Friday, May 17, 2019

Tips Belanja Online di Marketplace untuk Beginner Agar Tidak Tertipu Toko Kaleng-kaleng

Tips Belanja online, tips memilih toko online terpercaya

[Tips Belanja Online di Marketplace Agar Tidak Tertipu Toko Kaleng-kaleng]


Saya hampir nggak pernah kena zonk saat berbelanja di marketplace dari tahun 2012 sampai sekarang. Bangga? Oh, iya donk, soalnya saya kan tinggalnya di kota kecil di Kalimantan dan otodidak dalam hal belanja online. Rasanya bener-bener berasa keren waktu pertama kali bisa belanja online waktu itu. Mana baru lulus SMK, baru bisa kerja dan belanja dari uang sendiri juga, jadi maklumi sajalah, masih rada-rada norak. Ahahaha

Eh, sempat dong kena zonk belanja online, tapi bukan di marketplace, waktu belanja di instagram. Ceritanya waktu itu pengen beli sepatu custome size buat pernikahan Abang saya dan udah mepet banget waktunya sekitar sebulan atau 3 mingguan gitu. Intinya saya kira sepatunya nanti bakalan oke dan datang dalam beberapa hari menjelang hari H.

Dateng barangnya? Oh, dateng... Tapi jahitannya alamakjang parah banget sizenya.... bikin kesel aseli. Orang pesan setara size 10, yang datang malah size 12. Iya kaki saya gede, tapi kok rasanya ini seperti terhina ya karena dilebihin 2 nomor. Badan saya emang melar, tapi gak begini juga kali, bambank! 

(Bambang: Kok lo nyalahin gw? Salah gw apaaaaa)

Yah, intinya saya kapok belanja di Instagram. Itu kali terakhir saya belanja di IG. Cukuplah dua ratus lima puluh ribu melayang, saya udah terlanjur kesel sampai tawaran si seller memperbaiki sepatu 1x saya cuekin dan endingnya si sepatu Aladdin itu berdebu di sudut rumah. Saya suruh suami pun masih longgar sama dia, dan... buat apa juga dia pakai itu iya kan? lol.

Nah, berangkat dari pengalaman buruk itu praktis saya jadi tim marketplace sampai sekarang, saya pernah membeli baju, smartphone, kerudung, tas, dan lain-lain via marketplace dan nggak pernah zonk kena toko kaleng-kaleng dong, kasus sepatu Aladdin nggak pernah terullang meski saya sampe sekarang masih trauma beli sepatu online.

Oke, kali ini saya mau share tips memilih toko online supaya nggak mudah tertipu dalam belanja online:

  1. Lihat Ratingnya, rating tinggi seperti juragan atau star seller berarti toko tersebut sudah diverifikasi dan merupakan toko resmi yang menjual dalam jumlah besar.
  2. Lihat statistik pembelian, biasanya semakin tinggi semakin trusted.
  3. Lihat Komentar yang diberikan oleh buyer (feedback). Meski kadang ada komentar bayaran tapi cara ini bisa mengecek pendapat orang lain.
  4. Lihat foto yang dikirimkan sebagai testimonial (tagged photo), apakah sesuai display?
  5. Periksa forum diskusi, bagaimana cara seller menanggapi calon buyer. Judes atau ramah

Nah, itu dia hal-hal yang saya pastikan sebelum memutuskan checkout dari sebuah marketplace. Memang nggak ada yang bisa memastikan kondisi barang saat sampai nanti sesuai ekspektasi atau nggak. Tapi tips ini bisa kamu pakai kalau kamu masih beginner dalam hal belanja online dan bingung memutuskan belanja dimana. Kalau kamu agak paranoid, bisa juga pilih yang toko yang menyediakan garansi supaya kalau nggak sesuai kamu bisa retur/tukar barang. 

Selamat belanja dan semoga sukses!





Let's be friends on:

1 comment on "Tips Belanja Online di Marketplace untuk Beginner Agar Tidak Tertipu Toko Kaleng-kaleng"

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^