EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi
EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Bagian dari Komunitas:

Bookmark

[REVIEW] Pengalaman Mencoba Jamu Bersalin Mustika Ayu Air Mancur



Pengalaman Mencoba Jamu Bersalin Mustika Ayu Air Mancur - Trowback ke momen 3 tahun yang lalu, saat aku melahirkan Syuna. Aku langsung teringat dengan rutinitas minum jamu sehabis bersalin. Yep, meskipun aku masih dominan darah Kalimantannya daripada darah Jawanya (FYI, silsilah dari garis mama, kakek buyutku itu katanya orang Jawa tulen). Tapi aku tetap minum jamu karena tradisi keluarga yang mewajibkan untuk minum jamu bersalin, minimal buat 40 hari sesudah melahirkan. 

MINUM JAMU TUH WAJIB JIB JIB.

Fardhu 'ain mungkin, karena mama sayange sudah bersabda, bahkan beliau yang membelikan perintilannya ke pasar. 😜

Niatnya minum jamu bersalin waktu itu bukan buat kesehatan ataupun kecantikan, tapi ya sekedar buat menuruti arahan bunda tersayang aja. Karena jujur aja sih, nggak kepikiran bakalan ngefek gimana-gimana awalnya. 😁 Bahkan awalnya sempet bertanya-tanya:


Wajib Nggak Sih Minum Jamu Setelah Melahirkan gini?


Secara, ribet gitu looo... 

Apalagi bukan cuma konsumsi Jamu doang yang dipikirkan, tapi juga makanan yang sehat buat kita, gimana posisi menyusui bayi yang bener, gimana melilit-lilit bekung supaya tetep nemplok diperut nggak geser-geser. Ah, banyak lah pokoknya!


Tapi ternyata, sesudah baca-baca tentang apa saja khasiat minum jamu bersalin, diriku pun tergoda~~~

Ya iyalah, bikin ngiler. Hahaha

Klaimnya itu, salah satunya bisa bikin badan kita yang dowernya melambai-lambai seperti pohon kelapa ini jadi kembali langsing dan kenceng. Perut jadi singset kayak  zaman masih gadis. Body dan wajah jadi lebih bercahaya dan yang bagian ono rapat (WAUW!), stamina lebih oke dan bikin nggak cepet capek, bonusnya ada ASI lancar pula. 

Oh, bohong sekali kalau aku tidak tertarik. 😂


Baca juga: Pertama Kali Menyusui, Masalah yang Kuhadapi (+Cara Mengatasinya)

Memilih Jamu Sehabis Bersalin yang Bagus.


Nah, karena kita orang hidup di Indonesia Raya yang katanya negaranya itu gemak ripah loh jinawi ini, so perkara jamu-jamuan ini gampil lah pokoknya. Karena ada banyak produk jamu bersalin dari berbagai industri jamu terpercaya yang beredar di pasaran. Tinggal pilih-pilih sesuai selera. 


Daftar Jamu Bersalin Beserta Harganya


Dari hasil browsing, berikut beberapa contoh merk jamu bersalin:

🍷 Jamu Selapan Mustika Ratu (Harga Rp.260.000,00 @Bukalapak)
🍷 Jamu Bersalin Mustika Ayu Air Mancur (Harga Rp. 145.000,00 @Bukalapak)
🍷 Paket Jamu Habis Bersalin Sariayu (Harga Rp.366.000,00 @Bukalapak) 
🍷 Pil Jamu Habis Bersalin Nyonya Meneer (Harga Rp.185.000,00 @Bukalapak) 
*Harga tergantung pasar


Nah, yang dari Nyonya Meneer ini banyak variannya, mulai dari Jamu Habis Bersalin Super, Jamu Habis Bersalin Istimewa, Jamu Habis Bersalin Lengkap dan lain-lain. Googling aja ya buat perbedaannya. 

Baca Juga: Hamil Tambah Kucel, Ciri-ciri Anak Lelaki?

Awalnya aku naksir yang dari brand Sariayu, karena dia itu bentuk sediannya pil dan juga untuk cairannya tinggal tuang-tuang syantik, nggak usah dilarutkan segala lagi. *anaknya suka malas lol* 

Tapi berhubung aku tinggal di Kalimantan yang mana susah mencari merk itu (dan juga sudah diberikan mama sayange Jamu Bersalin Mustika Ayu Air Mancur juga), jadi aku memutuskan memakai yang ada saja.

Oh iya, gambar produknya ada di pic no.1. Gambar dibawah ini dari Jamu Bersalin Lengkap Selapan. Seingatku isi keduanya sama saja, hanya kemasannya yang berbeda. Kalau Jamu Bersalin Mustika Ayu itu dikemas dalam kotak berbahan karton, sedangkan Jamu Bersalin Lengkap Selapan ini kemasannya dalam box aluminium. 

Lebih kokoh. Lebih mahalan dikit. 




Harga Jamu Bersalin Mustika Ayu-nya kalau nggak salah waktu itu sekitar 100rb (tahun 2015), sementara yang Sariayu harganya 200 ribu keatas, lebih terjangkau yang Air Mancur yes pastinya. Padahal dia lebih lengkap lho! Meski nilai praktis Sari Ayu memang pastinya jadi poin plus yang besar sampai harganya naik. Hehe

Oke, langsung aja aku cerita soal Jamunya ya! 

Aku memulai minum Jamu bersalin ini di hari ke-8 (kalo nggak salah). Pas ASI sudah mengalir dengan lancar. 


Di dalam paket Jamu Habis Bersalin ini sudah tersedia lengkap untuk perawatan Ibu dan Bayi sampai dengan hari ke-40. Jadi Insha Allah sesuai dengan durasi masa nifas para Ibu yang biasanya berlangsung sekitar 6 mingguan. Pas banget buat perawatan habis lahiran. 😁

Khasiat Jamu Bersalin Mustika Ayu Air Mancur :


- Memulihkan rahim agar bersih, sehat dan kencang.
- Menambah darah dan nafsu makan.
- Menghentikan darah yang terlalu banyak.
- Melancarkan peredaran darah, serta. 
- Menguatkan dan urat-urat pada kaki dan tangan.
- Melancarkan ASI supaya tetap sehat dan segar.

Baca juga: Bumil dan Busui, Bayar Puasa atau Fidyah Saja? 

REVIEW


Jamu No.1 (Hari ke-4 hingga hari ke-8):


-🌷Membantu membersihkan rahim dari darah yang kotor, mengobati rasa mulas, menyehatkan rahim dan menjaga agar tidak masuk angin.

Jamu No.2 (Hari ke-9 hingga hari ke-28):


- 🌷Membantu memelihara kesehatan rahim, mengobati rasa mulas dan mengobati luka-luka sehabis 

Jamu No.3 (Hari ke-29 hingga hari ke-38) :


- 🌷Membantu melancarkan dan memperbanyak air susu ibu (ASI) .

Nah, ketiga macam jamu tadi dibungkus terpisah dalam box kertas. Nanti di dalam box itu terbagi lagi per sachet, jadi pas pengen menyeduh tinggal disobek satu sachet. Minumnya cukup satu kali sehari. Aku biasanya minum pagi hari kira-kira 15 menit sebelum sarapan. Rasanya agak sepet khas jamu pada umumnya. Kalau beli jamu-jamu di bibi keliling, biasanya bisa dibarengi sama air gula merah + jahe sesudahnya. Tapi kalau aku pribadi entah kenapa setelah minum jamu ini diteruskan sama makan buah pisang sebiji. Hehe... Preferensi masing-masing aja ya kayaknya. ^^


Tapal:


Tapal ini olesan yang buat perut ya. Jadi, sebelum bunda-bunda pakai stagen/babat/bengkung/korset,  perutnya dioles dulu dengan larutan tapal ini. Well, ini tuh seingatku adalah item pertama yang habis diantara satu box karena aku paling sering pakai ini.

Gunanya tapal apa? 
🌷Membantu menyehatkan dan mengencangkan rahim. 
🌷Mengurangi kelebihan lemak supaya perut tetap ramping dan badan menjadi singset. 

Biasanya aku pakai dua kali sehari, sesudah mandi pagi dan juga mandi sore hari. Dan so far, aku bisa bilang ini tuh membantu banget menghilangkan noda hitam di perut pasca lahiran. Aku nggak tahu apakah pengaruh ini atau nggak, tapi biasanya aku juga memberi perahan air jeruk nipis saat melarutkan Tapal ini.


Pilis:


🌷 Sakit kepala itu wajar buat ibu-ibu yang baru punya bayi, soalnya masih menyesuaikan diri dengan jam malam dan kewajiban menyusui. Mata nanar tuh udah bukan hal aneh lagi, makanya ibu  harus terus menerus suplai vitamin dan makanan bergizi supaya energi tetap prima. Selain minum tablet darah sampai 40 hari sesudah melahirkan, pilis ini juga membantu banget lho buat meredakan sakit kepala tadi.

Cukup hancurkan kepingannya dengan air hangat, bentuk jadi adonan dan tempelkan ke pelipis. Aromanya enak sih menurutku. Bau jamu banget~ Kalau kamu memiliki penciuman yang sensitif mungkin agak mengganggu. 

Param Beras Kencur 


-🌷Best! Hahaha. 

Pokoknya pake ini tuh berasa dipijit. Rasanya anget. Bisa dioles area badan yang merasa pegel, misalnya tengkuk, kaki, lengan. Baunya lebih mild di hidungku jadi dipakai setiap hari ya ayo aja. Menurutku pribadi pakai ini tuh enaknya pas baby sudah bobo, ada sepotong cake dan secangkir teh di samping, sambil nonton baca novel yang heartwarming. 




Param Mustajab


-🌷Sama seperti param beras kencur. Bedanya, param yang satu ini lebih panas! Jadi hati-hati ya pas ngadonnya.  Param ini paling enak dioles di tengkuk karena bagian yang paling pegel selama masa-masa menyusui itu menurutku ya disana, aku pribadi pun cuma pakai param ini khusus di tengkuk, jadi dibanding yang lain param ini lebih lambat habis.

Oh iya, jangan sampe ketuker antara param mustajab ini dengan Tapal... Seriusan deh, nanti bisa ke panasan. Hehe

Baca juga: List Lengkap Isi P3K untuk Keluarga yang memiliki Anak kecil  


Bedak Intisari


- 🌷Ini tuh bedak dingin, bentuknya juga bulat-bulat seperti bedak dingin pada umumnya. Kandungannya cakep banget, lumayan, sehabis pakai ini tuh wajah jadi enak.  Lumayan cracky sih, gak bisa senyam-senyum pas makenya. Tapi habis pake ini, cuci muka pakai air dingin, terus pakai pelembab rasanya tuh wajah jadi kencang dan lebih mulus. Sayang sih, kalau bisa beli bedak ini terpisah aku mau banget tapi entah ada atau nggak ya? Kalau ada pun pasti nyarinya susah deh.

Oh iya, melarutkannya pakai air mawar ya. Aku dulu pakai air mawar asli, kebetulan mama punya beberapa tanaman mawar di depan rumah yang sering berbunga. Kalau kamu bisa bikin sendiri juga atau beli yang sudah jadi. Pakai air biasa pun sebenarnya nggak masalah :D

JAMU BERSALIN MUSTIKA AYU AIR MANCUR : PERAWATAN BAYI



Oh iya, dalam paket juga ada satu produk untuk perawatan bayi, yaitu:


Minyak Telon Air Mancur  30 ml


- 🌷Yups, dikasih minyak telon juga! Hehee. Minyak ini fungsinya sama ya seperti minyak telon pada umumnya, buat menghangatkan badan, mencegah masuk angin dan perut bayi kembung. Baunya wuenak, lebih dominan minyak kelapa ya kayaknya, soalnya maunya lembut banget. 👌 


Amankah Minum Jamu Setelah Melahirkan? 


Dari beberapa situs resmi kedokteran yang kutelusuri, dikatakan mengonsumsi jejamuan boleh-boleh saja. Hanya manfaat dan efek sampingnya belum diketahui secara pasti. (karena status Jamu masih pengobatan empiris, belum melalui uji laboratorium dkk)Namun bagi ibu yang melahirkan secara sesar, dikatakan bahwa minum jamu sebaiknya dilakukan setelah hari ke-10 persalinan. Hal ini karena biasanya ibu akan mendapatkan obat antibiotik yang dikhawatirkan dapat berinteraksi dengan jamu-jamuan tersebut.

Tapi, tergantung kita juga sih (plus dokter yang menangani deh) gimana enaknya, mau minum atau nggak. Pilihan ada ditangan para ibu. 😊

🍵🍵🍵

Nah, semoga review Jamu Bersalin Mustika Ayu Air Mancur ini bisa bermanfaat buat kalian yang lagi membutuhkan ya ^^

Berikutnya, bila diberkahi dengan rezeki anak lagi (aamiin-kan yaa hehehe) Insha Allah aku akan mencoba icip-icip Jamu Bersalin dari merk yang lainnya juga. Jadi bisa nulis reviewnya lagi disini 😉 kayak review jamu bersalin mustika ratu, atau review Jamu Bersalin Nyonya Meneer misalnya. *tiba-tiba maruk pengen review semua*

Oke, terima kasih sudah membaca, sampai jumpa ditulisan selanjutnya! ❤️
47 comments

47 comments

Halo, terimakasih banyak sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^
  • Yesi
    Yesi
    Tuesday, 23 August, 2022
    Kak, aku kan di beliin mama itu.. terus aku ngiranya itu si minum pas udah selesai 40hari, jadi baru aku buka di hari k’29.. itu yg pil 1 sama pil 2 masih bisa di minum enggak
    Reply
  • Anonymous
    Anonymous
    Tuesday, 23 August, 2022
    Kak, aku kan ngiranya minumnya sesudah 40 hari.. jadi baru aku buka pas 29hari, nah itu bisa gak pil 1 sama yg 2 di minum mulai di hari k’29
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Monday, 06 December, 2021
    Bedak dingin banyak dijual di mirota batik/hamzah batik jogja. Waktu sma sering bgt beli buat muka. 11 12 masker gitu, buat ngurangin jerawat
    Reply
  • Anonymous
    Anonymous
    Saturday, 14 November, 2020
    Wah ternyata bagus yaa,, tapi saya kurang telaten minumnya, baru minum yg 1 terus skrg udh 2 bulan kira" aman gak yaa minum LG..
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Monday, 02 November, 2020
    Alhamdulillah, ada juga akhirnya yang review lengkap tentang jamu melahirkan ini, hehe..saya juga dibeliin kakak ipar cantik, jamu bersalin selapan air mancur, untuk parem, tapel, Alhamdulillah kepake dan kerasa banget khasiatnya, cuma hari pertama aja yang ketuker, pake parem mustajab didahi, alhasil puanasnya sampe kepedesan juga matanya, hahahah, langsung dibilas pake air, baca lagi petunjuk dengan benar, rupanya ketuker, wkwkwkkwk..tahap minum pil nya sekarang pil 2, minyak telonnya juga harum banget, seger baunya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Wednesday, 01 July, 2020
    Minum nya pake air dingin atau hangat ya Bun ??
    • Unknown
      Zulaeha Achmad
      Thursday, 30 July, 2020
      Lebih enak air hangat bun, supaya serbuknya larut sempurna
    • Unknown
      Unknown
      Monday, 07 December, 2020
      Mbak. Jamu no 1 msh boleh diminum walau sdh lewat hr ke 8? Mubazir jg klo g diminum Mbak. 😃
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Monday, 14 October, 2019
    Anak ke1 dn ke2 saya normal dn sllu mnum jamu paket bersalin gini..dn ini lahiran ke3 cecar..kira2 boleh konsumsi ga ga? Soalnya habis lahiran tuh kayanya kudu wajib bgt konsumsi ini..tp aq khawatir krn lahiran cecar tkt ngaruh ke luka cecar yg di dlm nya..gmn ya? Ada yg prnh konsumsi kah utk yg cecar?
    • Unknown
      Zulaeha Achmad
      Monday, 21 October, 2019
      Katanya menyelesaikan obat-obatan dari dokter dulu mom, baru minum jejamuan. Mungkin bila kontrol berikutnya bisa dikonsultasikan sama dokternya apa yang terbaik ^^
    Reply
  • Leodina Banurea
    Leodina Banurea
    Saturday, 10 August, 2019
    Saya melahirkan sexsio, hari ke 40 baru saya mulai minum jamu pil 1...hehehe yang penting minum jamu, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali....
    • Leodina Banurea
      Zulaeha Achmad
      Monday, 21 October, 2019
      Alhamdulillah, semoga sehat selalu Ibu dan bayinya ^^
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Tuesday, 16 July, 2019
    Mbak mau tanya, kan mbak konsumsi di hari ke 8.itu dimulai dr serbuk 1 atau loncat ke serbuk 2?
    • Unknown
      Zulaeha Achmad
      Monday, 21 October, 2019
      Serbuk 2, tp serbuk 1 tetap aku minum ^^
    Reply
  • Anonymous
    Anonymous
    Sunday, 30 June, 2019
    Mbak klo udh minum yg no 3 trus kembali ke no 1 atau 2 (krn msh ada sisanya) boleh gak mbak? Makasih yaaa
    • Anonymous
      Zulaeha Achmad
      Monday, 21 October, 2019
      Kalau aku kemarin aku habisin Mba, sayang soalnya hihi
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Sunday, 23 June, 2019
    Alhamdulillah, saya juga after lahiran konsumsi jamu bersalin selapan dari air mancur, tapi dalam bentuk pil bukan serbuk. Awalnya agak worry ke Asi nya, takutnya jamu bikin kering Asi, tapi setelah baca review dari mbak juleha, alhamdulillah saya yakin ngabisin jamu nya sampe habis. Terimakasih review detailnya mbak jul, doain semoga saya bisa lulus mengASIhi sampe 24 bulan kedepan 😇😇🙏🙏
    • Unknown
      Zulaeha Achmad
      Monday, 21 October, 2019
      Alhamdulilah. Semangat terus mengASIhi ya mom 😆❤️
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Wednesday, 08 May, 2019
    Klo minim jamu nya g sesuai dengan waktu yg udah di tentukan di jamu..berpengaruh g sih kak?
    • Unknown
      Zulaeha Achmad
      Thursday, 09 May, 2019
      Aku juga nggak tepat2 banget, nunggu sampai obat dokter habis dan ASI stabil baru minum jamunya
    • Unknown
      Unknown
      Tuesday, 16 July, 2019
      Bun mau tanya, km bunda konsumsi di hari ke 8 pasca lahiran? Dimulai dr serbuk 1 atau langsung ke serbuk 2
    • Unknown
      Zulaeha Achmad
      Monday, 21 October, 2019
      Serbuk 2, tp serbuk 1 tetap aku minum ^^
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Thursday, 11 April, 2019
    Kak itu berpengaruh gak sih sma ASI yang diminum dede bayinya ko rada tkt yah
    • Unknown
      Zulaeha Achmad
      Thursday, 09 May, 2019
      Kalau aku nggak ada pengaruh negatif sih, asi tetap lancar sampai tunai 2 tahun. Mungkin bs konsultasi kalau masih ragu :)
    Reply
  • Hairun Nisa
    Hairun Nisa
    Thursday, 13 September, 2018
    Wah, diriku harus komentar apaan yak. Ini lengkap banget ya, ada ya yang kayak begini. Duileeh pengetahuanku terkait keibuan masih nihil bet. Nice review!
    • Hairun Nisa
      Zulaeha Achmad
      Thursday, 13 September, 2018
      Thankyou, akak Eca.

