Thursday, December 26, 2013

Monosodium Glutamat dan 20 Nama Alias.

1.    Autolyzed yeast
2.    Autolyzed yeast protein
3.    Calcium glutamate
4.    Carrageenan
5.    Glutamate
6.    Glutamic acid
7.    Hydrolyzed corn
8.    Yeast food
9.    Yeast extract
10. Magnesium glutamate
11. Monoammonium glutamate
12. Monopotassium glutamate
13. Perasa alami
14. Pectin
15. Sodium caseinate
16. Soy isolate
17. Soy sauce
18. Textured protein
19. Vegetable extract
20. Kandungan hydrolyzed fortifikasi protein, ultra-pasteurized fermentasi, modifikasi enzim.

[Resume] Materi Undang-Undang Kesehatan



Pangan yang bebas dari wajib daftar?
Sumber : PERMENKES RI No 382/MENKES/PER/VI/ 1989 Pasal 5
  • Makanan terolah yang daya tahannya tidak lebih dari tujuh hari pada suhu kamar.
  • Makanan terolah yang diproduksi oleh industri rumah tangga yang sudah mengikuti penyuluhan.
  • Makanan terolah berasal dari impor yang merupakan sumbangan kepada Pemerintah Indonesia atau Lembaga Sosial.
  • Makanan terolah berasal dari impor yang dalam jumlah kecil untuk keperluan tertentu.

***
Persyaratan label pangan?
Sumber : UU  REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18 TAHUN 2012 Pasal 97 TENTANG PANGAN.

Bahan tambahan pangan.
Pencantuman label di dalam dan/atau pada Kemasan Pangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) ditulis atau dicetak dengan menggunakan bahasa Indonesia serta memuat paling sedikit keterangan mengenai:
  • nama produk.
  • daftar bahan yang digunakan.
  • berat bersih atau isi bersih.
  • nama dan alamat pihak yang memproduksi atau mengimpor.
  • halal bagi yang dipersyaratkan.
  • tanggal dan kode produksi.
  • tanggal, bulan, dan tahun kedaluwarsa.
  • nomor izin edar bagi Pangan Olahan.
  • asal usul bahan Pangan tertentu.

***

Pengertian, Jenis, dan Contoh Bahan Tambahan Pangan Berbahaya?

Berdasarkan Permenkes RI No.472/Menkes/Per/V/1996 yang dimaksud dengan bahan berbahaya adalah zat, bahan kimia dan biologi baik dalam bentuk tunggal maupun campuran yang dapat membahayakan kesehatan dan lingkungan hidup secara langsung atau tidak langsung yang mempunyai sifat racun, karsinogenik, teratogenik, mutagenik, korosif dan iritasi.

 Jenis dan Contoh Bahan Berbahaya

Jenis
Contoh

1

Racun

Akonitin, Atropin, Hyoscyamin,
Khloralhidrat
Merkuri, Sianida, Strichnin

2

Karsinogenik

Rhodamin B, Methanyl Yellow

3

Teratogenik dan Iritasi

Dimetilformamida

4

Mutagenik dan     Karsinogenik

Benzo(a)piren / alfa  benzopiren   pada asap rokok                                                    

5

Korosif  & Racun

Amonium biflorida, Boron trichlorida, Fosfor (putih), Phenol, Xilenol

6

Iritasi & Racun

Nitrogen dioksida

7

Racun dan
Karsinogenik

Anilin, Asam arsenat dan garamnya, Asbestos, Borax, Hexa chlorobenzene

8

Iritasi & Karsinogenik

Formaldehid

9

Racun, Iritasi, &
Teratogenik

Karbondisulfida

10

Racun, Iritasi,
Mutagenik & Karsino-
genik    

Etilen dioksida


***

Persyaratan PASI?

Sumber : PERMENKES RI No.240/Menkes/Per/V/1985 tentang Pengganti Air Susu Ibu.
Dalam Peraturan ini ditetapkan :
1.   Perusahaan yang memproduksi dan mengimpor PASI,  harus mendapat persetujuan dari Dirjen POM (sekarang Badan POM).
2.   PASI  harus diproduksi menurut cara produksi yang baik untuk makanan  bayi dan anak,  harus memenuhi standar mutu dan persyaratan lain yang ditetapkan.
3.   PASI,  botol susu,  dot susu hanya boleh beredar setelah terdaftar pada Depkes (sekarang  Badan POM).
     ***

Persyaratan label PASI?

Label PASI harus memenuhi ketentuan tentang label dan Periklanan Makanan,  selain itu juga harus mencantumkan  :
1.   Pernyataan tentang keunggulan ASI
2.   Pernyataan yang menyatakan bahwa PASI digunakan atas nasehat tenaga kesehatan, serta penggunaanya secara tunggal dapat memenuhi kebutuhan bayi sampai berumur antara  4 dan 6 bulan.
3.   Petunjuk cara mempersiapkan dan penggunaannya.
4.   Petunjuk cara penyimpanan.
5.   Tanggal daluwarsa
6.   Nilai gizi.
7.    Penjelasan tanda-tanda yang menunjukkan bilamana PASI sudah tidak baik lagi dan tidak boleh diberikan pada bayi

***

Larangan label PASI?

Pada label dilarang mencantumkan  :
1.   Gambar bayi
2.   Gambar atau tulisan yang dapat memberikan kesan, bahwa penggunaan PASI merupakan sesuatu yang ideal.
3.   Tulisan  “Semutu ASI”  atau tulisan-tulisan lain yang semakna.
4.   Tulisan  “PASI”
***


Larangan PASI?

Sumber : Keputusan Dirjen POM No. 02048/B/SK/VI/1991 tentang  Petunjuk Pelaksanaan Permenkes RI No.240/Menkes/Per/V/1985  di bidang Pemasaran PASI.

Dalam kegiatan pemasaran PASI pada sarana pelayanan kesehatan, ada 2 larangan yaitu ::

Larangan umum PASI :
  • Memberikan informasi kepada tenaga kesehatan yang tidak bersifat ilmiah, tidak objektif ataupun yang memberi kesan seolah-olah manfaat PASI sama atau lebih dari ASI, atau
  • Menggunakan sarana pelayanan kesehatan untuk pemasaran PASI, atau
  • Memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada sarana pelayanan kesehatan termasuk tenaga kesehatan dengan maksud untuk meningkatkan pemasaran PASI,  atau
  • Menjadi sponsor kegiatan sarana pelayanan kesehatan dengan imbalan promosi PASI baik secara jelas maupun secara tersamar.
  • Memberikan sampel secara cuma-cuma atau sesuatu dalam bentuk apapun kepada wanita hamil atau ibu yang baru melahirkan, atau
  • Menjajakan, menawarkan atau menjual PASI langsung ke rumah-rumah,  atau
  • Memberikan potongan harga atau tambahan atau sesuatu dalam bentuk apapun atas pembelian PASI sebagai daya tarik penjualan, atau
  • Menggunakan tenaga kesehatan untuk memberikan informasi tentang PASI kepada masyarakat.

Larangan khusus PASI:

Dilarang melakukan iradiasi terhadap PASI dan bahan yang digunakan untuk memproduksinya.


***

Wednesday, December 25, 2013

Intermezzo

Jadi, niatnya mulai sekarang bakalan sering-sering main kesini,

Mulai benahin blog ini setelah lama terbengkalai gegara kesibukan pasca lulus dan mulai kerja. Dan, yah maunya sih bisa bikin satu entri perhari kalo sempat, hehe...

Meskipun kayanya gak bakalan sempat sih, kecuali entri entri ringan yang bisa ku apdet dari andro ya tapi gapapa lah yang penting niatin aja dulu. wkwkwk

(Sebenernya niat ini 70% tidak akan berhasil kalau mengingat aktivitas yang sekarang...)



Lain-lainnya adalah karena belakangan aku mulai mempersiapkan Hari Bahagia yang akan segera aku sambut dalam beberapa bulan yang akan datang. Mungkin karena persiapan menuju hari itulah, naluri kewanitaan yang awalnya lumayan tersegel dalam diriku yang nyeleneh ini mulai tumbuh.

Hah? Emangnya hari bahagia itu apaan?

Tentunya hari dimana aku akan bertemu teman hidup (ehem... hehehe)

Yes, menikah. Hari bahagia itu adalah hari ijab qobul.

I'm so happy that my heart could burst. So much butterflies in my stomach.

Dan memang benar. Love do change people.

Aku mulai googling ini itu soal perawatan diri dan ketemulah aku dengan blog-blog keren punyanya biuti bloher yang bener-bener memberi pencerahan dalam dunia tata riasku yang selama ini (ternyata) ancur-ancuran.

Aih, how blogs can do this? Aku punya blog bertahun-tahun dan benar-benar nggak banyak hal yang bisa aku bagikan sebermanfaat ini!

Barangkali karena dorongan blogger kece inilah, aku mendeklarasikan  niat mau menulis hari ini di blog. They're so insipiring. Berkat beberapa tulisan mereka aku menjadi tergerak untuk merubah beberapa sisi dalam hidup.

And so on, semoga saya bisa ya untuk 2014!

Cheers!

posted from Bloggeroid
Saturday, November 30, 2013

[Mumbling] Half of Me

Haii, I'm back again!

Assalamualaikum..

First of All, dihari Sabtu yang melelahkan sesudah seharian kuliah ,di senja hari ini. Mari kita ucapkan Alhamdulillah kepada Allah atas berkah dan rahmatnya, semoga saya berhenti menjadi orang yang suka ngeluh dan lebih bersyukur lagi. Aamin :]

poin kedua atas terbitnya entri yang sangat sangat kontroversial ini [ dilarang keras protes ] adalah sadarnya saya akan satu hal yang sangat sangat sangat saya syukuri.
Yaitu belahan jiwa saya... eaaaaa...



Sebenarnya simpel, menginjak umur yang terus bertambah. semakin ngerti dengan apa itu namanya penggombalan cinta-cintaan dan juga macam macamnya ketidak beresan dalam percintaan [ btw ini tok isi entrinya ada ngawur tulen loh ] dan semakin saya kesini semakin saya memahami lagu lagu cinta yang dulu saya suka iramanya meluas menjadi suka liriknya juga.

Karena?

saya sudah punya orang yang saya bayangkan didalam pikiran saya >.<
Dan lebih lanjut lagi, bahwa saya sudah memantakan hati saya,
Bukan cuma sekedar janji dalam hati, namun juga dalam konteks tertulis seperti ini.
Saturday, November 09, 2013

[Lirik Lagu] Yuna - Sparkle


You make me sick in a lot of ways
Make me smile always
I'm just really into
Having this chase
Kept my eyes open everytime
Falling for you is a crime
We let sparks go off
This time


Oh oh
I've been here before
Not long ago
With someone just as beautiful
Just as doubtful
I sure don't mind
Having you
This time

I see it in the steps you take
I hear it in the sounds you make
I'm just really into
Having a taste
Remind me how we got this far
Remind me how we fell apart
Oh I can't give you
That space in my heart


And then we fall asleep.

I'm the one
Whos always in the way
But you got me
Hoping for more more more
I'm here to stay
As though I am always there
As though I had never left


Oh oh
I've been here before
Not long ago
With someone just as beautiful
Just as doubtful
I sure don't mind
Spendin time
I've been here before
Not long ago
With someone just as beautiful
Just as doubtful
I sure don't mind
I sure don't mind
I sure don't mind
Getting hurt again
Saturday, April 13, 2013

Puisi Untuk Tuan Kucing


Selangkah, dua langkah, selaras dengan detik waktu yang bergulir..
Bukan, bukan salah senyum anda, Tuan.

Kenapa saya jadi harus mengekang perasaan dan khayalan.
Yang dahulu menelisik, memaksa perhatianku tertuju. Bagaimana bisa diabaikan?




Ini bukan tentang mulut mulut yang terus melebihkan kapasitasnya. 

Ini tentang perjalanan yang ku putuskan akan kulalui.
Waktu mengajarkan rasa perih, bagaimana itu mengoyak rasa dan melelehkan air mata.

Layaknya Bunga Kamboja yang terurai diatas danau musim semi, tidak menuntut.
hanya tulus dalam penantian.
Karena dia diam untuk menanti yang bisa mengerti.

Bagaimana bisa Tuan tidak percaya pada kejujuran? 

Meski penjelasan berputar, arah dan tujuan sudah jelas terpatri.
Tegas, jelas dan semua pertanyaan bisa terjawab.

Sudahlah Tuan,
Perjalanan masih panjang..
Pastikan bekal Tuan cukup. cukupkan kesanggupan. Jagalah yang berharga.
yang kecil akan menjadi besar, waktu sudah menjanjikan itu.

Semua ada prosesnya, Jika Tuan percaya.

Ribuan hari, Tuan.

saya janjikan hati saya untuk pertama kalinya, diatas semua arogansi saya untuk menolak setiap perasaan yang tumbuh, mungkin tidak sesaat, tapi kekal. 

Dunia berkonspirasi, apa saya harus perduli?

Saat saya percaya bahwa saya bisa menjadi bagian masa depan anda, Tuan.
Saya tidak akan melepas mimpi itu, menjaga raga dari jamahan kebebasan.
Mimpi dimasa lalu yang menghantui, pengisi yang ditemukan, berita dan kebencian.

Tidak. 
saya pastikan itu tidak terjadi terjadi lagi, Tuan.
Semoga Tuhan menakdirkan saya menjadi tulang rusuk anda.


12/04/2013
Monday, February 18, 2013

Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Penderita Kolesterol

  • Kuning telor
  • Jeroan
  • Goreng-gorengan
  • Mentega
  • Keju
  • Durian
  • Kambing
  • Seafood (udang, cumi, kerang, kepiting, terkecuali ikan)
  • Susu full cream
  • Santan
  • Ice cream
  • Daging berlemak (misalnya kulit)
  • Fast food atau makanan cepat saji
posted from Bloggeroid
Wednesday, February 13, 2013

Daftar Lagu OST. Confession (Kokuhaku Original Soundtrack)


01.渋谷 毅(arranged by Gabriele Roberto)/ Milk02. Radiohead / Last Flowers03. Boris /虹が始まるとき04. cokiyu / Gloomy05. 渋谷慶一郎/ Piano Concerto No.5 (J.S.Bach)06. Boris / My Machine07. AKB48 / RIVER08. Boris /断片-Bit-09. PoPoyans / When the owl sleeps10. やくしまるえつこ & 永井聖一/ The Meeting Place11. The xx / Fantasy12. Boris /にじむ残像13. cokiyu / See the sun14. Curly Giraf fe / Peculiarities15. Y.S. & The Sunshine Band / That'sThe Way (I Like It)16. Boris / Feedbacker17. choir / Long long Ago (イギリス民謡)18. Boris /決別19. 渋谷慶一郎/ Largo (G.Hendel)


Monday, February 11, 2013

My Roomaters Wedding Day


Kamu nggak pernah tahu tiga hal : jodoh, rezeki, dan maut. Begitu kata orang bijak yang pernah kudengar. 

Dan hari ini kata-kata itu kebukti, soalnya teman sekamarku di asrama hari ini melangsungkan hari bahagianya. 
Yup, hari ini adalah hari pernikahan sahabat baikku. 
Omedetouuu Din-chan! ^^

Semoga menjadi istri yang terbaik buat suaminya ya, terus cepat dapat momongan dan bahagia dengan keluarga barunya selama-lamanya. 

Halo Dina, kamu baca ini kan? Hahaha. Kayaknya nggak soalnya url blogku berubah lagi  >.<

Rasanya kejutan saat dengar kamu bakalan kawin, soalnya menurut perhitungan abal-abali dan sotoy kita sebelum lulus, aku dan kamu masuk dalam daftar terakhir yang bakalan kawin. 
We're so gorgeous to handle. 
Gitu pembelaan kita waktu itu. Tetap narsis ya, Mungkin itu juga alasan kita bisa klop sekamar. Hahaha

Meskipun sekarang kamu sudah jadi bini orang, tetap jadi teman baikku yaa~ ^^

Rasanya sejak 3 tahun kita berteman banyak hal-hal yang kita lalui, mulai dari perkenalan kita. Aku yang terpukau dengan tinggi badanmu yang baik model (eh, panjang ruas kaki kita sama pas kita ukur! Hahaha) 
Terus suaramu yang imut lucu yang kayaknya cocok jadi dubber pengisi suara di kartun edukasi anak. Hihi 

Wish u a happy marriage~ ^^


Mungkin kamu sudah lupa, banyak hal-hal konyol dan ajaib yang pernah kita lalui saat masih esemka, Misalnya :
  • Peristiwa buka puasa dadakan di cafe yang menunya kopi (yang harganya mahal-mahal naudzhobillahh) semua, waktu itu semua foodcourt sudah full reservasi daaann... Kita gak tau itu cafe menunya basis aer semua. -.-
  • Atau peristiwa bangun kesiangan pas senin pagi yang bagi murid smf adalah mimpi buruk karena... Belum mandi. Belum pakai seragam. Belum makan. Belum bla bla bla.
    Untung kalau udah belajar dulu malamnya, buku pelajaran sudah masuk dalam tas atau tugas udah kelar semua.
    Untungnya Dina ngingetin hampir saban malam, mungkin dia menyadari bahwa roomate-nya ini telmi dan kacau kalau udah duduk didepan laptop atau baca novel dan komik.
    Arigatouuu sekali lagi :"D
  • Atau mungkin juga saat-saat kamu bergabung denganku menjadi jomblo, ishhh susah ya jadi orang cakep jarang jomblo kebanyakan yang ngantri *lirik sirik.
    Tetiba ide itu muncul, entah siapa yang mengusulkan, Panggilan 'mipi' yang lahir berupa ending signature di tulisan kita pada note kecil-kecil yang nempel di dinding lemari. nista bangetttttt dan mudah-mudahan suamimu nggak tau. LoL

Loh, kok malah nostalgia disini yak. Hahaha

Happy Wedding Day, Dina ^^
Semoga aku juga cepat menyusul! 
Aamiin *eh



Sunday, January 27, 2013

[Hangul + Translation + Terjemah] Kim Jae Joong - All Alone


Hangul + Romanization
사랑했던 기억 속에 살아
sa-rang-haet-deon gi-eog sog-e sar-a
소중했던 아픔도 기억 속에 남아
so-jeung-haet-deon a-peum-do gi-eog sog-e nam-a
쓰러지며 널 붙잡고 소리쳐도 오지 않아
sseu-reo-ji-myeo neol but-jab-go so-ri-chyeo-do o-ji anh-a
널 외치고 붙잡아도 오지 않아 보이지 않아
neol woe-chi-go but-jab-a-do o-ji anh-a bo-i-ji anh-a
(***)I feel so all alone
I feel so all alone
I wanna run to you my love
I’m saving
All my love for you
내 맘속에 비밀이 된 우리사랑 꺼내려도
nae mam-sog-e bi-mir-i dwoen u-ri-sa-rang kkeo-nae-ryeo-do
지나친 내 후회가 널 찾으려 해도 막네 
ji-na-chin nae hu-hwoe-ga neol chaj-eu-ryeo hae-do mag-ne
(***)
Love Love Love Love Love with you my love ( x 4 )
(***)

Translation
Hidup dalam ingatan yang dicinta

Menyayangi rasa sakit yang tertinggal disini

Kucoba menahanmu saat ku terjatuh

Nahkan saat ku berteriak (memanggilmu) kau takkan datang..
Bahkan bila kumenangkapmu dan terus berteriak
Kau takkan datang.. Aku tak bisa melihatmu

(***)
Aku merasa begitu kesepian
Aku merasa begitu kesepian
Aku ingin berlari padamu
Aku menyimpan
Seluruh cintaku untukmu

Love Love Love Love Love (x2)
Bahkan jika aku mengusir cinta kita 
yang menjadi rahasia hatiku.

Bahkan penyesalanku yang besar terus mencarimu ..
itu telah terhalang

(***)

Fav part : "I am saving All My Love for you"

(***)

CR : Princessoftea
Terjemah Abal-abal by Me.

Custom Post Signature

Custom Post  Signature