Friday, December 22, 2017

Resep Masak Ndas Ikan Manyung Khas Kota Pati

Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep
 
Kali ini saya mau bikin postingan tentang resep masakan berbahan dasar ikan. Bukan ikan sembarangan lho, kali ini saya akan memberikan resep tentang Ikan Manyung, barangkali ada yang belum tahu, ikan Manyung merupakan salah satu jenis ikan laut. 

Di Kota Pati, terdapat olahan khas masakan ikan manyung ini yaitu Ndas manyung. Anda bisa menemukan makanan ini di daerah Balokan, Pati. Makanan ndas manyung khas Kota Pati ini terkenal lezat dan membuat orang-orang yang memakannya menjadi kecanduan. Ndas sama artinya dengan kepala, jadi yang disebut Ndas manyung sama artinya dengan kepala Ikan Manyung. 

Sebenarnya Anda bisa juga memasak ndas manyung khas Kota Pati ini sendiri di rumah tanpa harus membelinya. Selain Anda bisa lebih berhemat, Anda bisa juga bisa menyesuaikan cita rasanya dengan lidah Anda beserta anggota keluarga lainnya. Anda bisa menyajikannya sebagai menu hidangan utama saat makan siang bersama. Kesegaran makanan Ndas manyung ini sangat pas di makan saat siang hari sehingga dapat membuat orang yang makan berkeringat. 

Langsung saja ke resepnya ya ^^

Bahan Dan Bumbu Masak Ndas Manyung Khas Pati

Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep

Bahan- bahan yang dibutuhkan adalah :
  • 2 kepala ikan manyung
  • 1 buah tomat merah
  • 2 kemasan Sasa Santan Kelapa
  • minyak goreng secukupnya
Sebagai catatan, dalam resep masak Ndas manyung yang sebenarnya adalah menggunakan santan yang langsung diperas dari kelapa. Hanya saja, Sasa Santan Kelapa juga memiliki kualitas yang sama dengan santan perasan kelapa langsung. Jadi tidak ada salahnya bila menggunakanya sebagai pengganti.

Apalagi, Sasa Santan kelapa jauh lebih praktis. Dimana ia bisa kita gunakan secara langsung sebab ia sudah matang dan siap pakai. Jadi tidak perlu memarut dan memeras layaknya santan perasan kelapa langsung. Soal rasa dan aroma jangan kuatir, Sasa Santan Kelapa memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas. Jadi kualitas masakan Ndang manyung akan terjaga. 

Perlu kamu tahu juga, Sasa Santan Kelapa itu dibuat dari bahan yang bebas pengawet dan bahan kimia lainya. Alasan mengapa santan ini bisa bertahan lama adalah karena ia diproses dan dikemas dengan cara modern. 

So, Sasa Santan Kelapa cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman, termasuk untuk masak Ndas Manyung khas pati. 

Bumbu- bumbu yang dihaluskan adalah :
  • 8 buah bawang merah 
  • 5 buah bawang putih 
  • 5 Cabai rawit ijo (rebus)
  • 5 Cabai merah besar (rebus)
  • 1,5 ruas jari kencur 
  • 1 ruas jari kunyit 
  • 3 buah kemiri 
  • 2 buah lengkuas (iris tipis- tipis)
  • 3 lembar daun jeruk 
  • 2 lembar daun salam
  • penyedap rasa secukupnya
  • garam secukupnya


Cara pembuatan Ndas manyung khas Kota Pati adalah :
  1. Siapkan kepala ikan manyung dan bersihkan dengan air bersih, lalu tiriskan.
  2. Kukus kepala ikan manyung hingga matang.
  3. Merebus cabai merah  besar dan cabai rawit hingga matang, angkat. 
  4. Lalu tiriskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, kencur, kemiri, kunyit dan garam secukupnya, haluskan (bisa diuleg maupun diblender). 
  5. Siapkan wajan dan panaskan 5 sendok makan minyak goreng. Setelah minyak goreng panas, tumislah bumbu halus tadi, daun jeruk, daun salam dan lengkuas. Aduk hingga matang dan tercium aroma harum yang dikeluarkan dari tumisan bumbu tadi.
  6. Lalu masukkan kepala ikan manyung secara perlahan-lahan. Masukkan juga Sasa Santan Kelapa sambil di aduk perlahan agar santan tidak pecah.
  7. Tunggu hingga matang, sembari menunggu matang masukan cabe rawit.
  8. Siap untuk disajikan.

Nah, itu dia cara membuat Ndas Manyung yang lezat. Optional pengganti Santan dengan Sasa santan juga oke karena Sasa Santan, Aslinya Santan  bisa mempermudah kegiatan memasak, nggak perlu repot-repot dan hasilnya juga sudah terjamin.

Selamat berkreasi!

1 comment on "Resep Masak Ndas Ikan Manyung Khas Kota Pati"
  1. karena gak terlalu suka ikan, aku jadi salah fokus sama santan nya haha.. aku juga daripada meras2 kelapa lebih suka pake santan instant kayak sasa. sasa lumayan kentel.. dan gak cepet basi..

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature