Sabtu, Januari 20, 2018

Mengisi Akhir Tahun Bersama Keluarga di Belitung, Negerinya Laskar Pelangi.

Belitung, liburan ke belitung, laskar pelangi, andrea hirata


“Menarilah dan terus tertawa, walau dunia tak seindah surga... Bersyukurlah pada Yang Kuasa, cinta kita di dunia, selamanya....” Potongan lagu itu tentu sudah akrab di telinga kita. Yup, Laskar Pelangi! Cerita yang penuh dengan nilai-nilai kehidupan satu ini memang terlalu keren untuk dilewatkan. Terlebih buat saya yang seorang pengagum karya-karya Andrea Hirata.

Membaca novel beliau yang bersettingkan pulau Belitung membuat saya ikut-ikutan terbayangkan bagaimana hangatnya suasana disana.

Tunggu, pulau Belitung?

Ya! Pulau cantik yang terletak di barat laut Indonesia ini ternyata bukan hanya menawarkan spot-spot menakjubkan yang menjadi setting cerita Andrea Hirata dan kawan-kawan 43 tahun yang lalu. Tapi lebih jauh, juga memiliki berbagai tempat menarik dan kekayaan kuliner yang siap menggoyang lidah.

Rasanya kalau membaca berbagai cerita traveller yang mampir ke pulau Belitung, saya jadi kepingin memasukkannya ke dalam salah satu list bagian Indonesia yang paling ingin saya kunjungi.

Saya pengen suatu saat nanti mengajak keluarga kecil saya (saat ini sama paksu dan Syuna) untuk pergi kesini. Melihat betapa indahnya  Indonesia dan juga mengajarkan pelajaran berharga dari cerita Laskar pelangi yang menginspirasi dunia. :)

Ah, Belitung memang menarik!

Gimana ya caranya supaya saya bisa kesini?

Pertama-tama. Ya menabung dulu.

Iyaaaa... namanya juga liburan bersama keluarga, kan? Pastinya pengeluaran yang kita gunakan berbeda dengan saat travelling sendirian. Tingkat kerepotan meningkat dan level kesigapan juga mesti naik. Apalagi jika kita mengatur sendiri liburan kita.

Maka, perlu dicatat untuk memiliki keuangan yang cukup. Liburan akhir tahun bisa kita rencanakan dari sekarang, bulan pertama tahun 2018.  Sehingga kita bisa bikin target tabungan dan juga berapa ‘cicilan’ yang harus kita tabung setiap bulan agar target tercapai.


Tempat Wisata di Belitung yang Ingin dikunjungi, Apa Saja?

1. Pantai Tanjung Tinggi

Kalau ngomongin Belitung dan Laskar Pelangi. Rasanya pasti bakalan setuju deh, kalau dari potongan cerita dan filmnya, image kita tentang Belitung adalah pantai yang super cantik dengan hamparan batu granit besar.

Nah, di versi filmnya, Pantai tanjung Tinggi inilah tempatnya!

Disini, selain bisa puas-puas foto untuk menghias feed instagram, saya baca-baca juga tersedia pilihan aktivitas seru lainnya seperti snorkeling, menjelajah dengan kano atau perahu karet, juga bermain dengan jetski yang disewakan khusus.

Alternatif lainnya yang sama-sama pantai cantik adalah Tanjung Pendem yang katanya punya sunset kece. 

Bisa bermain bak Lintang, Mahar, Ikal dan teman-temannya disini yaaa... *mupeng

2.Museum Kata, Andrea Hirata.

Jelas, buat saya yang satu ini tidak boleh ketinggalan!

Museum yang berada di desa lenggang Gantung, Belitung Timur ini merupakan tempat penyimpanan dokumentasi yang berkaitan dengan Laskar Pelangi dan juga hal sastra.

Belitung, liburan ke belitung, laskar pelangi, andrea hirata


Ruangan yang berada di Museum Kata ini juga menggunakan nama tokoh-tokoh yang ada di novel Laskar pelangi. Dan seperti namanya, museum ini didirikan oleh Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi.

3. Replika Sekolah Laskar Pelangi

Ah, rasanya kok baper ya kalau membahas tentang replika sekolah Laskar Pelangi ini?

Saya terharu banget kalau teringat dengan ketulusan seorang guru seperti Ibu Mus yang sabar dan ikhlas mengabdikan dirinya untuk mendidik anak bangsa. Apalagi kalau melihat gambaran bagaimana ruangan kelas tempat cerita itu terjadi yang teramat sangat sederhana seperti yang ada di tempat ini.

Ah, nggak heran lah pokoknya kalau dunia pun bisa terinspirasi dengan Laskar Pelangi. Kalau kamu juga suka dengan Laskar pelangi, maka tempat ini wajib kamu datangi!

4. Pulau Lengkuas.

Di pulau Lengkuas ini terdapat mercusuar kuno setinggi 70 meter yang ikonik. Mercusuar ini dibangun pada masa penjajahan Belanda tahun 1882. Berarti tahun ini usianya sudah 136 tahun ya? 
Waah... Menarik! Berarti bangunan ini bersejarah panjang.

Katanya, kita juga diperbolehkan untuk naik ke atasnya, lho! Ah, kepo kan saya jadinya. Pasti view dari sana cantik banget.

Oh iya, di sekitar pulau yang konon berasal dari pelafalan ‘long house’oleh Belanda yang salah didengar pribumi  menjadi ‘lengkuas’ ini. terdapat gugusan pulau-pulau kecil lainnya seperti Pulau Basir, Pulau Pelayar, Pulau Burong yang bisa katanya bisa disinggahi dalam satu rute. Sehingga sekali jalan tidak akan rugi karena bisa langsung ‘mencicipi’ beberapa pulau.

5. Mie Belitung 'Atep' & Olahan Seafood (Semua tentang makan-makan!)

Seperti biasa, bila sedang jalan-jalan ke daerah pantai maka saya paling tertarik dengan olahan seafood-nya. Saya bisa tutup mata dengan makanan yang lain kalau sudah disodorkan sepiring kepiting besar atau kerang yang mengintip manja. Huhuhu

Tapi, rasanya Mie Belitung 'Atep' ini juga tak salah bila dicoba. Tak lupa juga dengan kopinya. Hehe.. Saya penasaran dengan Kopi Kuli yang katanya antriannya selalu mengular itu. ^^

Meskipun (ngakunya sih) seorang penikmat teh, saya juga sesekali minum kopi supaya melek nggak bobok melulu.

Mewujudkan Rencana Ke Belitung

Ngomongin itinenary emang asik ya?

Tapi lanjut ke bagian gimana caranya kesana deh. Hunting tiket pesawat, hunting hotel, akomodasi selama disana, biaya makan, ngurusin koper, ngurusin oleh-oleh.
Uulala... pusing juga ternyata.

Apalagi soal hunting tiket dan hotel itu. Kadang suka riweuh sendiri karena ngurusinnya mesti nge-cek satu-satu. 

Sebagai mom-hectic, buat saya ini lumayan menghabiskan waktu, tapi tetap harus saya kerjakan sih, karena saya kepengen dapat harga yang paling terjangkau dengan pelayanan yang paling oke oce.

Setelah cek harga tiket pesawat dan hotel sana-sini, akhirnya saya tahu kalau Traveloka sekarang punya pemesanan tiket+hotel dalam satu paket.

Iseng, saya coba saja ngeklik. Gimana sih paketannya?

Ternyata menarik, karena paket pesawat+hotel ini menurut saya lebih mudah digunakan dan juga menghemat waktu dan kuota buat browsing.

Lebih lanjut, bila pesan paket pesawat+hotel ini secara bersamaan, maka harganya akan jatuh lebih hemat daripada memesan terpisah

Hematnya bisa sampai 20% pula.

Aih, Naluri emak-emak bangkit nih denger kata ‘lebih hemat’ disini. Hahaha


Apalagi kalau dihitung-hitung, lumayan kan kalau semisal selisih uangnya dipakai buat nambah-nambahin biaya travelling? Dua-tiga porsi mie Belitung 'Atep' juga lumayan dong :D

Bayarnya juga dipermudah dengan adanya beberapa pilihan. Saya senengnya sih bayar lewat Indomaret aja sekalian beli makanan. Nggak perlu ngacir ke ATM bawa balita. huhuhu

So, buat yang mau berlibur ke Belitung seperti saya, boleh deh pesan paket pesawat hotel Traveloka supaya perjalanannya lebih mudah dan juga lebih hemat.

Apa? Kode promo? Oh, dia nggak perlu kode apa-apa... Jadi bisa langsung dilakukan tanpa menggunakan kode promo apapun. Lebih gampang dan sederhana prosesnya :)

Ah, Belitung... Menulis ini membuat saya rasanya semakin tertarik untuk liburan bersama keluarga kesana. Mengunjungi itinenary sendiri dan menghabiskan quality time bersama-sama. Hmm, mesti menabung dulu nih.


Yuk, persiapkan happy travelling dari sekarang!
22 komentar on "Mengisi Akhir Tahun Bersama Keluarga di Belitung, Negerinya Laskar Pelangi."
  1. semoga mbak, dan keluarga bisa main ke kampung halaman mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampung halaman saya ya di Kalimantan, Mas. :D

      Hapus
    2. :D , kampung halaman saya, maksudnya mbak :p

      Hapus
  2. Impian banget nih Belitung, pengen ke Museum Katanya aku, dan ke pantainya..
    Semoga kesampaian..aamiin..

    BalasHapus
  3. Impian banget nih Belitung, pengen ke Museum Katanya aku, dan ke pantainya..
    Semoga kesampaian..aamiin..

    BalasHapus
  4. Pengen banget nih aku kesini mba semoga ntar bisa sama keluarga hehehe

    BalasHapus
  5. Aku pengen banget ke sini. Pengen membawa anak-anak. Pasti seru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Pastinya seru, apalagi kalau kita satu keluarga :D

      Hapus
  6. Wah kayaknya fbb harus rutin nabung deh biar kopdar nya main ke luar daerah biar seru hihi😂

    BalasHapus
  7. Suatu saat pengen deh liburan kesana. Kok kayaknya seru ya, liat pantainya juga ketjeh banget *ini udah jelas banget hihi dan itu museum katanya bagus banget. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Rim, ini salah satu tempat yang wajib dikunjungi deh pokoknya kalau di Indonesia. Apalagi Museum Kata itu. Huhuhu

      Hapus
  8. Belitung ini salah satu wishlist ku jg mba leha .. mau ke pantai tanjung tinggi itu wkwk Semoga nanti ad rejeki dan waktu yang tepat kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Cantik banget ya, Lis? Beneran bikin ngiler iniiii ��

      Hapus
  9. Belitung sudah masuk dalam daerah traveling impianku yang entah kapan bisa kesana. Yang paling penasaran ya Pantai tanjung tinggi dan pulau lengkuas itu, karena aku pecinta pantai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau ada lumba-lumbanya ya Mbak Ruli :D

      Hapus
  10. Sekarang kalau dengar nama pulau belitung pasti langsung ingat laskar pelangi yaa. Andrea Hirata sukses mengangkat wisata belitong lewat novelnya. Dan emang keren banget tempat-tempat wisatanya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kalau ingat Laskar Pelangi pasti ingat sama Belitung, Mbak Antung. :)

      Hapus
  11. Pengen banget ke Belitung gara-gara nonton film Laskar Pelangi. Pantainya indah banget ya

    BalasHapus

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature