Saturday, March 10, 2018

Perempuan Cerdas Atasi Anyang-anyangan dengan Prive Uri-Cran


Perempuan cerdas atasi anyang-anyangan dengan Prive Uri-Cran – Teman, tahu nggak kalau berdasarkan penelitian,  5 dari 10 wanita pernah terkena  infeksi saluran kemih? Itu loh, infeksi yang bikin nyeri saat buang air kecil, terus anyang-anyangan, juga kadang demam dan nyeri di punggung sampai diare. 

Pernah mengalami juga, nggak? Kalau saya pernah mengalami salah satu gejala ISK, yaitu terkena Anyang-anyangan.

Waktu itu saya lagi kehamilan saya sudah memasuki trimester 3 dan saua punya kebiasaan minum air putih yang kurang baik. Saya pernah cerita tentang anyang-anyangan saya saat sedang hamil dan juga travelling disini.

Rasanya terkena anyang-anyangan itu nggak usah ditanya, SUPER NGGAK ENAK!

Saya masih kebayang betapa ‘sedapnya’ terkena anyang-anyangan waktu itu, rasa nyeri dan panas setiap kali buang air kecil (dysuria), pinggang juga terasa nyut-nyutan, ditambah lagi dengan perut udah berat karena masa kehamilan yang sudah menginjak bulan ke-8.

Ah, benar-benar pengalaman buruk :(

Gara-gara itu, saya nyaris nggak bisa tidur semalaman. Karena lagi di indekos di Banjarmasin, suami yang biasanya siaga disamping saya ada jauh disana karena dinas di Rantau. Terhelat perjalanan 3 jam. 

Rezeki tambahan, malam itu cuaca gerimis dan nggak ada yang bisa nganterin saya ke dokter.

Waktu itu saya belum tahu kalau ternyata anyang-anyangan plus nyeri di pinggang mengarah ke bawah perut itu gejala dari Infeksi Saluran Kemih, jadi saya cuma berusaha untuk minum air banyak-banyak, kompres area perut dengan air hangat dan cebokan juga dengan air hangat supaya rasa nyerinya tidak terlalu menyiksa. Pernah sih kepikiran, tapi nggak begitu

Untung saya punya teman sekamar yang care banget. Dia yang nolongin saya rempong macem-macem, mulai dari merebus air, nyari minuman hangat, atau bantuin ke WC. Nyerinya waktu itu nggak santai banget, saya sampai meringis karena menahan sakit buang air kecil.


APA HUBUNGAN ANYANG-ANYANGAN DENGAN ISK ?

KENAPA KITA PEREMPUAN HARUS LEBIH WASPADA?

Anyang-anyangan bukan sebuah penyakit, namun lebih tepat jika disebut gejala penyakit, yaitu gejala adanya infeksi pada saluran kemih atau akrab disingkat ISK .

Kasus ISK sekitar 80% diakibatkan karena bakteri Escherechia coli yang menempel pada dinding saluran kemih, sisanya sekitar 5-15% kasusnya disebabkan oleh virus atau jamur.

Anyang-anyangan atau ISK banyak terjadi pada perempuan dibandingkan pada pria karena resiko kontaminasi bakteri yang lebih tinggi, efek dari area kewanitaan yang lebih terbuka dan lebih dekat dengan anus. 

Namun bukan berarti laki-laki bebas dari ISK, lho! Mereka juga punya resiko terkena, namun lebih kecil. 

ISK tidak pandang bulu, laki-laki, perempuan, dewasa ataupun anak-anak bisa terkena. Namun karena perempuan mempunyai resiko paling tinggi, jadi wajib waspada!




ISK sangat berbahaya untuk wanita yang sedang hamil karena bisa menyebabkan kelahiran tidak normal atau berat yang rendah, bahkan jika kasusnha parah bisa menyebabkan keguguran. 

Kalau di diagnosa pas masih ditahap awal, masih bisa ditangani dengan cara yang paling aman dengan keadaan bayi. Jadi, jangan tunggu kelamaan ya :)

MENGENALI GEJALA ISK

Gejalanya cukup gampang dikenali, seperti yang saya alami, gejalanya berupa: anyang-anyangan, atau sakit saat buang air kecil, nyeri punggung, demam tinggi, sampai dengan ada darah di dalam urine. 



Nah, lanjut ke bagian penyebab anyang-anyangan. Kita wajib tahu nih, kalau sudah tahu kan kita bisa menghindari faktornya? :)

Berdasarkan yang pernah saya alami, diantaranya adalah:

1. Sering menahan pipis.

Saya kesel waktu itu mau pipis melulu, secara kamar kos saya ada di lantai dua dan WC nya ada di lantai 1. Tangganya sih nggak banyak, cuma kalau diulang berkali-kali sambil membawa perut yang hamil kan malesin banget? Jadi buang air kecil ini sering saya tahan-tahan. Padahal justru itu salah banget :(

2. Kurang minum air putih (dehidrasi).

Sok sibuk banyak tugas kuliah, sering perjalanan jauh tapi nggak bawa bekal minuman berupa air putih yang cukup, akhirnya saya dehidrasi.

Padahal meski dehidrasi, ginjal masih menjalankann fungsinya, tapi karena volume air yang ada di tubuh sedikit, akhirnya yang keluar juga sedikit, jadi anyang-anyangan deh.l

3. Kurang menjaga kebersihan organ kewanitaan/menggunakan toilet yang kurang bersih.

Waktu itu, setiap weekend saya selalu pergi ke Banjarmasin buat kuliah. Saya biasanya naik taksi antar kota. Kalau lagi kebelet banget atau kebetulan sedang menunggu taksi yang ngetem, kadang saya terpaksa pergi ke toilet umum yang ada di terminal. Padahal tahu sendirilah ya, gimana toilet yang jadi fasilitas umum. Biasanya kebersihannya itu kurang dijaga.

Salah saya juga, karena udah tahu begitu, sesudahnya nggak membersihkan organ kewanitaan dengan benar. Akhirnya saya kena batunya.

4. Kehamilan.

Hahaha, pas banget! Waktu terkena anyang-anyangan itu saya lagi hamil. 

Dan itu anyang-anyangan yang paling berkesan buat saya. Kenapa? Karena itulah pertama kalinya saya berkenalan dengan penyakit yang satu ini. 

Ogah banget ketemu yang ke-2 kalinya..

TERUS, BAGAIMANA CARA MENGATASI ANYANG-ANYANGAN?

Minum air putih yang banyak

Salah satu solusinya yang paling mudah adalah dengan minum air putih dengan jumlah yang lebih banyak. Tujuannya adalah melancarkan sistem kemih kembali.

Frekuensi buang air kecil memang akan meningkat, namun juga akan membantu membuang bakteri yang ada di saluran kemih.

Minum ekstrak Cranberry dalam dosis tertentu.

Mungkin banyak yang belum familiar ya dengan buah Cranberry?

Wajar, soalnya buah Cranberry memang bukan buah yang tumbuh di Indonesia. 

Buah Cranberry ini memiliki kandungan proanthocyanidins, yaitu sebuah senyawa pada buah yang memberikan warna merah dan biru, proanthocyanidins juga bermanfaat sebagai antioksidan dan mencegah terikatnya bakteri pada sel-sel di dinding kandung kemih dan membantu tubuh mengeluarkan bakteri-bakteri tersebut.

Jika kesulitan mencari buah Cranberry, cukup ke Apotek saja. Karena sekarang sudah ada Prive Uri-cran, ekstrak buah Cranberry dalam bentuk serbuk dan juga kapsul yang tentunya lebih mudah untuk dikonsumsi. Selain itu juga sudah terbukti secara klinis.

Prive Uri-cran juga diklaim aman dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil. Namun tetap sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter obgyn yang tahu kondisi sang ibu ^^

Pergi Berobat ke Dokter.

Jika tidak ada perubahan yang berarti atau nyeri malah semakin menjadi-jadi dalam 24 jam. Maka sebaiknya langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat. 

Biasanya akan diberikan antibiotik tertentu untuk mengatasi bakteri yang menginfeksi kandung kemih.

Namun, tentu saja yang alami yang bis

YUK, MENCEGAH DATANGNYA ANYANG-ANYANGAN & INFEKSI SALURAN KEMIH!

Minum air putih sesuai kebutuhan sehari-hari 

Jangan kurang minum air putih ya, selain untuk membantu saluran cerna dan fungsi ginjal agar optimal . Meminum air putih juga membantu menjaga kesehatan fungsi saluran kemih. Minumlah air putih minimal 3 liter sehari atau sekurang-kurangnya 7 gelas.

Tidak menahan diri saat ingin buang air kecil.

Dengan meminimalisir adanya tekanan pada kandung kemih yang bisa mengganggu fungsinya. Kalau udah kebelet sebaiknya langsung aja ke WC. Jangan terbiasa menahan buang air kecil, terutama untuk laki-laki nih karena meningkatkan gangguan dengan prostat.

Menjaga kebersihan Miss V

Caranya cukup sederhana, cukup dengan menggunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan juga menyerap keringat untuk mencegah kelembaban di area miss V, soalnya biasanya area yang lembab itu jadi spot bakteri jahat untuk berkembang. Jangan lupa juga untuk mengganti celana dalam minimal 2x sehari ya.

Cebok yang benar juga bisa mencegah kehadiran bakteri jahat, caranya adalah dengan membilas organ intim dengan air dari depan ke belakang, bukan sebaliknya.

Kenapa?

Jadi begini, secara anatomi, lelaki itu berbeda dengan wanita. Pada wanita, jarak antara saluran kemih dan juga vagina sangat dekat sehingga resiko mengalami infeksi juga lebih besar. Makanya menjaga kebersihannya sangat penting ^^

Bijak menggunakan toilet umum

Terutama jika sedang menggunakan toilet fasilitas umum yang duduk nih, jangan lupa usap dulu tempat duduknya dengan desinfektan, soalnya kita kan nggak tahu berapa banyak yang 'mampir' disana dan juga bakteri yang ditinggalkannya.

Jika menggunakan toilet jongkok, usahakan untuk memakai air yang keluar langsung dari keran. Air yang ada di dalam bak cukup untuk menyiram jejak kita saja. Oke sip!

Minum Uricran

Boleh loh untuk pemeliharaan juga. Karena kandungannya yang kaya dengan kandungan baik selain bagus untuk kandung kemih juga bagus untuk memelihara kesehatan jantung.


***

Sekalipun sibuk, jangan sepelekan hal-hal yang mencegah anyang-anyangan ya, jangan sampai menunggu ISK datang baru menyesal. Lebih baik minum air putih sesuai porsinya, jaga kebersihan organ intim, dan juga jangan keseringan menahan buang air kecil lagi.

Kalau kamu pernah terkena anyang-anyangan atau ISK juga nggak? Share juga dong! :)




7 comments on " Perempuan Cerdas Atasi Anyang-anyangan dengan Prive Uri-Cran"
  1. Sekali kena anyang-anyang pas hamil TM 1,duh nyiksa banget, bener ya mba... Kapok, ga mau lagi ;( Terus kalo di perjalanan dan aku mau BAK ketahuan paksu langsung deh dia cari toilet umum, ga boleh pokoknya nahan2 katanya, tapi kalo mau nyuci pakai air langsung dari kran air jangan yang di bak mandinya.

    Btw, kayanya Uricran wajib dipunya bumil2 ya, jaga2 supaya ga kena ISK, soalnya udah bikin rempong bahaya pula buat janin

    ReplyDelete
  2. Seram juga ya anyang2an ini. Aku belum pernah kena. Waktu hamil dulu yg jadi masalah besarku justru keputihan dan ambeien. Mudah2an jangan sampai kena anyang2an deh. 2 masalah itu aja udah bikin tidurku ga nyenyak.

    Betewe, Uricran ini oke juga ya, bisa memelihara kesehatan jantung juga. Bisa dicoba nih nanti.

    ReplyDelete
  3. Bener banget nih. Aku pernah kena anyang-anyangan dan itu ga enak banget. Untung bisa sembuh dg air putih aka kemarin. Next buat Pencegahan ga rugi juga kan beli uricran. Rasanya enak. Hehe

    ReplyDelete
  4. Waduh bahaya banget yaa, buat kita yaa.. harus lebih perhatian lagi sama hal itu walaupun sepele tapi bahaya banget.. mengedukasi banget tulisan mba lehaa favorit deh hihi

    Www.enychan.com

    ReplyDelete
  5. Memang nggak enak banget ya kalau pipis sampai bikin nyeri. Aku alhamdulillah sih pas hamil jarang banget pipis. Mungkin karena jarang minum air putih. He

    ReplyDelete
  6. Hal yang agak susah dipraktikkan menurutku yang penggunaan toilet umum ini. Harus selalu sedia tisu basah paling nggak ya. Aku kadang juga suka nahan pipis, padahal efeknya malah ga bagus ya.

    ReplyDelete
  7. Efek anyang-anyangan bahaya juga ya Mbak. Selama ini aku gak begitu respek, menganggap ini penyakit biasa, ternyata bisa parah gitu ya

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature