nggak begitu ngikutin lagi, fokus ke Cheese in The Trap aja untuk romance, ngomong-ngomong Pasutri Gaje juga lumayan tuh, hihi. Sekarang lagi suka baca thriller sama horror, padahal saya penakut akut.hahaha
      makasih ya mbak udah mampir :D

      Delete
  6. Hai mba...saya juga penggila komik,dorama,drakor dari kecil tapi belum pernah coba baca via webtoon,masih suka beli komik kalau cuman detective conan atau Hai miiko (cerita anak sd tapi lucu n banyak unsur edukasinya juga ttg persahabatan,keluarga,hubungi ortu-anak,dll) tapi begitu baca blog mba ini jadi kepingin install webtoon niy...
    Oiya untouchable kalau di drakor rada mirip master's sun yaaa tapi cewenya bukan vampire melainkan bisa melihat roh tapi roh itu akan kabur kalau cewenya nyentuh si cowo ^^
    Btw,salam kenal n thnx buat reviewnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nana, makasih ya sudah mampir. Salam kenal :D
      Aku juga dulu DC lovers, sampai koleksi mini figure Conan malahan XD
      Master Sun itu agak ke horror sama psikologi ya kalau gak salah? Untouchable ini gak ada hantu nya, adanya vampire, terus vampire-nya cogan cecan semua. Hehe
      Waaah Jadi kangen Hai Miiko ><

      Delete
  7. Hihi tfs ya Mbak, aku juga suka baca Webtoon tapi sejak hamil jadi malas hehehh

    ReplyDelete
  8. thank's beberapa sesuai ama selera

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^