SOCIAL MEDIA

Friday, October 23, 2020

[REVIEW] Drama Korea 18 Again, Saat Papa Muda jadi Satu Kelas dengan Anaknya


Cerita tentang Time lapse memang selalu menarik, 18 Again ini merupakan salah satunya. Drama Korea yang merupakan adaptasi dari film Amerika 17 Again di tahun 2009 ini sukses menuai perbincangan dengan topik : Papa Muda. 

Eh, Ada apa memang dengan Papa Muda? 

Nah, sebelumnya menjawabnya kita bahas dulu sinopsis singkat kdrama produksi tahun 2020 ini. 

Sinopsis 18 Again (spoiler alert!) 

18 Again menceritakan tentang rumah tangga antara Jung Da-jung (Kim Ha-neul) dengan Hong Dae-young (Yoon Sang-hyun). Keduanya merupakan best couple saat sekolah SMA. Hong Dae-young merupakan MVP basket incaran banyak agensi yang masa depannya gemilang, sedangkan Jung Da-jung adalah penyiar radio sekolah yang berbakat. Keduanya sangat mencintai dan berharap akan saling menemani di masa depan. 

Malang, Jung Da Jung hamil sesaat sebelum momen kelulusan mereka berdua. Hong Dae Yong akhirnya memutuskan untuk membuang mimpinya untuk berkuliah dan bermain basket, keduanya lalu menikah dan berharap menjadi orangtua yang baik untuk dua anak kembarnya, Hong Shi-A (Roh Jeong-eui) dan Hong Shi-woo (Ryeo Un). 

18 tahun berlalu, dan kehidupan mereka ternyata tidak berjalan kemana-mana, alias: stagnan.

Da Jung harus berjuang dalam karirnya hanya karena ia menyandang status Ibu dan memiliki anak, tidak perduli seberapa besar bakat dan effort yang diberikannya, karirnya tidak berkembang karena digerus oleh gadis-gadis muda rupawan. Da Jung pun mulai frustasi.

(note: fudge, wajahnya awet muda. Masih gak terima umurnya sudah 42 tahun!!! 😂)

Hong Dae-young tidak kalah mengenaskan, berbekal ijazah SMP, tidak banyak alternatif pekerjaan yang bisa dicobanya. Dia hanya bisa mencoba apa yang ditugaskan, tidak peduli seberapa besar kemampuan dan kesabarannya di lapangan, jenjang karir lulusan SMP tidak akan pernah sama mulusnya dengan lulusan universitas. Dae-young menelan pil pahit kenyataan dan keluar dari pekerjaannya karena kecewa.

Berantakan sudah.
Dae-young jobless. Ditambah lagi dengan Da-jung yang akhirnya menggugat cerai Dae-young dan putra-putri kembarnya yang memiliki masalah di sekolah.

Diliputi penyesalan yang teramat dalam, Dae-young pun kembali dari usia 38 tahun ke usia 18 tahun untuk memperbaiki kesalahannya.

===

Tentang Papa Muda di drakor 18 Again.


Yup, Papa Muda disini merujuk pada Dae-young, sang papa yang kembali ke tubuhnya saat muda dan tiba-tiba seumuran dengan dua anak kembarnya di sekolah.

Papa muda yang literally muda.😌
Bhak. 

Udahlah, saya beneran ngomong ini sambil mata sembab plus ketawa, kenapa? Karena drama ini emotional-play nya dapet bangeeeeetttt ampun. Rasanya jadi teringat tahun 2009 pas saya mau ujian masuk SMKF, saya cuma bisa manggut-manggut melihat foto Zac Efron di poster film 17 forever yang lagi booming berseliweran di tabloid remaja. Yep, drakor 18 again merupakan adaptasi dari naskah film karya Jason Filardi ini, jadi jangan heran kalau premisnya pun serupa. Bedanya, 18 again mencampurkan bumbu kelemahan saya di dalamnya; tentang anak dan orangtua.

Bikin baper maksimal!

My Thought


Ingat ya, ini drama korea. Drakor. Kdrama.
Hidup satu kali, kita muda satu satu kali. There are no second chance. Nggak ada kesempatan kedua dalam kehidupan nyata. Sebelum halu, pasang kopling dulu ya kita pemirsaaa. 😆

18 Again merupakan drama pertama Ha Byung-hoon setelah sukses menyutradarai Go Back Couple (2017) yang jadi salah satu drakor favorit saya dan suami. Berdurasi 70 menit dengan total 16 episode, drakor ini dijadwalkan tayang di JBTC dari 21 September sampai dengan 10 November 2020 setelah sebelumnya penayangannya sempat tertunda selama dua minggu karena pandemi Covid-19.

Banyak banget pesan moral yang bisa kita dapatkan dari drakor ini, misalnya :
1. Jangan pernah lupakan kalau pendidikan nomor satu! Nggak apa-apa belajar dengan tekun saat muda, nanti pas kita udah tua kerasa kok hasilnya :')
(ini berasa ngomong dengan diri sendiri)
2. Jangan sampai tergiur kenikmatan sesaat, masa depan jadi berat.
Seks is amazing, tapi pastikan kamu melakukannya dengan pasangan halal.
3. Bertanggung jawab atas semua perbuatan, jangan lari dan ambil pelajaran agar tidak kembali salah jalan.
4. Tetap dan selalu lakukan yang terbaik, permata tetap permata meski terhempas ke tumpukan batu
5. Cinta seumur hidup bukan hanya berbekal kasih sayang satu sama lain, kita juga harus memberikan jaminan dan kenyamanan.
6. Menjadi Orangtua yang baik itu tidak mudah, jendral!!!!

Ehem, ini mah kayanya kepanjangan ya, next..

Dimana tempat menonton Drakor 18 Again?

Saya menonton beberapa episode-nya di Viu karena kebetulan saya punya aplikasinya terinstal di HP. Selain melalui Viu, drakor ini juga bisa dinikmati melalui platform streaming iQIYI dan K+ Asia, kurang lebih 24 jam setelah penayangan resminya.

Nah, bagaimana? Kalau menurut saya sih dari sinopsis nya drakor 18 again ini menarik lho, apalagi akting Lee do-hyun disini super kyoooot dan ganteng. Terlebih kalau kamu suka dengan genre romantic comedy fantasy seperti drama korea satu ini. Sekian review-nya, semoga bermanfaat.

Selamat menonton!