Monday, May 06, 2019

5 Ide Ngabuburit Berfaedah yang Bisa Kamu Coba!



5 Ide Ngabuburit yang Berfaedah - Ramadan telah tiba! Alhamdulillah kita semua beruntung bisa bertemu lagi dengan bulan suci di tahun 2019 ini. 😆

Bulan puasa terkadang bikin heran, iya nggak sih? Soalnya kita cuma makan besar dua kali sehari, tapi seringkali pengeluaran bisa membengkak.

Penyebabnya apa ya kira-kira?

Nah, selain harga sembako dan bahan makanan di bulan Ramadhan yang alamakjang-naiknya-afgan-sekali itu, maka salah satu lainnya kita semua pasti sepakat, yakni, buka puasa bersama! 😂 ✌️

Buka puasa ini pun juga bukan sembarang buka puasa, maksudnya, bukan cuma satu macam jenisnya.

Ada buka puasa bareng teman kerja, buka puasa reuni co worker tempat kerja dulu, buka puasa bareng teman kuliah, buka puasa bareng teman SMA, buka puasa bareng teman SMP, buka puasa bareng teman SD, dan seterusnya...

(jangan bilang ada bukber TK dan bukber PAUD? 😗)

Intinya, semakin banyak relasi, maka bisa dipastikan semakin banyak pula undangan buka puasa bersama yang diterima.

Apakah bukber itu salah?

Menurut saya sih, nggak. Hal ini tentunya kalau kamu bisa mengontrol diri dan mengambil makna positif dari bukber, maka outputnya ke diri kita juga oke.

Contoh nih, kamu datang ke tempat bukber diniatkan untuk silaturahmi, supaya bisa ketemu sahabat lama yang udah lama lost contact misalnya. Itu kan bagus toh? Kita bisa menjaga silaturahmi dengan teman-teman.

Beda dong kalau misalnya datang ke bukber cuma mau ngeliat mantan doang, dandan maksimal supaya si doi menyesal sudah mutusin dikau. Hmmm.. Sepertinya niat ini harus diluruskan kembali, karena tidak sesuai dengan niat puasa yang kita ikrarkan. Kan lillahi ta'ala. 😝

Kecuali kamu pengen dandan ya supaya hatimu tampil keren katanya memang hak segala bangsa sih, if you wanna look good for yourself, ya it's okay.

Nah, menunggu waktu berbuka tiba, daripada cuma bengong atau menghabiskan waktu dengan bergosip ria (yang mana ujungnya ngurangi pahala), disini saya punya beberapa rekomendasi kegiatan Ngabuburit berfaedah yang mungkin kamu mau coba. Berikut daftarnya;

✔️ Tadarusan.


Kegiatan satu ini cocok banget buat mengisi waktu sebelum berbuka dan enaknya, bisa ditargetkan untuk mengkhatamkan satu juz bareng-bareng.😉

Gimana caranya? Pengalaman saya begini:

Misalnya satu juz terdiri dari 9-10 lembar, kalau yang ikut bukber ada 10 orang bisa bagi-bagi 1 lembar satu orang, kalau yang ikut ada 20 orang bisa dibagi lagi satu orang membaca setengah lembar. Jadinya bisa ringan deh.

Makin banyak orang yang ikut buka bersama maka makin asyique tadarusannya.

✔️ Mendengarkan kajian bersama


Kajian ini bisa ditonton di youtube, biasanya ada beberapa kanal yang spesial isinya kajian dengan durasi tertentu.

Topik kajian yang ditonton bareng teman-teman buka bersama pun bisa dipilih yang sekiranya bakalan bermanfaat buat sehari-hari, misalnya tatacara berzakat.

✔️ Membagikan Sedekah makanan di Jalanan khusus untuk orang kurang mampu.


Kegiatan satu ini super positif dan pastinya berfaedah banget, selain menambah pahala di bulan suci, kegiatan sodaqoh ini juga mengasah sisi kepedulian kita terhadap orang lain.

✔️ Belajar Hal Baru


Di bulan Ramadhan ini ada banyak hal yang bisa dipelajari. Misalnya belajar bahasa baru seperti bahasa Arab.

Cara belajarnya pilih yang fun saja, misalnya sambil tadarusan sambil melihat terjemahan lalu dicoba cocokkan antara kata dan terjemahannya.

✔️ Memasak Bersama.


Nah, terutama buat yang memutuskan buat buka puasa bersama di rumah nih, ide masak bersama tentu sebuah ide yang menarik untuk dieksekusi.

Memang terkadang ada sih teman yang bersedia menanggung 100% keperluan bukber, tapi memasak bersama atau urunan makanan untuk berbuka kedengarannya juga oke supaya biaya tidak tertumpuk di satu orang aja. ;)

Nah, itu dia sederet ide ngabuburit berfaedah yang bisa kamu coba.

Selamat berpuasa!

🌷🌷🌷

Tulisan ini diikut sertakan dalam hari pertama BPN30 Day Ramadhan Blog Challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^