Selasa, April 19, 2016

5 Rekomendasi Webtoon Romantis



5 Rekomendasi Webtoon Romantis - Aku kadang-kadang suka sebel kalau baca komik di portal khusus manga, soalnya disana menurutku kebanyakan masang iklan.

Apalagi kalau salah-salah tekan malah bisa buka new tab sendiri menuju link page iklan. Dan akibatnya mood baca komik yang menggelora bisa tiba-tiba padam gegara bad mood.

Selain itu (yang paling bikin nyebelin) adalah borosin kuota.


Emak-emak gak mau rugi ini tentu aja gak mau kuota yang buat buka satu page malah jadi 2-3 page. Meskipun ya namanya juga gratis, nggak usah kebanyakan berharap. πŸ˜›


Maklum aja kalau iklan yang nampang banyaknya sampe nutupin layar, yang punya blog juga butuh duit... Lagipula ada kabar baiknya, nggak semua portal komik kaya gitu :D

Belakangan aku mulai beralih ke Webtoon. 
Apa itu Webtoon? Webtoon adalah aplikasi untuk membaca komik dari perusahaan Naver (satu pabrik sama Line). Aplikasi Webtoon ini bisa diunduh gratis di Playstore.

Dengan aplikasi Webtoon ini, kegiatan buat membaca komik semakin lancar! Selain itu nggak cuma komik dari luar tapi juga ada komik yang author nya itu orang Indonesia, dan pssttt... karya mereka nggak kalah sama author dari luar loo ^^
Genre yang biasanya mendominasi Top chart di Webtoon Indonesia adalah Romance. Dan aku punya beberapa judul yang ku rekomendasikan buat dibaca.
1. My Pre Wedding

Ini salah satu Webtoon asli karangan komikus Indonesia asal Samarinda, Annisa Nisfihani (atau dikenal juga dengan nickname Sayuko). 

Komiknya sendiri masih on going sampai sekarang, dan biasanya selalu diperingkat pertama. Cerita yang simpel, ada unsur komedinya juga, bisa kita temui di kehidupan sehari-hari.



Judul : My Pre Wedding

Author : Annisa Nisfihani

Genre : Romance Comedy

Sinopsis : "Nyaris tidak saling kenal, tiba-tiba dilamar?"



Salah satu adegan pembuka di My Pre Wedding

Bisa dibilang ini komik benar benar 'Indonesia' banget.

Setting ceritanya juga kantor kelurahan dengan pakaian ijo-ijo a la seragam PNS. Dan sesuai dengan sinopsisnya, Webtoon ini menceritakan Adimas sang pria idaman wanita yang bekerja di kelurahan yang tiba-tiba aja melamar Adelia, wanita yang nyaris nggak mengenal apapun tentang Adimas.

Kaget dong? Kok bisa sih? Makanya yuk baca ^^


My precious wedding.

Rupa
-rupanya komik My Pre Wedding ini nge-hits banget sampe ada yang nge-translate ke bahasa inggris. Pas nyari chapter baru Lookism di bato, buka-buka judul nggak sengaja nemu sama judul My Pre Wedding, dan abis ku cek ternyata ini komik sudah bahasa inggris aja ^^


Read English version disini.


Dan yang bikin nuansa kearifan budaya lokal dan kocaknya adalah panggilan mereka berdua satu sama lain yaitu "mas" dan "adek", mungkin seperti istilah "chan", "san", "sama" di manga atau "noona", "hyung" di manhwa. di beberapa bagian juga ada diselipkan istilah adat di Kalimantan seperti 'sasarahan'. 

Pokoknya kocaknya dapat, romance-nya juga tetap kerasa.



Authornya udah jadi pasutri loo..

Dan buat yang penasaran sama My Pre Wedding bisa langsung baca webtoon nya di situs Webtoon.com dan select pemilihan bahasa Indonesia, untuk My Pre Wedding biasanya di-update setiap malam minggu.

Rata-rata komentarnya disana pada baper pengen cepat-cepat kawin gegara ini sih, liat aja di top comment, lucu-lucu bacanya :D

Psst... bisa baca cerita Post Wedding-nya (Pasutri Gaje Series) di facebook authornya loh, klik aja disini


Seriously, love her art.

Oh iya, Webtoon ini sudah tamat dengan happy ending. Tapi lanjutan cerita pernikahan mereka yang lucu dan hot  juga punya webtoon sendiri.

Aku menulis ulasannya di [Review Pasutri Gaje]

2. Cheese In The Trap

Bisa dibilang kalau Cheese in the trap Ini adalah manhwa favoritku di Webtoon, masih on going dan udah ada drama-nya juga seperti Orange Marmalade.

Loh kan masih on going? Kok udah nongol dramanya?

Pertanyaan yang sama bikin aku memutuskan untuk mendonlot drama nya, dan ternyata aku suka! Mungkin nanti akan aku tulis lagi rincian alasannya di pos berikutnya ^^

 
Cheese in the trap

Judul : Cheese in The Trap

Author : Soonkki

Jumlah chapter : Season 3 ( and still on going)

Sinopsis :
"Kenapa senior ganteng itu begitu suka aku? Seol Hong adalah mahasiswa pekerja keras yang baru kembali kuliah setelah cuti. Namun, Seol merasa hidupnya menjadi lebih sial sejak dekat dengan Jung Yu, seniornya yang terkenal sebagai cowok sempurna. Apakah Jung sengaja? Ataukah Seol hanya berprasangka?"


Strange yet sweet

Sebenarnya basic ceritanya sederhana, cerita cinta di kampus. Tapi banyak bumbu-bumbu yang bikin seru jalan ceritanya seperti kecemburuan Yoo Jung pada Baek bersaudara yang berujung panjang, permasalahan Seol dengan teman-temannya dikampus, sampai masalah keluarganya juga.

Tapi tenang aja, nggak lebay lah masalahnya, palingan yang lebay disini cuma Baek In Ha yang bawaannya pengen minta tabok mulu tiap kali ngeliat tabiatnya yang ajaib dan over dramatic. 😨

Saat membaca manhwa-nya, menurutku untuk chapter awal mungkin agak sedikit membingungkan karena banyak flashback dari Hong seol tentang Yoo Jung selama beberapa semester dan awal mula perkenalan mereka.

Tapi setelah diatas chapter 10 sudah mulai bisa dipahami jalan ceritanya, dan mungkin bakalan perlu untuk mengulang membaca karena lupa cerita sebelumnya. Itu semua wajar... Jadi kalau bingung jangan stop dijalan ya, tetep lanjutin aja bacanya. πŸ˜†

Btw, banyak komentar yang bilang kalau gambarnya kurang baik.

Hmm.... Sesuai selera sih ya. Aku sih suka. Menurutku art Soonkki ini sederhana dan lucu ^^ karena ada Yoo jung-nya juga sih. Kekekeke...

Oh iya di dramanya, Park Hae Jin beneran menghidupkan imajinasi Yoo Jung dalam pikiranku buangeeed lah. 😍😍😍

Produksi dari TvN. mayan...

Yang aku suka dari manhwa Cheese in The Trap cukup banyak.

Misalnya saja chemistry antara male lead dan female lead ataupun second male lead tidak terlalu banyak kontak fisik seperti drama dengan konsep romance yang lainnya, tapi meskipun begitu tetap berkesan dan tetap 'menggigit' pembaca untuk gemes dan geregatan. (sfx: Kyaaaa~ lol) πŸ˜‚

Manisnya.. kebangetan

Untuk yang sabar (karena kalau lewat webtoon indo resmi masih on going lumayan jauh, kalau gak sabar mungkin bisa membaca di Oddsquad.) serta mencari komik yang heart warming, aku merekomendasikan manhwa ini dengan level HIGHLY RECOMMENDED.

3. Orange Marmalade

Yang ini datang dari Korea juga lho, setting-nya sendiri adalah masa-masa SMA dengan tokoh utama seorang vampir cewek yang karena suatu insiden tiba-tiba ditaksir seorang cowok paling ganteng di sekolahnya.

Cliche? 

Nggak juga kok, bukan cuma menceritakan romance, tapi juga ada friendship dan slice of life juga :D

Judul: Orange Marmalade

Author: Seok Woo

Jumlah chapter : 119 chapter.

Sinopsis :
"Apa jadinya jika vampir jatuh cinta dengan murid terpopuler? Orang-orang kini tidak lagi takut pada vampir, tapi kini vampir dikucilkan dari hidup mereka. Mari Baek adalah vampir yang berusaha menyembunyikan identitasnya, namun apa jadinya bila dia jatuh cinta dengan murid terpopuler di sekolah, Jaemin, yang membenci vampir?"

πŸ’πŸ’πŸ’

Di Korea Selatan sendiri manhwa ini juga populer, bahkan sudah diangkat menjadi drama dengan judul yang sama, kalian bisa di download disini.

Meskipun banyak yang bilang juga katanya kalau cast dan adaptasi dari manhwa ke drama nya agak 'gagal' dapat feel nya. 

Nggak nonton sih jadi gak bisa banyak komentar.😐

Orange Marmalade Live Action 


Kalau soal penokohan aku punya satu tokoh favorit disini. Han Shi Hoo.

Nggak tau juga kenapa jadi suka, padahal dia kan salah satu tokoh antagonis ya? πŸ˜†

Tapi pada dasarnya dia kan sebenarnya baik dan perhatian dengan Mari, ya meskipun agak slengean dan bersikap semaunya dan bisa dibilang anti manusia.

Mas-mas Tipe Tsundere yang ngegemesin

Yang sukanya mengenang masa SMA yang baru tau rasa cinta monyet mungkin membaca manhwa yang satu ini akan mendadak baper. πŸ˜‚

 4. Winter Woods



Apa yang ada dalam pikiranmu tentang manusia buatan?

Frankenstein? kejam? jelek? 

Badan yang penuh jahitan?

Nggak bisa senyum? 

Kalau di film thrill biasanya seperti itu, maka hanya di winter woods kalian akan menemukan manusia buatan yang jadi cogan. bisa senyum, jahitannya sedikit, kulitnya mulus, bisa senyum dan punya hati kayak Nicholas Hoult di Warm Bodies, meskipun awalnya nyeremin juga :D

Judul : Winter Woods 

Author : Cosmos & Van Ji (ini sepertinya bukan duet rice cooker dan super hero abad 20)

Jumlah chapter : 36 chapter (on going)

Sinopsis : "Ribuan tahun telah berlalu sejak Winter diciptakan dan ia masih belajar untuk jadi manusia seutuhnya"


Maafkan aku mak, selamat hari raya.

Alkisah ada seorang ahli kimia yang hidup bahagia sama istrinya. Pada saat istrinya hamil dan mau melahirkan, ternyata istrinya meninggal, begitu pula anaknya.

Sang ahli kimia pun sedih dan akhirnya berusaha membuat keluarga sendiri dengan cara yang gak wajar, dan gagal karena manusia buatannya ternyata gak bisa punya hati (perasaan).

Namun akhirnya di percobaan 1001, dia pun berhasil. Sayangnya sang ahli kimia keburu mati sebelum tau percobaannya itu berhasil.

Nah, beberapa tahun kemudian, si manusia buatan ini tinggal di rumah sakit mana gitu, dan jadi bahan percobaan para dokter, namun akhirnya dia dibebaskan.

Dia disuruh tinggal dengan seorang gadis bernama Jane yang berprofesi sebagai seorang penulis, tujuannya buat mengajarkan percobaan ini sebagai manusia sesungguhnya, Jane ini ditantang oleh Sarah (seorang dokter yg kayaknya si antagonis) buat jadi objek inspirasi tulisannya dan Si Jane setuju dong. πŸ€”

Lupa kenapa dia jadi mau aja mengikuti permintaan (bujukan?) Sarah, mungkin karena si Jane ini sedang mengalami writer block jadi ya mau aja asal dapat bahan buat jadi objek ceritanya. 



Menurutku diawal cerita webtoon ini agar seram, nuansa dark-nya kerasa banget. 

Tapi aku tetap teruskan membaca soalnya penasaran aja karena ratingnya lumayan tinggi. Sebagus apa sih?

Eh, lama-ama makin asik ceritanya. Mulai dari awal perkenalan, tingkah imut polos dan tulus si winter dan segala hal tentang manusia yang belum diketahuinya. Mulai dari pensil alis, biji tanaman, ibu hamil, pensil warna dan segala macamnya, bikin senyum senyum sendiri bacanya. 

Heartwarming banget ini kakak πŸ™‚




Dan dari chapter ke chapter yang paling berubah itu adalah si Winter. Baik fisik dan psikis nya. dari manusia buatan yang suram, berubah menjadi lebih manusiawi dan juga berhati hangat. 

Dan yang lebih bikin reader cewe klepek-klepek adalah dia bertransformasi menjadi cogan yang romantees ✨😍

5. Untouchable




Judul : Untouchable

Author : masstar (mas-mas bintang???)

Jumlah chapter : 93 chapter (on going)

Sinopsis :
"Tidak sabar menyentuhmu! Sia Lee adalah vampir masa kini yang tidak lagi minum darah. Ia menyerap energi manusia dengan cara menyentuh tubuh mereka. Sejak bertemu Jiho, Sia sangat ingin menyentuh tubuh pemuda itu... sayangnya Jiho si pecinta kebersihan tidak mau disentuh oleh Sia. "

πŸ’πŸ’πŸ’

Yang sudah pernah baca pasti tahu bahwa manhwa yang satu ini cukup 'berani' isinya

Meskipun nggak ada peringatan di awal cerita seperti Lookism, konten yang ditampilkan cukup menggoda mata. Yang lucu disini menurutku adalah perubahan dari -untouchable- menjadi -touch-able-able- alias dari phobia disentuh menjadi suka banget di sentuh. Hahahaha..

kalau nggak salah ada juga yang pernah komen di chapter berapa gitu hal yang sama yang pernah ku pikirkan yaa ^^




Halallin aku dulu bang~~

Di awal diceritakan bahwa si manusia freak kebersihan JiHo gak suka sama Sia Lee yang notabene adalah seorang vampire.

Berbeda tapi ada kemiripan dengan Orange Marmalade. Vampire yang satu ini pun adalah seorang cewe cantik yang menyembunyikan identitas vampire nya dan juga nggak minum darah lagi seperti leluhurnya, tapi menyerap energi dari orang yang disentuh untuk dijadikan makanan.

Dan entah kenapa Sia menjadi terobsesi dengan sentuhan si JiHo tadi, menurutnya itu enak (?) dan akhirnya Sia memutuskan untuk memperoleh sentuhan JiHo lebih banyak lagi, dan akhirnya setelah melalui banyak hal keduanya malah saling menyukai.

Selesai? Tentu tidak..

Banyak hal yang masih harus dihadapi dan dipecahkan dalam hubungan mereka.

Nah disini nih, entah kenapa makin chapter si JiHo yang awalnya innocent nampaknya semakin berusaha buat 'nyosor' Sia.

Fan services yang pastinya disambut gegap gempita oleh para fansnya. πŸ™ˆ

Sebenarnya kalau boleh saran, yang terakhir ini nggak begitu direkomendasikan buat anak dibawah umur soalnya konten nya memang agak dewasa karena memuat kontak fisik yang lumayan dan baju yang seksi.

Kebijakan pembaca aja pokoknya mah. 

✨✨✨

Sekian rekomendasi webtoon romantis dariku.
Maafkan seleraku, dan maaf semua cogan disana sudah menjadi milikku.

Nah, Bagaimana denganmu? 
Adakah webtoon genre romance lain yang kamu suka selain yang aku tulis? 

Kalau ada ayo share ya! ^^
23 komentar on "5 Rekomendasi Webtoon Romantis"
  1. wah.. komiknya keren-keren ya mba,, aku suka banget baca komik mba, cuma sejak nikah ga pernah beli lagi, baru tau nih ada webtoon gini, boleh banget ini, tfs ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita senasib mak, habis nikah gak pernah beli lagi.hahaa
      pake ini mayan lah, buat baca komik onlen gratisan dirumah sambil masak bubur buat anak :D

      Hapus
  2. Aku nggak ngerti web toon tapi anak2ku mainnya webtoon semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik loh kalau suka baca komik :D
      Tapi kalo anak2 mesti dipantau soalnya ratingnya gak remaja semua mak.