      Btw, apa sih yang gak ada di dunia ini? 😂
    Reply
  • Rindang Yuliani
    Rindang Yuliani
    Thursday, 13 September, 2018
    Wah banyak juga ya macam2 jamu bersalin. Alhamdulillah, ramuan tradisional Indonesia sudah ada yg kemasan gini ya. Jadi lebih praktis mendapatkannya.
    • Rindang Yuliani
      Zulaeha Achmad
      Thursday, 13 September, 2018
      Iya Mbak, nggak repot-repot club banget lah hehe
    Reply
  • Aswinda Utari
    Aswinda Utari
    Thursday, 13 September, 2018
    Hmm hmm.. Ak g pernah konsumsi blass semuanya itu. Hihi. Krn operasi kmrn n ga dibolehin konsumsi ini. Tp klo lahiran normal biasanya emg konsumsi jamu ya. Tp ad bbrp tenaga kesehatan blg klo ad jamu yg bs ngeringin air susu n ngaruh sm rasanya. It bner ga sih?
    • Aswinda Utari
      Zulaeha Achmad
      Thursday, 13 September, 2018
      Oh iya.. Aku inget, krn minum binahong itu ya kemaren?

      Soal bikin kering ASI, tergantung jamu apa dulu, krn justru banyak loh herbal yg berkhasiat laktagoge alias pelancar ASI. Kalau jenis itu justru bagus buat busui :)
    Reply
  • Melisa Carollina
    Melisa Carollina
    Wednesday, 12 September, 2018
    Melisa prnh mnum jamu tp pahit sma g tahan . Tp mun mliat mba leha berkata khasiatnya tuh meulah bodo amat sma rasa pahitny.. Ngran gsan ksehatan lah mba wkwkwk
    • Melisa Carollina
      Zulaeha Achmad
      Thursday, 13 September, 2018
      Ehehehe ini nggak pahit, cuma sepet menurutku. Yang pahit itu kayak sambiloto. Dan yep, ini itu keren banget manfaatnya
    • Melisa Carollina
      Unknown
      Monday, 07 December, 2020
      JAmu nomor 1 nya diminum lewat hari ke 8 boleh g ya? Soalx saya beli jamu tu sdh hrs ke 9. Jd lgsg aja minum yg no 2
    Reply
  • Khairunnisa Z Putri
    Khairunnisa Z Putri
    Wednesday, 12 September, 2018
    Nisa dulu kada bisa minum jamu, pernah minum jamu tapi yang pakai pil 🙈 lanjut sedikit besar minum jamu yang beras kencur, akhirnya waktu beli di ketawin bibi jamu, katanya itu minuman anak anak remaja. Kamu harus nya minum jamu ini bla bla bla. Pas dicoba itu minumnya sambil tutup idung saking gak sukanga 🙈🙈 eh ternyata gak sesuai yang dipikirkan. Akhirnya senang deng minum jamu nya *lahkokcurhat😁

    Wah ini jamu banyak varian di dalamnya, ntar nisa coba pas udah melahirkan dan punya suami. Anggep aja belajar lebih dulu hihi
    • Khairunnisa Z Putri
      Zulaeha Achmad
      Thursday, 13 September, 2018
      Iya Nisa, gpp banget belajar lebih dulu ^^
    Reply
  • Enychan
    Enychan
    Wednesday, 12 September, 2018
    Wah wah Eny anti anti jamur club' gak bisa minum jamu eh hiks 😭😭
    • Enychan
      Zulaeha Achmad
      Wednesday, 12 September, 2018
      Kalau aku apa ya? Pro jamu-jamu club? 😂
    Reply
  • Rima Angel
    Rima Angel
    Wednesday, 12 September, 2018
    Banyak banget mbak variannya -_- berharap jamunya itu cocok dilidah hihi *anaknya ga suka jamu pahit
    • Rima Angel
      Zulaeha Achmad
      Wednesday, 12 September, 2018
      Iya, satu box itu isinya banyak. Lengkap deh. Soal rasa jangan ditanya, kayak Jamu biasanya lah. Sepet2 dikit. 😂

      Khasiatnya bagus banget iniii, demi lah, demi minumnya.
    Reply
  • antung apriana
    antung apriana
    Wednesday, 12 September, 2018
    Aku juga habis melahirkan kemarin dibeliin paket jamu begini sama mamaku. tapi dasar akunya ni kurang telaten orangnya jadi kada tapi dipakai. sebelumnya rajin jua diulahkan ramuan serai campur apa gitu yang rasanya ampun-ampunan
    • antung apriana
      Zulaeha Achmad
      Wednesday, 12 September, 2018
      Kalau aku suka mba minum jamu. Tapi suka pilih-pilih merk. Hehe...

      Mama di rumah sering ngerebus temulawak atau jahe buat diminum, jadi udah latihan minim yg sepet2
    Reply
  • Umi Diwanti
    Umi Diwanti
    Tuesday, 11 September, 2018
    Wah sama nih. 3 kali.lahiran sll pakai minum beginian krn anjuran ortu.

    Sy pake yg nyonya meneer, tapi pas yg ketiga kemarin dimana2 kosong akhirnya merk lain tp lupa yang mana.

    Yang kepake cm pil sama tapalnya. Yang lainnya ga rajin makenya. Xixiii
    • Umi Diwanti
      Zulaeha Achmad
      Wednesday, 12 September, 2018
      Kereeeen... Aku baru cobain yang Sari Ayu ini mba. ♡

      Di paket ini aku yang paling rutin minum jamunya mba, diseduh tiap pagi ^^
    • Umi Diwanti
      Unknown
      Wednesday, 27 March, 2019
      Di seduh campur madu gag apa2 kah bun
    • Umi Diwanti
      Zulaeha Achmad
      Thursday, 09 May, 2019
      Kemarin saya nggak pakai madu, pakai gula aren saja.
    Reply
  • Latifika Sumanti
    Latifika Sumanti
    Friday, 31 August, 2018
    Anak dua ga kenal blas sama ini, ya ampun kemana aje sis? Haha, ga ada yang nyuruh soalnya T.T jadi ga tau ada yg beginian. Itu semua worth it to consume mba, yg diperlukan mamak2 habis lahiran begitu lengkap perawatannya di sana...btw,jamu2an itu gpp kah buat busui ya?
    • Latifika Sumanti
      Zulaeha Achmad
      Wednesday, 12 September, 2018
      Kalau aku sih mba, gpp... 😀
      Kalau lihat khasiatnya beneran bikin ngiler hihi
    Reply