EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Report Abuse

My Skincare Routine Untuk Kulit Kering, Simpel, Murah dan Mudah Didapat!


Sekali-sekali ngomongin skincare boleh ya? Saya udah gatel banget pengen nulis ini sejak beberapa bulan yang lalu. Yep, kali ini saya mau sharing soal perawatan kulit saya yang belakangan kasar banget karena diabaikan. 

Saya orangnya nggak rajin pakai skincare, meskipun cinta banget ngeliat supple skin Melodee Morita dan menikmati setiap vlog di YouTube soal step by step pakai skincare ber layer-layer a la Korea. Tapi saya merasa kalau saya nggak cocok pakai itu semua. 

Alasannya sederhana: karena saya nggak telaten. Jadi, saya memutuskan untuk menggunakan skincare sesimpel mungkin agar tidak memberatkan saya.

Sedikit informasi, Kulit saya kering, dan menjadi semakin kering saat masih beradaptasi dengan perubahan cuaca antara Kalimantan yang lembab dan hangat serta Malang yang dingin dan kering beberapa waktu yang lalu. 

Kulit busik, whitehead bertebaran. Dan yang keselnya itu, ada peradangan yang bikin merah-merah di beberapa titik muka. Syukurnya, masalah-masalah itu mereda setelah saya kembali stay beberapa bulan di Kalimantan.

Saya senang dengan sesuatu yang minimalis, jadi skincare routine yang saya terapkan belakangan juga menganut sistem sederhana. Alias yang basic-basic aja.

My Skincare Routine Untuk Kulit Kering, Simpel, Murah dan Mudah Didapat!
***

#1. | CLEANSING

Tahap pertama yakni cleansing alias bersih-bersih. Kegiatan bersih-bersih di tahap ini mencakup beberapa tahapan sesuai dengan waktu dan keperluan

Ritual cleansing saya mencakup 2 hal:

1. Menggunakan Milk cleanser atau Micellar water untuk membersihkan make up.

2. Cuci muka menggunakan face wash yang non SLS agar kulit nggak tambah kering kerontang.

Saat ini saya menggunakan soap bar dari Halwey varian Charcoal dan juga soap bar tamanu dari Segara Naturals. 

Sebelumnya saya juga pernah pakai Jasa Labo Gokujyun facewash. Kandungan hyalorunic acidnya emang nggak bikin kulit waktu dicuci jadi ada sensasi ketarik seperti beberapa facewash lainnya, dia juga nggak punya pewangi dan pewarna. 

Ketiganya oke dan cukup membantu, tapi beberapa hari ini saya lebih banyak menggunakan soap bar Tamanu dari Segara Naturals. 

#2. | MOISTURIZER

Kering... Kering... Kering...

3 kata itu adalah keadaan kulit beberapa minggu yang lalu. Saking kering dan busiknya, saat saya menggunakan bedak, maka akan terlihat seperti tidak menyatu dengan kulit (cracky) . Pakai foundation, BB cream, CC cream, juga jadinya cracky. Bikin sedih 💔

Saat ini, saya menggunakan moistuizer dari Hadalabo Toner dan juga Nivea creme. Hadalabo Toner adalah salah satu toner yang paling sering saya repurchase karena efeknya pada kulit saya sangat baik. 

#3. | PEELING (EKSFOLIATING)

Saya sempat menggunakan Hadalabo Tamagohada exfoliating toner, namun hasilnya tidak terlalu signifikan sehingga saya stop penggunaannya. 

Saat ini saya lebih memilih exfoliating dengan soap bar tamanu (karena ada serat-serat di sabunnya) dan juga seminggu sekali menggunakan bubuk kopi yang saya tambahkan minyak kelapa. 

Saya masih mencari Exfoliating Toner yang cocok dengan kulit saya. Sepertinya mau coba yang share in jar dulu agar tidak sia-sia. 

Fun fact: Sel kulit mati ini tidak bisa keangkat hanya dengan cleanser biasa. Kalau sisa kulit mati tidak diangkat dengan baik, maka mereka akan menutup pori-pori dan pada akhirnya akan menyebabkan jerawat, komedo, bahkan breakouts.

#4. | MASK

Saya pakai masker lokal yang ada di pasar Tradisional, seperti pupur basah. Hemat dan juga membantu pedagang lokal. 

#5. | TONER 

Toner ada dua: 

1. Exfoliating Toner. Saya tidak menggunakan ini karena sedang coba-coba menggunakan Somethinc AHA BHA dalam kemasan share in jar. 

2. Hydrating. Saya menggunakan Hadalabo Gokujyon Lotion yang efeknya seperti Toner. Selain itu saya juga menggunakan Sensatia Botanical Neroli toner. 


#6. | DAY CREAM & NIGHT CREAM 


Saya menggunakan Halwey karena rasanya sudah cocok. Entah kenapa saya lebih sering menggunakan krim pagi-nya daripada malamnya. Padahal efektivitas krim malamnya juga sangat bagus. Bikin lembab!


#7. | SUNBLOCK 

Saya menggunakan Sunblock dari Emina. Pertimbangan saya sederhana saja: Mudah didapat, harganya murah, dan halal. Nggak neko-neko. 3 poin itu sudah cukup membuat saya percaya dengan emina sunblock ini. 

***

Sementara ini, regime diatas itu adalah skincare Routine saya yang merupakan pemilik Kulit Kering, cukup Simpel bukan? Produknya juga Murah dan Mudah Didapat pastinya. 

Selamat pakai skincare



Related Posts
Zulaeha Achmad
Blessed Wife & Mother. Blogger. Podcaster. Tea Drinker. Devoted Manhwa Reader.

Related Posts

Post a Comment