      Hapus
  3. Hai Syunamom ^^ sherly main balik nih

    dari semua kisahnya, aku cuma tau my pre wedding. itu pun tak baca setelah kisahnya tamat. wkwk, kalo yang lainny mau tak ikutin rasanya malas. udah beratus episode.

    aku lagi suka baca yang kayak Tahi Lalats gitu, kocak dan krik krik jadi satu. Sebelumnya suka baca romance abg macam Alice dan doyan sama Lazy Cooking ^^ tapi akhir2 ini suka yang fantasi macam iblis2 di cerita Aegis Orta (?) atau TM Academy


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii... selamat datang~ ^^

      iya aku juga suka komik strip kayak tahi lalats, ceritanya konyol.. Faktap juga seru loh. Tapi aku belakangan suka genre thriller sama horror. hehe

      Makasih sudah mampir yak~

      Hapus
  4. Saya suka 3 dari 5 webtoon itu ^_^. My Pre Wedding, Winter Wood dan Untouchable. Jadi kepingin download apps webtoon lagi..! ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu mak, hehe.. Download lagi aja, lumayan buat teman diwaktu luang ^^

      Hapus
  5. Wah... jadi makin penasaran sama komik2 romace...
    Awalnya cuma ngikutin Conan sama Kaito kid
    Trus baca webtoon, mampirnya ya di thriller sama horror aja
    Tapi setelah baca eggnoid sama alice, jadi ketagihan ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka sama Detective Conan, salah satu manga favorit sepanjang masa. Iya ya Alice kayanya masuk kategori Romance. Makasih udah mampir yaa:D

      Hapus
  6. Aku makin kepo sama pre wedding nih soalnya profesinya sama meski di tempat kerjaku aku bebas seragam dan bukan di kelurahan. haha. Keren ih review2nya Mba. aku juga ngikutin untouchable, lagi kepo banget sama kisahnya yang sekarang agak suram. Cheese in the trap nggak gitu ngikutin, tapi pernah baca. Orange marmalade dah tamat ya? Huhu. Lagi nyari serial baru apa ya yang lucuk dan romantis? Mau baca winter wood takut, kirain horor :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha PNS yak berarti? enak ya bisa pakai baju bebas pas kerja, bisa mix n match setiap hari dong :D
      Untouchable sekarang nggak begitu ngikutin lagi, fokus ke Cheese in The Trap aja untuk romance, ngomong-ngomong Pasutri Gaje juga lumayan tuh, hihi. Sekarang lagi suka baca thriller sama horror, padahal saya penakut akut.hahaha
      makasih ya mbak udah mampir :D

      Hapus
  7. Hai mba...saya juga penggila komik,dorama,drakor dari kecil tapi belum pernah coba baca via webtoon,masih suka beli komik kalau cuman detective conan atau Hai miiko (cerita anak sd tapi lucu n banyak unsur edukasinya juga ttg persahabatan,keluarga,hubungi ortu-anak,dll) tapi begitu baca blog mba ini jadi kepingin install webtoon niy...
    Oiya untouchable kalau di drakor rada mirip master's sun yaaa tapi cewenya bukan vampire melainkan bisa melihat roh tapi roh itu akan kabur kalau cewenya nyentuh si cowo ^^
    Btw,salam kenal n thnx buat reviewnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nana, makasih ya sudah mampir. Salam kenal :D
      Aku juga dulu DC lovers, sampai koleksi mini figure Conan malahan XD
      Master Sun itu agak ke horror sama psikologi ya kalau gak salah? Untouchable ini gak ada hantu nya, adanya vampire, terus vampire-nya cogan cecan semua. Hehe
      Waaah Jadi kangen Hai Miiko ><

      Hapus
  8. haish mbk, bnyk emak emak yg doyan baca webtoon... kirain q doang yg suka baca ini....^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu gak sendirian~~
      Range komik emang masuk segala usia ^_^

      Hapus
  9. Hihi tfs ya Mbak, aku juga suka baca Webtoon tapi sejak hamil jadi malas hehehh

    BalasHapus
  10. Menurut nara yang super romantis ada 3, yaitu : my prewedding, pasutri gaje dan untouchable.
    tapi first option ku cuma untouchable yang bener2 dapet galau nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku first option sudah jelas My Precious Wedding mbak. Benar-benar lucu sih hihihi

      Hapus
  11. Oiya kak aku kasih satu rekomendasi webtoon romance favorit aku nih,yumi's cells. Serius kak recommended banget lucu ringan manis heartwarming gimana gitu

    BalasHapus

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature