EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi
EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Bagian dari Komunitas:

Bookmark

Wisata Keluarga ke Malang? Jangan Lupa Mampir 9 Spot Wisata Malang yang Budget Friendly ini!

Assalamu'alaikum. Salam Ngalam, rek!

Bicara tentang kota Malang, maka kota Pelajar di Jawa Timur ini tidak diragukan lagi memiliki banyak lokasi wisata yang ramah anak, sebut saja diantaranya Museum Angkut dan Jatim Park. Saya yakin teman-teman pasti sudah pernah mendengar nama-nama itu sebelumnya, bener nggak? Dua tempat itu merupakan lokasi eduwisata yang sangat popular di Malang. Selain tempat itu, ada juga lokasi eduwisata lainnya seperti Eco Green Park, Museum Satwa, atau The Bagong Adventure Human Body Museum yang tak kalah cemerlang. Semuanya cocok dikunjungi jika ingin berwisata sambil belajar bersama si kecil. 

Kalau menilik keunikan kota Malang sendiri, menurut saya wisata keluarga ke Malang itu paket lengkap! Selain menawarkan sisi perkotaan yang modern, Malang juga tetap mempertahankan sisi kebudayaannya yang kental. Dipadukan dengan keindahan alamnya yang asri dan kuliner yang memanjakan lidah. Kota Malang itu pas banget buat berpetualang mengisi liburan keluarga.

2018 lalu, saya sekeluarga kerap kali mengisi liburan dengan jalan-jalan di Malang. Saya mendatangi tempat-tempat yang ramah kantong bersama Babanuy dan juga Nuy. Yup, family trip naik motor bertiga dengan membawa kotak bekal makanan. Nah, dari pengalaman waktu itu, kali ini saya mencoba menuliskan wisata budget friendly di Malang. Saya sebut budget friendly alias ramah kantong karena per lokasi biayanya dibawah seratus ribu, bahkan ada beberapa yang bisa cuma modal parkir kalau sudah bawa bekal makanan dari rumah sebelumnya. Hehe. 😄

Nah, Penasaran dimana saja? simak sampai habis ya!

1. | Taman Langit Gunung Banyak




Nuy dan Abah berpose ala-ala.



Kalau si kecil suka dengan dataran tinggi yang punya pemandangan yang imajinatif, maka tempat ini adalah lokasi yang perfect! Selain hijaunya pepohonan dan hamparan bunga warna-warni. Banyak spot artistik yang dibangun di lokasi ini. Rasanya seperti masuk ke dunia fantasi, setiap sudut  terlalu sayang untuk dilewatkan karena instagramable buanget.  Cocok lah sama namanya, Taman Langit ^^

Lokasi wisata alam satu ini sebenarnya lumayan terjal karena berada di kawasan pegunungan, namun berkat banyaknya karya yang dihamparkan disepanjang jalan, jadinya tuh ya nggak berasa. Cekrek sana-sini, eh, tahu-tahu udah sampai aja di puncak Taman Langit. Banyak distraksi menarik bagi anak-anak disini. Nuy bahkan nggak mau digendong karena asyik bereksplorasi lho. 😁

Asyik menghitung daun sambil main loncat-loncatan. 

Kalau kebetulan berencana kesini, saran saya jangan lupa untuk membawa air minum sendiri, karena saat memasuki area Taman Langit maka sudah tidak ada lagi pedagang yang berjualan. Meskipun saat keluar dari lokasi nanti di  ada beberapa kedai minuman, toh  tak ada salahnya menyediakan air sendiri agar tidak kehausan selama di perjalanan. 

Kalau ada sampah juga usahakan untuk dibuang ke tempat yang seharusnya ya. 😊

2. | Taman Paralayang


Sumber: Malang Guidance

Sama-sama Taman, tapi tidak seperti Taman Langit yang seru untuk berpetualang menikmati alam. Taman yang satu ini lebih cocok untuk bersantai bersama keluarga, atau sekalian melepaskan hormon adrenalin dengan ikut olahraga paralayang / paragliding. 

Apakah anak-anak boleh ikut naik paralayang? Oh, boleh! Dengan syarat usia minimal 14 tahun dan sebelum naik paragliding mendapatkan persetujuan orang tua terlebih dahulu. So, hayuk yang punya anak remaja bisa ikut ini nih! Kalau ada budget berlebih bisa langsung dijajal. Kalau nggak, jadi penonton pun tak apa kok. Saya pun jadi penonton doang kok pas dolan kesini.  😁

Nah, untuk jam kerja disini khusus untuk paragliding, pelayanannya dibuka mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore, tergantung dengan cuaca apakah berkabut atau tidak. Sedangkan untuk  Taman Paralayang-nya sendiri buka full 24 jam sehari, sehingga memungkinkan pengunjung untuk melihat indahnya gemerlap pemandangan malam kota Batu dari ketinggian 1.326 mdpl. Katanya nih, Sunrise-nye pun juga tak kalah indah kalau dilihat dari atas puncak Paralayang. 


Ah, saya belum pernah melihat jadi penasaran sendiri nih! 😆

3. | Omah Kayu


Pintu masuk Omah kayu dan taman langit 

Harga Tiket: Rp. 5.000/orang
Jam Buka: 09.00–17.00 WIB
Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65312

Nah, seperti namanya, Omah Kayu ini adalah rumah kayu pilihan yang terletak ditengah rindangnya pepohonan (house tree), karena unik, Omah Kayu cocok sebagai tempat mengambil foto bersama keluarga kecil. 

Kalau berjalan-jalan kesini pastikan memakai alas kaki yang anti slip dan pilih waktu dimana hari tidak hujan supaya jalanan tidak terlalu licin. ^^

4. | Alun-Alun Kota Malang



Nah, ini dia spot universal yang semua bebas masuk alias free! 😁

Alun-alun Kota Malang ini memiliki sejumlah birds cage yang dihuni ratusan burung dara jinak yang sering berunteraksi dengan pengunjung. Mama dan Abah bisa santai duduk didekat pepohonan sambil mengawasi anak-anak bermain dengan para burung.

 Lokasinya dikelilingi dengan pohon besar yang menambah santai untuk sejenak melepaskan penat. Ada juga spot permainan anak di sudut Alun-alun ini. 

5. | Batu Flower Park [Coban Rais]




Pengen berfoto dengan latar belakang hijaunya lereng gunung a la Bandung? Nggak perlu jauh-jauh berangkat kesana, di Malang juga bisa lho, sepaket pula dengan bunga-bunga yang segar. Batu Flower Park adalah lokasi yang tepat. 

Disini, selain mengasyikkan untuk berfoto bersama, kalau liburan bersama anak cewek pastinya si anak excited karena seperti namanya, Batu Flower Park  ini dihiasi dengan hamparan bebungaan. 😆

So lovely



Kalau ingin mendatangi destinasi yang sedikit lebih menantang, tinggal belok dan masuk sedikit lebih dalam menuju Coban Rais, si air terjun indah di tengah hijau pemandangan hutan. Keduanya berada di satu jalur yang sama, bedanya kalau mau ke Batu Flower Garden belok kesebelah kiri,  sedangkan jika ingin ke Coban Rais bisa belok ke sebelah kanan. 


6. | Alun-Alun Kota Batu


Hampir sama dengan Alun-alun Kota Malang,  kalau mampir kesini bisa bermodalkan bayar parkir kalau bepergian dengan kendaraan pribadi. 

Tapi, di malam hari pesona Alun-alun kota Batu menurut saya terlalu sayang kalau hanya untuk nongkrong saja. Tak ada salahnya kalau sekalian disini mengajak keluarga untuk mencicipi ragam kuliner khas Batu seperti ketan susu, sate kelinci, dan masih banyak lagi. Wahana permainan pun juga banyak disediakan disini. Nah, biaya ekstra cuma bagian kuliner dan wahana ya ^^

Oh iya, disini juga ada sering ada cosplay lho. Boleh deh diajak foto-foto kalau berani, soalnya banyak cosplay setan 😁

7. | Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field



Batu memang terkenal dengan olahan sate kelincinya yang lezat, tapi kesampingkan dulu soal kuliner, karena di Taman Kelinci ini kita akan diajak bermain oleh sekumpulan kelinci lucu yang lincah berlarian di taman. 

Bermain dengan kelinci disini bisa mengajarkan anak untuk menjadi lebih sayang dan memperhatikan lingkungan sekitar. 


8. | Taman Strawberry Pujon



Tadinya saya kira kebun strawberry hanya bisa dimasuki jika mengikuti tour petik buah, Tapi ternyata tidak juga. Kalau kita berkunjung ke Taman Strawberry yang berlokasi di Pujon, Batu ini, kita bisa melihat langsung bagaimana tanaman strawberry di lapangan. 

Bagaimana caranya tumbuh, berbunga, prosesnya menjadi buah strawberry yang matang, dan (kalau beruntung) kita juga berkesempatan untuk memanen buahnya. Wah, seru sekali kan? Anak-anak pasti senang  😆🍓


Oh iya, dengan harga tiket masuk yang sudah dibayar, kita juga sudah berhak mendapatkan satu kemasan kecil berisi buah strawberry matang yang siap disantap. Yummy

9. | Taman Bunga Selecta, Batu.




Taman bunga seluas 18 hektar yang dibangun sejak zamannya Belanda di tahun 1982 ini bukan sekedar taman bunga biasa. Selecta memiliki nilai historis yang istimewa, diantaranya adalah menjadi lokasi Bung Karno dan para tokoh nasional menyusun ide perjuangan sebelum teks proklamasi lahir. Penyusunan itu dilakukan di Taman Selecta, tepatnya di Villa Brandarice atau yang sekarang lebih dikenal dengan Villa Bima Sakti.


Saya sukaaa banget tempat ini, gara-gara dulu waktu study tour SMK  gagal mampir kesini, sekarang bisa kesini bareng keluarga itu rasanya bahagia aja gitu. Langsung nerasa tua. 


🌿🌿🌿


Nah, bagaimana? Apakah teman-teman ada rencana jalan-jalan wisata bareng keluarga ke Malang juga? Kalau ada semoga daftar spot wisata diatas bisa bermanfaat ya! ^^ Penjelasan lebih rinci terkait lokasi wisata diatas bisa teman-teman cari di tag "Malang". 😊

Next, seusai menentukan itinenary, saatnya mempersiapkan akomodasi untuk menuju kota Malang. Jika teman-teman memutuskan untuk mencari tiket pesawat ke Malang, maka pastinya di musim harga tiket melambung seperti sekarang tiketpesawat murah adalah hal yang dicari-cari. Hehe.

Tenang, kamu nggak sendirian kok, wong saya juga! 😂

Karena itulah, untuk rencana ke Malang sekeluarga akhir tahun ini, saya sudah melakukan survei harga tiket melalui situs Pegipegi. Kalau kondisi memungkinkan, saya berencana untuk langsung melakukan perjalanan dari bandara Syamsyuddin Noor Banjarmasin menuju bandara Abdul Rachman Saleh Malang. Supaya lebih hemat waktu dan tenaga juga.

Kalau kalian mau ngecek harga dan rute yang tersedia, kalian bisa langsung menuju Situs Pegipegi atau install aplikasinya yang bisa diunduh gratis melalui Playstore. ^^

Nah, sekian dulu, semoga bermanfaat untuk yang sedang bersiap wisata keluarga ke Malang.



Happy travelling!
33 comments

33 comments

Halo, terimakasih banyak sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^
  • sumiyati sapriasih
    sumiyati sapriasih
    Tuesday, 16 April, 2019
    Ah, saya penasaran nih dengan omah kayu, terima kasih infonya kakak
    Reply
  • Jeanette Agatha
    Jeanette Agatha
    Monday, 15 April, 2019
    aku juga lagi merencanakan liburan bersama keluarga ke Malang. Karena penasaran banget sama kota ini :)
    Reply
  • antung apriana
    antung apriana
    Monday, 15 April, 2019
    Malang ini memang nggak ada habisnya yaa buat dijelajahi. semoga nanti aku juga bisa jalan-jalan ke Malang sama keluarga
    Reply
  • Irra
    Irra
    Monday, 15 April, 2019
    Tempat wisatanya bagus bagus ya di malang. Jadi pengen main ke malang. Belum pernah nih aku..
    Reply
  • Meriska Putri
    Meriska Putri
    Monday, 15 April, 2019
    Paralayang dulu tempat andalan kalau bingung mau jalan-jalan ke mana entah sama temen atau pacar. Rajin banget dulu nyambangi paralayang, tapi sekarang ogah. Paralayang sudah berubah jadi rame dan gak alami lagi, huhu.
    Reply
  • Ade UFi
    Ade UFi
    Monday, 15 April, 2019
    Wah, noted nih. Paa banget emang lg cari liburan ke malang. Mau jajal naik kereta xixixi
    Reply
  • Utie Adnu
    Utie Adnu
    Saturday, 13 April, 2019
    Dulun Malang awal2 lulusan kuliah gitu dH lama bngt dn cuman k Batu Aja sekarang lbih bnyk ya bisa explore ke mana2
    Reply
  • Renidwiastuti
    Renidwiastuti
    Saturday, 13 April, 2019
    Malang juga salah satu kota favorit aku, bulan kemarin juga habis dari Selecta, seneng deh berwisata rame-rame di Batu Malang, udaranya yang sejuk membikin betah deh
    Reply
  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Saturday, 13 April, 2019
    Pas banget, rencana akhir bulan aku mau ke Malanh nih jadi ada referensi buat nanti jalan-jalan selama ada disana. Makasih ya mbak.
    Reply
  • Ika Maya Susanti
    Ika Maya Susanti
    Saturday, 13 April, 2019
    Duh kapan ya bisa main ke Batu dan Malang lagi. Sejak lulus kuliah nggak pernah ke sana lagi. Padahal makin banyak aja tempat bagus dan keren di sana.
    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai
    Jalan-Jalan KeNai
    Friday, 12 April, 2019
    Saya terakhir ke Malang sekian tahun yang lalu. Kurang lama waktu ke sana. Ternyata banyak tempat wisata di Malang yang seru
    Reply
  • Mporatne
    Mporatne
    Friday, 12 April, 2019
    Wah harga tiket memang budget Friendly ya. Anak senang dan orang tua bisa melepaskan stress . Hubungan keluarga jadi makin dekat nih
    Reply
  • Ludyah Annisah
    Ludyah Annisah
    Friday, 12 April, 2019
    Duh, mba ini tempati tempat nya menarik banget plus instagramable pula. Btw, aku belum pernah ke Malang, dan bisa jadi refrensi yang oke nih pas main kesana. Apalagi low budget hehe
    Reply
  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni
    Friday, 12 April, 2019
    Pertama dan terakhir kali ke malang tahun 20152itupun ke BNS ajaaah huhu ngerasa kurang maksimal di malang
    Reply
  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com
    Thursday, 11 April, 2019
    Alun-alun Malang selalu jadi destinasi utama kami nih kalau lagi ke Malang.
    Yang lainnya jarang sih hehehe

    Taman langit gunung Banyak juga udah pernah, jadi ingat pas ke sini seminggu lagi mau lahiran, hamil gede malah naik gunung hahahah

    Auto intip Pegipegi deh buat ngecek promo haha
    Reply
  • Natrarahmani
    Natrarahmani
    Thursday, 11 April, 2019
    Malang dengan sejuta pesonanya, dulu ketika kuliah d bandung aku gak kepikiran buat ke malang padahal bisa naik kereta api. Sekarang kalo dari medan mahal banget tiketnya
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    Thursday, 11 April, 2019
    Tahun 80 90 na kalau main monopoli ada lokasi wisata Selecta yang selalu jadi tempat favorit. Sampai sekarang blm kesampaian juga menginjakkan kaki di sana. Ditambah ada museum angkut dan Jatim Park wah makin pengen deh melancong ke Malang
    Reply
  • Dwi Arumantikawati
    Dwi Arumantikawati
    Thursday, 11 April, 2019
    Whaa banyak tempat yg belum aku kunjungi nih waktu liburan ke Malang tahun lalu. Jadi pengen lagi ke Malang.
    Reply
  • Aminnatul Widyana
    Aminnatul Widyana
    Thursday, 11 April, 2019
    Sudah lama banget Aku nggak mudik ke Malang baca postingan ini jadi pengen mudik ke Malang deh. Tapi kapan ya masih belum tahu waktunya yang tepat
    Reply
  • zahra
    zahra
    Monday, 01 April, 2019
    kalo ke coban rais lbh seru ke air terjunnya lho. lbh menantang, jalannya liku2. tapi kalo bawa anak ya siap2 capek dobel karena harus gendong haha
    Reply
  • Ivonie
    Ivonie
    Friday, 29 March, 2019
    Ada beberapa tempat yang belum kukunjungi nih, kecuali coban rais belum tertarik hehe
    Reply
  • Erny Kusumawaty
    Erny Kusumawaty
    Wednesday, 27 March, 2019
    Setuju mb Malang memiliki wisata yg ramah anak. Thx infonya ya mba...
    Reply
  • Sriw_sw
    Sriw_sw
    Wednesday, 27 March, 2019
    Malang ini kota nya ngangenin banget Dan makin beragam Wisata nya. jadi semangat nabung buat ke malang hho
    Reply
  • Aswinda Utari
    Aswinda Utari
    Wednesday, 27 March, 2019
    Aku baru tau mba sejarah di Selecta itu.. Jd begitu ya ceritanya. Tempat2nya keceh2 nih. Jujur nih satupun blm ad ug pernah didatengin. Haha
    Reply
  • utari ninghadiyati
    utari ninghadiyati
    Tuesday, 26 March, 2019
    Suka sama bukit paralayangnya. Lihat lampu dikejauhan itu sesuatu banget. Kebayang duduk di sana sambil ngeteh plus ngobrol. Asyik banget.
    Reply
  • Ruli retno
    Ruli retno
    Tuesday, 26 March, 2019
    Kayanya semuanya aku belom hahaha.. Kecuali yg alun2 doank. Duh jadi pengen ke malang lagi. yg lowbudget aja banyak apalagi yg mid budget yak.. Hihi
    Reply
  • Lidya Basrindu
    Lidya Basrindu
    Tuesday, 26 March, 2019
    Dari 9 spot wisata di atas, cuma pernah ke selecta aja pas ke Malang.
    Mau nanya mom, untuk kisaran biaya liburan naik motor di sana berapa ya? Asik juga nih kalau nanti liburan sama suami dan anak jalan-jqlan keliling naik motor juga hihi
    Reply
  • Fauziah
    Fauziah
    Monday, 25 March, 2019
    Non1, 2, dan 8 belum pernah..
    Semoga segera..
    Makasih rekomendasinya
    Reply
  • Larasitha
    Larasitha
    Monday, 25 March, 2019
    Wisata Malang ngga pernah abis :' tapi waktunya yg selalu abis wkwkw
    Reply
  • Vivian Wahab
    Vivian Wahab
    Sunday, 24 March, 2019
    Tambahin satu lagi mom biar 11, hehe.
    Cafe sawah asyik juga loh..
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    Sunday, 24 March, 2019
    Tempat wisata di Batu emang banyak banget. Kalau dikunjungi semua, kayanya bakal butuh waktu sampai seminggu. Belum lagi di wilayah malang raya lainnya hehehe
    Btw, meskipun aku asli Malang, belum semua tempat itu aku kunjungi...
    Reply
  • Nanik Nara
    Nanik Nara
    Sunday, 24 March, 2019
    Alun-alun itu masih jadi destinasi favorit bagi anak-anak. Bisa bebas lari-lari mengejar burung. Kalau capek lanjut jajan es krim hehe...
    Reply
  • sri sekartadji
    sri sekartadji
    Saturday, 23 March, 2019
    Wikk, ternyata masih banyak tempat pelesir di Malang yang belum saya kunjungi. Apik2 mb. Terimakasih infonya ya.
    Reply