Friday, May 10, 2019

Cara Membuat Cilok, Makanan Enak yang Super Praktis

cilok kenyal, cilok tanpa daging

Salah satu jajanan favorit saya selama tinggal di Malang adalah cilok! Paduan rasa yang gurih dan testur yang kenyal menurut saya benar-benar merupakan perpaduan yang mamamia lezatos. Tapi pas saya balik ke Kalimantan Selatan, atau tepatnya di kota Rantau tempat saya tinggal, pedagang cilok ini hampir nggak ada. Hampir semuanya pentol atau bakso daging. Nggak kenyal pastinya ya, kecuali yang kanjinya >60% hehehe

Makanya nih, karena jajanan khas Bandung ini suka bikin kangen, saya pun jadi penasaran dengan bagaimana cara si akang membuat cilok. Cilok yang sederhana, macem cilok kuah atau goreng. Bukan cilok isi keju atau lainnya, itu mah yang expert ya.

Percobaan pertama saya pas dulu tinggal di Malang sih gagal maning... kenyal sih kenyal, tapi meleleh gitu, untung pas harinya hujan dan Abah tipe orang yang pasrahan nggak banyak protes sama masakan istrinya, saya cerita soal itu disini.

Belajar dari kegagalan akibat sotoy, akhirnya saya pun mencari resep cilok anti gagal di situs memasak seperti cookpad atau tutorial memasak di youtube. Hasilnya? Lumayan lah... Mulai bisa bulat-bulat. Nggak semi padat seperti yang sudah-sudah. Rasanya pun maknyuzz berkat ekstra bawang putih yang saya tambahkan.

Oh iya, resep ini saya sadur dari resep Cookpad by Elischa yang saya modifikasi sedikit.

RESEP CILOK SEDERHANA ANTI GAGAL.


Bahan-bahan

Bahan A:
350 ml air
200 gr tepung terigu

Bahan B:
120 gr Tepung Sagu

Bahan C:
3 sendok udang rebon
1 siung Bawang putih
6 siung Bawang putih 
1/2 sdt Merica
1 sdm Garam
1 sdt Kaldu bubuk

Bahan kuah:
3 gelas belimbing air
3 siung bawang putih cincang halus
Daun bawang
Daun seledri
Bawang merah goreng

Cara Membuat:

  1. Haluskan bumbu C, sisihkan.
  2. Rebus air sampai mendidih, lalu matikan api dan tuangkan tepung terigu kedalam air, aduk cepat hingga menjadi pasta.
  3. Pindahkan adonan ke dalam baskom, masukkan bahan B dan bahan C lalu aduk dengan sendok kayu hingga rata dan adonan siap dibentuk.
  4. Bentuk menjadi bulat dengan menggunakan tangan yang sudah dilumuri dengan tepung terigu agar tidak lengket.
  5. Masukkan cilok dalam air mendidih yang sudah diberi 2 sendok minyak goreng, rebus hingga bola-bola cilok terapung.
  6. Angkat! siap dimamam.
  7. Buat kuah untuk ciloknya: rebus 3 gelas belimbing air, masukkan rajangan 3 siung bawang putih, lalu masukkan potongan daun bawang dan daun sup sebelum api dimatikan. 
  8. Selesai! sajikan dengan kuah dan taburan bawang merah dan potongan cabe rawit (optional), disantap saat cuaca dingin tambah maknyuss!
Nah, itu dia resep cilok sederhana yang kenyal dan anti gagal, kalau pengen ditambahkan daging juga bisa, pakai saus kacang pun juga boleh. Saya bikinnya yang ekonomis dan nggak mau ribet, makanya skip dua hal itu. 

Ngomong-ngomong, resep ini bisa selesai dimasak dalam satu jam, dan dimakan dalam 15 menit. lol. Karena enak jadi makannya cepet ya? :D

Oke, selamat memasak!


Let's be friends on:

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature