EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Report Abuse

Anniversary Female Blogger Banjarmasin yang ke-4!

Assalamualaikum. 

Halo, apa kabar? Semoga sehat selalu ya, semuanya!

Hari ini aku ingin sharing tentang salah satu event yang paling berkesan di tahun 2020. Jadi, beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk menjadi bagian dari perayaan hari jadi komunitas Female Blogger of Banjarmasin yang dilakukan secara daring.

Yup, nggak salah kok, acaranya ini memang dilaksanakan dengan online melalui aplikasi Zoom.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumya, dimana biasanya FBB melaksanakan acara perayaan ulang tahun secara offline, maka di masa pandemi ini virtual meeting merupakan keputusan yang menurutku sangat bijak. Selain karena protokol kesehatan yang mewajibkan kita untuk menghindari kerumunan dan tempat yang crowded, acara daring ini juga membuat kami yang dari luar kota bisa tetap ikut meskpun dari jarak jauh.



Tema yang diusung untuk tahun ini adalah Unstoppable Creation. 

Maknanya dalem lho, yakni meskipun kita dilanda pandemi, kita mesti tetap unstoppable dalam berkarya. Jangan berhenti dan jangan menyerah dalam membuat karya yang bermanfaat 😊

(insert lagu: Sia -Unstoppable)


Cerita Tentang Aniversary Female Blogger of Banjarmasin Ke-4!

Meskipun dilaksanakan secara online, acaranya tetap seru dan menyenangkan lho, selain itu acara ini juga bertabur narasumber dan didukung oleh sedikitnya ada 9 sponsor dan 1 media partner yang membuat acaranya semakin meriah.

Ada Mirabella Cosmetics, Gloskin Banjarmasin, Fave Hotel Banjarmasin, Clean Well Banjarmasin, Tupperware Palma Tika Raya, Kebab enak dari Kebabblasan, Summer Bed and Breakfast, Amber Lee Hijab, 57 Kitchen, serta My Radion Banjarbaru yang menjadi support dari acara ini.

Acaranya berlangsung dengan seru di mulai dari pukul 09:45 hingga sekitar pukul 13:00 WITA. Percayalah, aku sudah stanby dan mencoba untuk login di zoom paling tidak sejak lima belas menit sebelumnya tapi masih kalah gercep saat mau masuk ke link acara, yang artinya, teman-teman yang lain lebih gercep daripada aku. Haha. Luar biasa deh pokoknya!

Acara hari jadi Blogger Perempuan Banjarmasin ini diisi pula oleh 2 narasumber yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing. Jadi bukan hanya perayaan biasa, acara ini juga ‘daging’ banget. Nah, kita sharing sedikit disini ya;

*Pelatihan Fundamental SEO On Page by Irwin Andriyanto



Founder dan Owner dari Tangerang Digital ini sudah malang melintang di dunia blog dan digital sejak lama, Namanya sudah sangat familiar di dunia blogger, apalagi yang pernah ikut kelas blogging dengan mas Irwinu, rata-rata akan paham dengan skill dari coach yang sangat disiplin satu ini.

Ada 4 hal yang menjadi materi basic SEO om Page yang dibawakan oleh om Irwin:

1.   #    Pengertian SEO

Melalui tata bahasanya, SEO adalah akronim dari Search Engine Optimazation.

Kalau kita terjemahkan, maka simpelnya SEO adalah sebuah cara untuk memaksimalkan tulisan di website kita agar semakin bersahabat dengan mesin pencari a.k.a Google.

2.   #    Why SEO?

Supaya apa pakai SEO?
Supaya artikel website kita semakin tinggi rangkingnya di mesin pencarian, alias direkomendasikan oleh mesin pencari. Supaya masuk halaman pertama dan masuk barisan pertama (kalau bisa.Hehe)

3.   #    Jenis-Jenis SEO

SEO on Page : Bikin konten yang menarik dan bermanfaat di website kita. Content is a King.

SEO off Page: Optimasi dari luar blog, bisa link yang berkualitas atau blogwalking.

