Sunday, May 19, 2019

Belajar Asyik dan Teratur Melalui Aplikasi Ruang Guru

Belajar untuk saya pernah jadi hal yang sangat menyenangkan, dan pernah juga jadi hal yang sangat menyebalkan. Menyenangkan kalau saya bisa memahami konsepnya secara keseluruhan dan menyebalkan saat saya tidak bisa mengikuti tempo belajar yang cepat dari pengajar. 

Saya sadar kalau saya sepenuhnya tipe slow learner, alias lamban. Selain itu, saya juga tipe introvert sehingga kurang nyaman belajar dengan banyak orang, karena itulah saat saya menghadapi UN SMA dulu, saya lebih memilih privat mata pelajaran Matematika dengan tiga teman saya. Jadi les saya seakan ekslusif karena yang jadi murid cuma bertiga saja.

Padahal? Itu karena kami berempat sama-sama introvert. Ya, betul, guru les saya waktu itu juga introvert. :D

Dulu saya pernah berpikir, alangkah nyamannya kalau di dunia ini bisa ada tutor online. Tutor yang bisa saya jadikan tempat bertanya kapan saja tidak harus menunggu hari tertentu dan durasinya belajarnya bisa mengikuti kemauan saya. (saya waktu itu les jam 8:30 sampai jam 10 malam).

Tapi kalaupun ada, sudah pasti mahal sekali. Iya nggak?


Ruangguru Sebagai Solusi Belajar Masa Kini


Nah, khayalan saya tentang tutor online itu ternyata sekarang sudah hadir. Dan harganya juga lebih besahabat daripada perkiraan saya dulu. Nama tutor online itu (atau lebih tepatnya bimbingan belajar online) adalah Ruangguru.

Ruangguru pastinya bukanlah sebuah hal yang baru kalau kamu berasal dari generasi millennial, apalagi kalau kamu fansnya Iqbaal Ramadhan atau Gitasav, yang merupakan ambassador dari Ruang guru.



Kalau kamu masih belum familiar RuangGuru, sini saya ajak berkenalan dulu deh!


Tentang Ruang Guru


Ruang guru adalah startup Indonesia berbasis edukasi yang didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Ruangguru ini telah berkembang pesat dan menjadi perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. 

Jadi, nggak perlu atau khawatir ya, Insya Allah trusted.

Cara Belajar di Ruangguru 


Untuk bisa belajar di Ruangguru juga menurut saya gampang banget. Kalian cukup masuk ke website Ruangbelajar for dekstop pada gawai atau komputer kalian.

Apa? Komputer?



Yup, RuangGuru ini nggak cuma bisa diakses melalui gadget tapi juga melalui PC atau laptop sehingga mempermudah kita untuk bisa konsentrasi karena nggak ada notifikasi dari aplikasi lain dan layar computer yang lebih lebar pastinya lebih eye friendly, nggak perlu memicingkan mata lagi kalau ada tulisan yang kecil. :D 

Fitur-fitur yang ada di Ruangbelajar for desktop.


Nah, bicara soal fitur, maka di ruangbelajar tersedia 3 macam fitur yang menarik, yaitu:

>> Video Belajar 

Pertama, kita akan diajak belajar dengan fun melalui video belajar beranimasi dan juga pembahasan soal untuk SD, SMP, SMA bersama Master Teacher dengan durasi 10-15 menit.

Nah, kalau kamu termasuk tipe visual sepertinya cara belajar melalui video animasi ini akan sangat cocok denganmu.




>> Latihan Soal dan Pembahasan

Naini! Practice make perfect

Setelah memahami dasar-dasar pelajaran dari video tadi maka kita bisa maju ke step berikutnya dengan mengerjakan soal. Tipe soal yang disediakan disini ada belasan ribu, jadi bisa disesuaikan dengan kemampuan kita, misalnya dari yang mudah dulu deh, baru beranjak menuju soal dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi.

Layaknya tes CPNS, disini nilai juga akan langsung keluar begitu kita selesai mengerjakan. Bedanya, disini juga bisa lihat pembahasannya sehingga kita akan bisa memahami dimana letak kesulitan kita dimana dan bisa langsung memperbaikinya. 



>> Rangkuman/Infografis Modul Bimbel

Misalnya kita sudah selesai nonton video belajar, sudah selesai mengerjakan soal dan melihat pembahasan juga. Kita bisa refresh kembali materi yang sudah dipelajari dengan rangkuman yang bisa di download. Jadi pelajaran bisa lebih ‘nempel’ di otak. 


***


Ah, gimana? menarik sekali bukan si Ruangbelajar ini? 

Seandainya dulu sudah ada ruangguru maka saya mungkin akan memilih belajar disini saja karena fitur yang ditawarkan begitu menarik. Saya nggak perlu belajar sampai larut malam di luar dan bisa belajar asyik serta teratur dengan memanfaatkan gadget. 

Menurut saya, ruang guru bisa menjadi solusi belajar untuk anak yang introvert, kalaupun tidak introvert, pada dasarnya fitur di ruangguru sangat mempermudah untuk memahami pelajaran, jadi aplikasi ini sebenarnya cocok untuk semua pelajar SD-SMP-SMA. Jadi nggak ada alasan lagi, daripada main pabji seharian di gadget, lebih baik kita manfaatkan teknologi itu untuk belajar untuk masa depan yang lebih gemilang.

Setuju atau setuju banget?



13 comments on "Belajar Asyik dan Teratur Melalui Aplikasi Ruang Guru"
  1. aplikasi ini memang trobosan dunia pendidikan yang keren banget. selain memudahkan anak dalam belajar, tapi juga membantu ortu memangkas biasa les. semoga aplikasi ini kedepannya bisa terus berinovasi menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Senangnya karena aekarang ruang guru bisa di akses pakai laptop dan pc jadi nggak repot rebutan hp sama di kecil.

    ReplyDelete
  3. bagi pelajar visual, aplikasi ruang guru sangat membantu. Dulu, kalau di sekolah, kadang belajar merasa bosan dengan sistemnya yang itu-itu aja. Skrg kalau mau belajar nggak membosankan sdh ada. Salah satunya app Ruang Guru. Aq aja udh bukan pljr suka banget app ini

    ReplyDelete
  4. love banget sama ruangguru pokoknya.
    andai ku masih jadi siswa, kayanya bakalan enjoy belajar dengan ruangguru hehe


    salam,
    rizkyashya.com

    ReplyDelete
  5. Seandainya dari dulu yaa ada ruang guru, aku tuh termasuk yg gak bisa nyerap pelajaran tanpa penjelasan yg santai soalnya. Hiks

    ReplyDelete
  6. Setidaknya dengan adanya aplikasi les online kaya gini, jadi gak perlu capek2 keluar rumah lagi.

    ReplyDelete
  7. ruang guru membantu banget untuk belajar tambahan tanpa harus keluar rumah jauh-jauh. mantap pokoknya.

    ReplyDelete
  8. Menarik banget sih aplikasi ruang guru ini, sayangnya dulu zaman aku sekolah belum kenal aplikasi ini :(

    Padahal fiturnya keren-keren banget dan sangat membantu dalam belajar.

    ReplyDelete
  9. Belajar di Ruangguru bs teratur jd nya ya Mba. Anak2 jg jd terarah belajarnya. Selain dpt ilmu dr guru, mereka jg dpt tambahan informasi dr ruangguru.

    ReplyDelete
  10. Fitur-fitur aplikasi ruang guru ini lengkap jg ya, cocok untuk orang yg ga punya waktu kluar rumah,kapan pun dan dimanapun! Seandainya dlu sdh ada, mngkin jadi lebih mudah belajar :D

    ReplyDelete
  11. Aplikasi ini benar benar lgi booming ya di kalangan siswa. Buat yang sulit memahami pelajaran disekolah bisa nih belajar di ruang guru. Selain itu juga waktunnya bebas, maksud nya mau kita akses kapan aja bisa . Hal paling menyenangkan bisa download materi belajar lagi. Andai masih bisa menikmati ini buat masa sekolah ku. Ku ingin mencoba nya hehe

    ReplyDelete
  12. Bagus nih apl ruang guru buat siswa millenials zaman now ya mba. Kayaknya si pica pas sd ini aku downloadkan ruang guru jg nih. Krn kdg emaknya jg bngng mau ngajarin apa.

    ReplyDelete
  13. Aku kayaknya enak di depan laptop deh jadi kek benar-benar berasa belajar banget ketimbang di hp tp dihp jg jadi lebih enak sih bisa sambil baring-baring dpt ilmu. Hehe

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^