Kamis, Juli 13, 2017

Sakit Buang Air Kecil pada Ibu Hamil Saat Travelling

Solusi Sehat dan Praktis Mengatasi Anyang-anyangan dengan Ekstrak Buah Cranberry - Hamil dan sering bepergian? Wah, saya banget pas hamil baby Syuna! Setiap weekend saya selalu pulang-pergi keluar kota untuk kuliah. Meskipun saat itu kadang-kadang keteteran, saya menikmati masa-masa kehamilan yang penuh aktivitas ^^. Namun karena beberapa hal, saya jadi punya pengalaman nggak enak saat sudah hamil tua, yaitu terkena anyang-anyangan.


Jujur nih, waktu itu saya punya lumayan banyak kebiasaan buruk, salah satunya yaitu sering menunda buang air kecil dan juga kurang mengkonsumsi air putih. 

Saya sebenarnya nggak pilih-pilih alias bisa buang air kecil di WC mana saja asalkan bersih,. Namun sayangnya saat diperjalanan, mayoritas WC yang jadi fasilitas umum itu menurut saya kotor, daripada nanti iritasi, makanya saya lebih ikhlas menunda buang air kecil hingga saya sampai ke kost, alasannya ya karena dikost-kostan WC nya bersih. Hehe

Nah, selain faktor sering menunda buang air kecil tadi, faktor kedua yang menjadi salah satu penyebab saya terkena anyang-anyangan adalah karena saya sering mengirit minum air putih di kos-kosan.

Kenapa ngirit sih minum air? 
Jadi begini, kamar kos saya itu dulu ada dilantai 2 sedangkan WC ada diujung lantai 1, gempor kaki bumil kalau naik turun tangga melulu :(, makanya saya ngirit minum, maunya sih supaya saya nggak bolak-balik pipis terus, tau kan kalau ibu hamil (apalagi udah masuk trimester 3 kaya saya waktu itu) sebentar-sebentar mau pipis.

Karena menganggap biasa saja, makin hari kebiasaan buruk saya semakin menjadi, dengan alasan sibuk saya jadi semakin kurang minum air putih, semakin sering menunda-nunda buang air kecil, plus jadi kurang memerhatikan kebersihan organ kewanitaan (duh!)

Sampai hari itu, saya menahan pipis sejak ditengah perjalanan sampai taksi yang saya tumpangi sampai ke Banjarmasin. Wah, kalau dihitung-hitung sekitar 2 jam tuh lamanya saya menahan pipis, belum lagi sampai kost nih, 15 menitan lagi, 
Malamnya saya ngerasa nggak beres, Rasanya pengen buang air kecil melulu, tapi yang keluar cuma sedikit, selain itu pinggul saya terasa nyeri, tidur malam pun juga ikut-ikutan terganggu. 
Huwaaa kenapa nih?? Saya pun buru-buru memeriksakan diri.



Belakangan saya baru tahu kalau Anyang-anyangan atau nyeri saat buang air kecil adalah salah satu gejala dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). 

"ISK itu bahaya ya?"

Hmmm... serasa ada yang menghantam kepala saya sambil ngomong "kemana aja lo?". Haha... 

Saya baca-baca di internet, ternyata pada kasus ISK sekitar 80% diakibatkan karena bakteri E-Coli yang menempel pada dinding saluran kemih, sisanya sekitar 5-15% kasusnya disebabkan oleh virus atau jamur. Anyang-anyangan atau ISK banyak terjadi pada perempuan karena area kewanitaan yang lebih terbuka dan lebih dekat dengan anus.

Wah, makanya kita sebagai perempuan wajib tau, apa saja sih faktor anyang-anyangan atau sakit saat buang air kecil? Setidaknya ada 5 point faktor anyang-anyangan, yaitu:
1. Sering menahan pipis.
2. Kurang minum air putih (dehidrasi).
3. Melakukan aktivitas berat/ olahraga berlebihan.
4. Kurang menjaga kebersihan organ kewanitaan/menggunakan toilet yang kurang bersih.
5. Kehamilan.

Wah, kalau saya cek-cek lagi hampir semuanya kondisi dan kebiasaan buruk saya nih, pantas saja saya terkena anyang-anyangan :(

Dan ngomongin solusi sakit buang air kecil seperti si anyang-anyangan, selain obat-obatan kimiawi sekarang orang-orang lebih memilih obat dengan kandungan yang alami karena diklaim lebih aman, misalnya dengan Prive Uricran.

Oh iya, udah tau belum sama Prive Uricran? Kalau belum. yuk kita kenalan...



Jadi Prive Uricran ini diproduksi oleh Combiphar, kandungan aktifnya adalah ekstrak buah Cranberry (Vaccinium oxycoccos)Buah Cranberry dipercaya dapat membantu tubuh mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih. Hal ini disebabkan kandungan proanthocyanidins (senyawa pada buah yang memberikan warna merah dan biru) yang terkandung dalam buah Cranberry. Proanthocyanidins bermanfaat sebagai antioksidan serta mencegah terikatnya bakteri pada sel-sel di dinding kandung kemih dan membantu tubuh mengeluarkan bakteri-bakteri tersebut. 

Buah Cranberry juga kaya dengan vitamin C & E yang mendukung penyembuhan dari sakit. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.



Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Setelah dilakukan 4 uji klinis acak sempurna, kemudian dibuktikan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. Hmm... berarti bukan sembarang klaim ya karena sudah teruji :D

Semua manfaat dari buah Cranberry ini bisa kita dapatkan dari produk Prive Uri-Cran yang mengandung ekstrak buah Cranberry. ^^ Kita bisa memilih antara bentuk kapsul maupun powder sachet, mana yang terasa lebih cocok, keduanya masih tergolong praktis dikonsumsi dan dibawa travelling. 
Kalau saya pribadi sih lebih memilih yang berbentuk powder sachet karena warna pink cerahnya saat siap diminum tampak lebih menggiurkan. Hehehe... (berasa minum jus beneran yeee :p)



Prive Uri Cran ini bisa diperoleh di apotek-apotek terdekat seperti Kimia Farma dan Guardian serta supermarket-supermarket seperti Indomaret. 

So, kalau kamu terkena sakit buang air kecil saat hamil dan travelling, maka tak ada salahnya dong mencoba Prive Uricran untuk mengusir tuntas anyang-anyangan yang super mengganggu.

Salam Sehat!
7 komentar on "Sakit Buang Air Kecil pada Ibu Hamil Saat Travelling"
  1. aku pun mba dlu pas hamil anyanganyangan makanya suru minum tp da males bulak balik dg kondisi perut besar hehehe smg kita sll sehat y mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga kita sehat selalu ya bunda nameeraa ^^

      Hapus
  2. Wah, benar juga, saya sering nahan buang air kecil dan jarang minum. Khawatir ntar bakal kena anyang-anyangan nih.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesti dijauhi penyebabnya ya mba, jgn kaya saya dulu :(
      Minum air putih secukupnya dan jangan lagi ditahan-tahan pipisnya :D

      Hapus
  3. Ih sama. Aku juga sebel kalau travelling trus anyang-anyangan mba

    BalasHapus
  4. he'em.. ISK bahaya bangets.. sampai2 urine tak bisa dikeluarin karena infeksi nya bikin nutup saluran kemih.. untuung sekarang ada uricran ya mba leha 😉

    BalasHapus

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature