EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Report Abuse

10 Manfaat Bergabung dengan WAG Blogwalking Asik

Assalamualaikum. 

Halo apakabar semua? Sudah lama nih nggak menulis, kali ini akhirnya pecah telur juga bisa rampung nulis satu artikel lengkap. Alhamdulillah 😁

Menulis di blog emang asik. Kalau bagi saya bisa jadi terapi karena perasaan dan dialog-dialog yang sebelumnya cuma ada di dalam kepala kita doang akhirnya bisa keluar berupa susunan kata yang bisa dipahami oleh orang lain. 

Dalam perjalanan saya menulis yang up and down, saya belajar kalau ternyata menulis pun perlu teman untuk membentuk lingkungan yang supportif. Dengan adanya teman yang memotivasi kita terus menulis, kita bisa menjadi lebih berkembang. Nggak stagnan disitu-situ aja.

Pertemanan di Dunia Blog, Gimana Tuh?

Berkat menulis di blog, saya jadi punya beberapa teman-teman blogger perempuan dan juga blogger mastah lainnya dari daerah saya, di beberapa kesempatan kami mengadakan meet up dan sharing seputar blogging. Namun sejak Corona menyerang, semua aktivitas offline dibatasi dan pertemanan di dunia Blog pun cuma bisa dilakukan secara online saja. 

Bersyukur, sebelum Cov-19 menyerang, pada 20 November 2019 lahirlah grup WA Blogwalking Asik, yang kebetulan beruntung banget saya bisa menjadi bagian dalam grup WA yang sesuai dengan namanya ini, Asik!

Grup ini dibentuk oleh Mbak Rini Novita Sari (www.celotehdinihari.com) dan juga Mbak Hani (www.haniwidiatmoko.com). Dalam grup ini juga ada banyak Blogger keren dan mastah yang ternyata gokil dan suka ngebanyol. Pikiran saya dulu pada saat awal ngeblog kalau blogger master itu semuanya selalu serius dan ambisius ternyata nggak benar. 

Sesuai namanya: Blogwalking Asik, grup WhatsApp ini mengadakan kegiatan Blogwalking tiga kali dalam seminggu, yakni pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Praktek BW yang dilakukan memiliki batasan waktu drop link yakni dari jam 12 pagi hingga jam 8 malam. Dalam aktivitas Blogwalking ini, para blogger saling berkunjung dan meninggalkan jejak komentar di blog teman yang mengikuti BW. 

Manfaat Blogwalking sendiri ada banyak, misalnya:

1. Meningkatkan motivasi menulis karena timbulnya kesadaran bahwa ada teman-teman yang akan membaca tulisanmu. Saya ngerasa banget nih, kalau tulisan sepi tuh rasanya kayak ngomong sendiri. Sebenarnya perlu sih ngomong sendiri, tapi kalau kebanyakan kok rasanya ya aneh juga. 😂

2. Melatih kedisiplinan diri dengan mengikuti syarat dan ketentuan terkait Blogwalking dari Admin. Nggak bisa semau-mau kita, sahabat. Misal nih kita netapin limit untuk melakukan Blogwalking dengan teman kita itu tahun depan, ya nggak bisa.

3. Blog menjadi ramai karena visitor menjadi lebih meningkat. Nah ini, siapa sih yang gak senang? Saya sih senang. Visitor meningkat bisa jadi berpengaruh positif dengan performa blog yang kita kelola. Sekali lempar dua biji mangga.

4. Tulisan kita yang dikomentari bisa menjadi kepuasan sendiri kalau komentar teman kita positif. Feedback yang baik juga bisa membuat kita lebih bersemangat dalam menulis.

5. Tulisan kita yang diberikan kritik juga bisa menjadi bahan evaluasi dalam kepenulisan kedepannya. Yah, gimana... Saya pun senang kok diberi masukan, asalkan bahasanya tidak kasar dan menggurui, serts tidak disampaikan di depan orang banyak dan bikin malu. Saya senang diberi perbaikan karena kalau kita kadang ya melihat cuma dari sisi kita doang, mungkin hasilnya akan berbeda kalau dari kacamata orang lain.

6. Di grup WhatsApp ini kita jadi punya banyak teman blogger yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Dari Kalimantan ada, dari Jawa ada, ada Sulawesi ada, banyak lah.. Selain itu, juga dari beragam background pula. Ada banyak sudut pandang dan keunikan masing-masing yang bisa kita temukan. Introvert, extrovert, aktif, pasif, banyak omong, pendiam, dan masih banyak lagi. 

7. Mengenal teman lebih lanjut, kita bisa saling follow di media sosial lainnya. Instagram, Facebook, Twitter. Siapa tahu ada yang jodoh, iya nggak? Hihi. 

8. Kalaupun masih belum jodoh juga nih, ya nggak papa, kita masih bisa berteman dan follow-followan sosmednya bisa mempererat silaturahmi dan nambah followers sesama blogger deh 😁

8. Banyak teman, banyak rezeki. Istilah ini juga berlaku bagi para blogger, pasalnya dengan jaringan pertemanan yang lebih luas, maka chance kita untuk mendapatkan informasi tentang job menjadi lebih banyak. Tinggal sortir sesuai value dan kriteria deh, bisa dicoba apply.

9. Bisa sharing berbagai hal! Banyak teman ternyata juga membuka wawasan kita menjadi lebih terbuka kalau di dunia ini ada buanyak jenis orang. Dan semua itu wajar. Kalau kita sharing sesuatu ada banyak feedback yang kita temukan, oh, ternyata kalau orang lain memandang sesuatu itu begini-begini lho, gitu.🥺

10. Pada akhirnya, skill kita bisa meningkat karena kita bisa banyak belajar, entah itu dari pengalaman sendiri maupun dari pengalaman orang lain. Bagian ini paling terasa sih ya meskipun sejauh ini saya hanyalah seorang silent reader. Huhu. Maafkan ya teman-teman, saya menjadi kurang produktif lagi karena saya sempat vakum ngeblog. Saya mau kembali menulis di jalan yang benar dan aktif di grup. Bismillah.

Pokoknya, terimakasih teman-teman di grup WA Blogwalking Asik. Semoga nuansa positif dan cerianya bisa terus dipertahan atau ditingkatkan lagi.

Yuk yuk, semangat menulis! *menyemangati diri sendiri* 
(Server lofi, merapaaaatttt)
Related Posts
Zulaeha Achmad
Ibu satu anak yang suka minum teh sambil membaca komik.

Related Posts

Post a Comment