Friday, February 01, 2019

10 Tips Untuk Melangsungkan Pernikahan



Menikah itu ibadah, jadi bagi anda yang akan menikah harus meluruskan niat terlebih dahulu bahwa pernikahan ini semata-mata hanya untuk melaksanakan perintah Alloh SWT serta mengikuti Sunnah Rossul. Karena menikah ini suatu momen yang sangat sakral dan besar bagi seseorang, karena mungkin pernikahan ini hanya akan dilakukan sekali dalam seumur hidupnya, tentunya momen pernikahannya tersebut ingin dirayakan dengan sangat berkesan. 

Hal inilah yang membuat seseorang yang akan menikah, terutama bagi perempuan yang biasanya sangat detail dalam memikirkan persiapan acara pernikahannya. Oleh karena itu dalam tulisan kali ini akan mencoba untuk memberikan beberapa tips untuk persiapan pernikahan sebagai berikut :

1. Diskusikan Dengan Keluarga



Pada saat anda memutuskan akan segera menikah, maka sebaiknya anda segera mendiskusikan niat tersebut dengan keluarga. Dalam hal ini tidak ada salahnya anda untuk berkata jujur soal anggaran yang anda beserta pasangan miliki. Dengan begitu siapa tahu ada yang bisa membantu untuk mencari solusinya, misalnya ada salah anggota keluarga anda yang memiliki kenalan seorang fotografer, pembuat kartu undangan, katering, dan lain sebagainya. Yang semua itu tentunya bisa memudahkan dan menghemat budget anda.


2. Buat Daftar Harga Dan Anggaran Biaya



Dalam hal ini anda bisa membuat daftar harga dan anggaran biaya supaya anda bisa lebih fleksibel dalam memilih barang apa saja yang dibutuhkan untuk keperluan pernikahan nanti. Tentunya anda juga tidak boleh memaksakan diri untuk membeli barang-barang yang sifatnya hanya sebagai pelengkap.


3. Tentukan Lokasi Pernikahan



Jika anda akan melangsungkan acara pernikahannya di rumah, tentunya anda bisa menghemat biaya untuk sewa gedung. Akan tetapi jika anda akan mengadakan acara pernikahan di gedung, supaya tidak boros dan menghemat biaya maka sebaiknya anda memilih gedung yang sesuai dengan kapasitas jumlah undangan.


4. Tentukan Jumlah Undangan



Dalam hal ini anda harus memikirkan orang-orang yang diharapkan untuk hadir di pesta pernikahan anda nanti. Karena jika anda hanya akan mengundang keluarga serta sahabat-sahabat dekat saja, katering bisa dilakukan sendiri atau melibatkan keluarga dan para sahabat dekat.


5. Lakukan Acara Prosesi Pernikahan Dalam Satu Hari Saja



Sebaiknya anda melakukan acara prosesi pernikahan dalam satu hari saja. Dimana anda bisa melakukan akda nikah dan resepsi pernikahan pada jam yang berurutan supaya bisa menghemat waktu dan biaya.


6. Beli Bahan Untuk Baju Pernikahan Pada Bulan Maret Dan Juni



Hal ini dilakukan karena pada bulan Maret dan Juni biasanya harga bahan sedang turun. Dan hindari membeli bahan-bahan menjelang hari raya atau hari besar karena pada saat itu harga-harga sedang naik.


7. Pilih Persiapan Pernikahan Dalam Bentuk Paket



Pada saat anda akan menyewa gedung, biasanya mereka akan menawarkan berbagai paket sewa yang anda bisa pilih. Untuk itu sebaiknya anda memilih paket sewa yang sudah mencakup photo, dekorasi, katering, hiburan, bahu penganti, tata rias, danlain sebagainya. Dengan begitu anda bisa menghemat waktu, karena semuanya sudah tertangani.


8. Libatkan Semua Keluarga Dan Sahabat Dekat 



Untuk memeriahkan acara pernikahan, maka anda bisa meminta keluarga dan sahabat dekat untuk bernyanyi pada saat acara resepsi pernikahan digelar. Hal ini dilakukan, selain supaya lebih akrab, juga bisa menghemat biaya anda untuk pengisi acara.


9. Buat Kartu Undangan Yang Unik Dan Menarik



Dalam hal ini sebaiknya anda dan pasangan untuk meluangkan waktu jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan untuk membuat contoh undangan pernikahan yang unik dan menarik. Misalnya, anda bisa menyebarkan undangan dengan memanfaatkan media sosial, dan lain sebagainya.


10. Buat Souvenir Yang Unik



Sama halnya dengan undangan, anda juga bisa membuat sendiri souvenir yang unik. Untuk membuat souvenir tersebut, anda bisa mencarinya di internet.


Itulah beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum mengadakan acara pesta pernikahan.
4 comments on "10 Tips Untuk Melangsungkan Pernikahan"
  1. Satu hal lagi mom,
    Test Kesehatan untuk Uji Lab TPHA dan VDRL.

    Karena hal ini berkaitan dengan kelangsungan hidup bersama dan keturunan.

    ReplyDelete
  2. Keren ni ...smg ulasannya bermanfaat buat tmn2 yg mau nikah ya. Bisa jdi acuan mba...thx...

    ReplyDelete
  3. Waaaah langsung aku bookmark aah :D

    ReplyDelete
  4. Tipsnya, okey juga. Saya dulu nikah, apa kata ortu. He. Haduw.

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature