Tuesday, May 07, 2019

Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Rantau dan Kandangan


Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Rantau dan Kandangan - Sebenarnya, saya termasuk orang yang jarang makan di luar. Meskipun skill memasak saya boleh dibilang pas-pasan, tapi saya lebih sering memasak sendiri di rumah. Jika membeli makanan jadi di rumah makan pun, biasanya hanya lauk atau gangan (sayur) untuk dibawa pulang ke rumah karena nasinya pasti bikin sendiri.

Otomatis, makan langsung di luar itu super jarang, yah, pokoknya saking jarangnya saya sampe sayang kalau nggak di dokumentasikan di blog. haha (dokumentasi saya berlabel wisata kuliner, ceka-ceki ya).

Tapi pengecualian untuk di bulan Ramadan, saya beberapa kali ikut kegiatan buka bersama di beberapa tempat makan kondang di kota Rantau dan Kandangan. Dua kota kelahiran saya dan suami ini punya beberapa tempat makan yang menunya oke punya.

Kalau kebetulan kamu lewat di dua kota ini dan kebetulan pengen makan sepertinya nggak rugi deh njajal makan di tempat-tempat berikut:

Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Rantau dan Kandangan

1. | Abuza Steak Rantau


Lokasi: Jl. Pembangunan no.36 Rantau

Definitely the best steak in my town!

Saya suka banget menu-menu disini karena rasanya yang enak dan sesuai dengan selera saya dan suami.

Meskipun namanya kedainya berembel-embel 'steak' , tapi di Abuza juga menyediakan menu lainnya yang tak kalah yahud. Favorit saya sapi lada hitam dan juga iga Bakar lada hitam. Bumbu yang meresap dan lada hitam yang nendang abis itu bener-bener endeus!

2. | Rumah Makan Hj. Sanah


Nah, kalau nggak salah warung ini masih buka di bulan Ramadan. Udah lamaaa banget nggak mampir kesini, tapi bayang-bayang rasanya masih ingat. Hehe

Di rumah makan Hj.Sanah ini tersedia menu masakan khas Banjar dan berbagai olahan ikan yang siap untuk menemani nasi hangat panas-panas. Dengan pemandangan alam yang hijau dan pilihan sambal khas Banua yang lezatos, nggak heran kalau pengunjungnya sering ramai.

Nah, kangen euy makan disini lagi.

3. | Warung Kalijo Kandangan.


Menurut saya, sambel ijo di menu-menu yang ada di warung Kalijo ini enak sekaleeee... Terbaik!

Pedasnya beda dengan warung-warung yang lain karena menggunakan resep yang unik.

Menu andalan yang sering saya pesan kesini adalah iga bakarnya, yep iya sepertinya memang favorit saya. Selain itu, Menu olahan bebeknya pun tak kalah nikmat meskipun ukurannya seringkali lebih kecil daripada ayam dengan selisih harga yang lumayan.

Kalijo ini konon adalah singkatan dari Kalimantan-Jowo, jadi rempah dan cara masaknya mengabungkan antara dua pulau ini. Coba deh sekali-sekali cobain! 

Oh iya, kalau mau rasanya yang paling mantep, pastikan nyicipin di Kalijo Kandangan ya, bukan di kota lain.😁

4. | Ayam Bakar Wong Solo Rantau.


Wah, bisa dibilang ini salah satu warung makan paling ramai di kota Rantau. Kalau sudah jam berbuka biasanya rumah makan ini akan penuh, kalau mau berbuka puasa disini bahkan harus reservasi beberapa hari sebelumnya, padahal saat memasuki bulan Ramadan, seat duduk sudah ditambah ekstra dengan beberapa tenda tambahan untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung. 

Kebayang kan gimana larisnya?

Menu andalannya kurang lebih sama seperti di Wong Solo cabang lainnya. Dengan ragam makanan dan minuman lezat, berbuka pasti akan lebih segar ya, temans!

***

Nah, itu dia Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Rantau dan Kandangan yang bisa kamu coba, share juga dong gimana tempat berbuka puasa favorit di kotamu!

Tulisan ini diikut sertakan dalam hari kedua BPN30 Day Ramadhan Blog Challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan.
19 comments on "Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Rantau dan Kandangan"
  1. apalah aku yang baru sekali ke kandangan >.<
    pengen kesana lagi tapi belum ada temen jalan.
    btw, katanya kalijo disana lebih greget dari yang di Banjarmasin ya mba???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bahkan Kalijo Rantau pun masih kalah enak bumbunya menurutku. Apalagi cabang di kota lain. Original di Kalijo Kandangan yg paling enak

      Delete
  2. Kalijo dan wongsolo favorite..tapi karena daerah sana hanya ada beberapa jadi nya bulan puasa pasti selalu ramai, ah Banjarmasin aja yg punya wongsolo banyak selalu penuh. hihi enak-enak sih dan termasuk terjangkau juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mottonya Halalan Thayyiban ya Mba, makanya aku pun suka banget mampir kesana hehe

      Delete
  3. Wah, Mbak Leha jauhnya makan ke Kandangan. Hehe. Noted semua nih tempat2nya. Kalau2 nanti di Rantau pas waktu buka puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya keluarga besar suami Kandangan Mba Rindang. Selamat mencoba yaaa hehe

      Delete
  4. btw, ayam bakar wong solo ini terkenal banget ya di kalimantan khususnya kalsel?
    sampai aku terheran-heran, soalnya di Jawa gak seberapa haha


    kalo aku di banjar suka ayam ayaman ya si AGP, tapi sayang banget kecil ayamnya huhu


    salam,
    rizkyashya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba bener bgt. Dulu pas tinggal di Malang ngeliat McD atau Richeese factory disana kayanya biasa ajaa. Giliran udah buka di Bjm, pembelinya langsung membludak dong. Sepertinya jiwa kulinernya org Banjar ini kuat ya Mba hehe

      Delete
  5. Aku Kalo pulkam ke kandangan atau barabai pasti mampir ke kalijo kandangan mba ay, rasa nya lebih enak hihi

    ReplyDelete
  6. Yang aku bingung kok kalijo yg di banjarmasin sepi ya mba, ga tau deh kalo bulan puasa gini, seringnya lewat kmrin pas kbetulan sepi, pdahal dlu prnh mampir kyanya enak aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau lewat juga kulihat2 sepi, apa mungkin karena di Banjarmasin banyak saingannya?

      Delete
  7. Dimana aja selalu ada wong solo karena menurut Eny sendiri buat sejuta umat dan pasti cocok dilidah kita kan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasuk sama selera org Banjar si Wong Solo ini

      Delete
  8. Apalah daya belom pernah ke rantau sampai sekarang, bisa dicoba kalo suatu saat ke rantau nih hehe. Penasaran sama wm abuza steak itu mbak, gimana rasa nya sapi lada hitam yang menggugah selera hihi

    ReplyDelete
  9. Hadohhhh mampir kesini pagi2 aku jd membayangkan sapi lada hitam.. Dan bikin aku sukses ngiler di awal puasa. Hahahaha.. Kzl.. Leha ayo kita bukber

    ReplyDelete
  10. kalau dari pengalaman dulu sih aku suka buka puasa di hotel gitu soalnya menunya all you can eat dan biasanya musalanya besar. cuma masalahnya harganya lumayan juga. hehe

    ReplyDelete
  11. Tidaaaaq pernah ke tempat makan diatas satu kalipuuun.. Heu. Karena gak pernah kesana. Wkwk. Semoga kapan2 bs kesana. Jalan2 ketempat leha jg.. :D

    ReplyDelete
  12. Uyeah, senangnya daku eh ada rekomendasi ini. Siapa tau aku Ramadan ini mau ke kandangan datangin kaka, jadi udah tau tempat buka puasa disana.

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature