SOCIAL MEDIA

Thursday, August 19, 2021

5 Lagu Favorit Ardhito Pramono


SYUNAMOM.COM | Lagu-lagu bernuansa jazz karya Ardhito Pramono menjadi musik favorit yang paling saya sukai belakangan ini (terutama di pertengahan tahun 2020 hingga awal tahun 2021 ini). Semuanya berawal dari film layar Indonesia berjudul NKCTHI yang merupakan akronim dari kata Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, yang salah satu pengisi soundtrack dan juga aktornya diperankan oleh Ardhito Pramono, atau sering disebut di dunia maya dengan panggilan abang Kale ini. 

5 Lagu Favorit dan Terbaik dari Ardhito Pramono aka Kale


Saat pertama kali mendengar Kale bernyanyi, jujur saja saya sedang berada di fase paling rendah dalam hidup sebagai seorang perempuan dan Ibu. 

Waktu itu, playlist saya isinya lagu-lagu meditasi, lofi, dan jazz yang saya dengarkan dengan niatan untuk menenangkan pikiran yang kalut, karena rasanya seperti tertekan setiap malam dihantui pikiran buruk tentang hari esok. 

Sekarang sih, saya tidak mengalami ini lagi, semuanya sudah berlalu. Namun waktu itu saya berkali-kali berpikir apakah perlu untuk pergi konsultasi ke tempat psikolog karena keadaan mental saya yang sangat lemah dan terlalu rapuh. Saya merasa tidak punya siapa-siapa (meskipun kenyataannya saya dikelilingi oleh orang-orang baik). Tapi, ya begitu, waktu itu rasanya hari-hari saya kelabu seperti katak yang terperangkap di dalam sumur. Saya tidak bisa melihat apa-apa selain berharap pada sedikit cahaya yang saya lihat.

Ada beberapa lagu dari Ardhito yang membantu saya menstabilkan sistem coping yang amburadul. Sengaja saya buat daftarnya, supaya suatu hari nanti saya bisa membaca lagi dan reminder kalau saya sudah melewati whats so called oleh orang-orang, blue days.

Nah, Ini dia daftarnya:


Fine Today




Liriknya enak banget, kayaknya sudah tidak terhitung deh berapa kali saya memutar lagu ini saling seringnya saya buka entah itu di YouTube, Spotify ataupun music player di hp saya (benar, saya sengaja download supaya bisa mendengarkan lagu ini kapan saja). Liriknya menenangkan dan musik yang lembut, paduan yang sempurna. Seolah-olah nada itu mengelus kepala saya dan bilang kalau:
Kita akan baik-baik saja. Semua akan baik-baik saja. 

Waktu itu, saya mendengar lagu ini begitu dalam dan murni. Meskipun sekarang saya sudah mendengar lagu ini tanpa beban seperti waktu itu, tetap saja, lagu ini mengingatkan saya dengan masa itu. Masa-masa saya belajar tentang hidup yang tidak menyenangkan dan bagaimana harus tetap waras. 

What Do You Think About Me 




Jujur, saya menemukan kembali lagu ini berkat Seungyoon X1. 

Siapa sih Seungyoon? 
Nah, yang saya tahu dia ini nama lainnya WOODZ, seorang solois asal Korea Selatan. Lagu ini mendadak tenar di platform musik Korsel, MelOn, gara-gara Seungyoon mengunggah story dengan berlatarkan lagu ini.

Untuk saya sendiri, mendengar lagu ini membuat saya tuh seperti berada di atas kano di tengah telaga yang penuh bunga teratasi sambil disinari cahaya bulan purnama, lagi galau dan bertanya-tanya dalam hati tentang cinta dan perasaan orang yang kita sukai. Huhu. Puitis banget emang ya? Cobain deh kamu denger juga, mungkin kesannya akan berbeda.

Yang jelas, lagunya bertempo pelan, lembut, dan dreamy banget kalau menurut saya, jadinya ya cocok dipakai kalau lagi merasa melankolis dan baper. Benar-benar lagu ini sepertinya diciptakan untuk manusia yang suka overthinking dengan pikiran orang seperti saya.


Bitterlove




This song is reaaally my cup of tea 👏

Saya menyukai lagu ini dari pertama kali mendengarnya. Bahkan sampai tulisan ini terbit di blog, nada dering pesan masuk di smartphone saya masih menggunakan lagu Ardhito satu ini. Yup, bahkan dulu nada dering telepon masuk juga pakai lagu ini, lho. Segitu sukanya dong saya.  😆

Ceria dan catchy, tapi tetap jazzy. Bahkan awalnya saya kira yang bernyanyi itu orang luar, lho. Bagus banget sih nada dan pelafalannya. 

The Message


I've been so depressingly lonely
And I've been floating on the sea 
And you came
Tried to find me
The other things that it could be
Yes, it could be love




Meskipun saya sudah lama melewati usia 21 tahun, tapi tetap ya, lagu ini tuh nyambung dengan frekuensi saya. Lagunya seperti mengajak diri sendiri untuk berdialog tentang rasa sedih dan kesepian yang kita alami. 

Tomorrow I'll make you understand, 
Besok, aku akan membuatmu memahami semua ini. 

Entah gara-gara MV-nya yang menampilkan temaram lampu kemerahan, otak saya jadi ikut-ikutan mengingat lampu minyak / lilin kalau mendengarkan lagu ini. Lagu yang hangat dan menenangkan. Kita semua pasti pernah kesepian dan mencari cinta. Lagu

I Can't Stop Loving You



It's so hard to find the right place
Yeah, I have my life has left
With all the regrets
That makes all the best

Entah bagaimana caranya, saya terkadang bingung kenapa kalau lagu-lagunya Kale ini bisa nyambung sekali dengan hidup atau kondisi yang pernah atau sedang saya alami. Mungkin saya yang menyambung-nyambungkan, tapi buat saya itu tuh nyesss...

$$$

Fun Fact:
#1 Saya lebih dahulu mengenal lagu-lagu Ardhito, lalu melihat cast NKCTHI baru kemudia tahu kalau Kale itu adalah orang yang sama dengan Ardhito. 
#2 Saya menulis blogpost ini sambil mendengarkan lagu Ardhito yang nomor 3.


 


No comments :

Post a Comment

Halo, terimakasih banyak sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^