SEO Exprience

4.   #    Parameter SEO on Page

Nah, ini dia si jali-jali…

EH, maksudnya ini dia PR nya. 

Menulis konten di website kalau memang mau menargetkan SEO nggak bisa sesuka hati, ada tata krama dan kewajiban yang harus dipenuhi secata disiplin dalam jangka waktu yang Panjang agar tercipta website yang terawat dengan baik.

URL, Title, Image description, ukuran foto, persebaran keyword, Heading H1. Semuanya tampak mudah tapi untuk bisa melaksanakannya butuh perjuangan yang tidak main-main.

2021 kita harus bisa yaaa!


Pelatihan Optimalisasi Instagram untuk Influencer / Blogger / Reviewer by Niko Julius



Nah, kali in kita akan belajar tentang Instagram. Kebetulan saya juga seneng mantengin IG nya @nikojulius, jadi sedikit banyak bisa lah nyambungin sedikit dengan materi yang mas Niko buat.

Alumni dari SMA7 Banjarmasin ini menerangkan beberapa hal penting terkait dengan pembuatan karya di Instagram. Pertama-tama, Mas Niko meng-encourage kita untuk lebih percaya diri dengan karya yang kita buat, Pasar kita ada sendiri-sendiri, jadi jangan takut dan terus lah berkarya. Selalu ada audience untuk setiap hal. Kemudian, kita harus tahu audience kita seperti apa dan apa yang audience kita inginkan.

Dalam membuat konten blogging melalui IG yang basic nya merupakan gambar, maka gambar dan latar yang polos menjadi sebuah hal yang penting. Pemilihan warna yang eye-friendly dan juga caption yang menarik juga harus dilakukan.

Jangan lupa, IG juga bisa menjadi blog versi mini dengan membuat carousel, jadi pembaca bisa menangkap apa yang ingin kita sampaikan tanpa harus Panjang-panjang membaca caption,  Mas Niko juga sharing trik membuat planning conten melalui aplikasi Trello juga.

Sangat, sangat bermanfaat.

Harapanku untuk Female Blogger of Banjarmasin di Usia yang Baru




Teringat awal-awal serius menekuni dunia blog. Coba-coba pasang domain otodidak sambil buka puluhan tab mencari cara paling mudah dimengerti, nekat mencoba edit HTML template blog padahal sama sekali nggak paham coding. Dan akhirnya pusing sendiri karena ternyata meski blog pertama lahir 2010, alias sudah 'lawas', ternyata 'mama' nya ini masih perlu banyak belajar karena ilmunya masih dangkal. ⁣⁣⁣⁣
Mengetik sendirian, berbagi sendirian, belajar sendirian. Senang? Hmm... Awalnya tidak apa-apa sih, tapi ternyata rasanya jauuuh lebih menyenangkan saat akhirnya bertemu dengan @femaleblogger.bjm, komunitas blogger perempuan yang pertama dan satu-satunya di Kalimantan Selatan. ⁣⁣❤️
⁣⁣
Selain menjadi 'rumah' yang nyaman, teman-teman yang tergabung di komunitas @femaleblogger.bjm ini juga supportif dan selalu membuat kita jadi upgrade ilmu. ⁣⁣
Misalnya nih, dulu awal mula saya mengenal DA, PA, Moz, SEO, sampai cara menghasilkan pundi-pundi uang itu salah satu awalnya bermula dari komunitas ini. ⁣Alhamdulillah. ⁣
⁣⁣
Nah, akhirnya tahun ini Female Blogger of Banjarmasin pun merayakan anniversay yang ke - 4,. Doaku agar komunitas FBB selalu terus menebar kebaikan, menjadi jalan untuk setiap wanita menunjukkan eksistensi terlepas dari status apapun yang melekat pada dirinya.⁣
Related Posts
Zulaeha Achmad
Blessed Wife & Mother. Blogger. Podcaster. Tea Drinker. Devoted Manhwa Reader.

Related Posts