EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi
EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Bagian dari Komunitas:

Bookmark

Pengalaman Menyiapkan Ulang Tahun Anak Sederhana di Rumah dengan Budget Minim

Pengalaman Menyiapkan Ulang Tahun Anak Sederhana di Rumah dengan Budget Minim

Nuy ulang tahun!

Akhirnya waktu yang dinantikan oleh si gadis cilik tiba, bertambahnya usia. Sebenarnya tradisi merayakan ulang tahun tidak pernah ada dalam kamus keluarga kami. Tapi kalau ulang tahun anak-anak senang dan kami semua bisa berkumpul sekeluarga untuk mempererat silaturahmi, akhirnya kami memutuskan untuk mengadakan acara selamatan kecil-kecilan hanya untuk keluarga inti dan teman anak-anak yang berada di lingkungan sekitar.

Tidak mengundang teman sekelas? 

Oh, kebetulan tidak, hanya sekitar 5 orang anak tetangga dan juga keluarga yang berhadir di acara selamatan kali ini. Sebenarnya undangan dibuat lebih, tapi karena sedang liburan sekolah, kebanyakan anak di lingkungan kami sedang tidak ada di rumah. Undangannya pun dibuat seadanya karena perayaan ini persiapannya ekspress karena bener-bener dipersiapkan pagi menjelang siang untuk acara sore. Undangan datang ke tempat teman-teman Nuy hanya 4 jam sebelum acara. Kurang ekspress apa lagi mama satu ini. *tepok jidat*

Koq bisa begitu? Nggak ada persiapan sama sekali?

Jawabannya adalah karena saya baru sadar kalau jadwal kerja keluarga kami yang memungkinkan untuk semua bisa datang adalah tepat di hari H ulang tahun, bukan di waktu weekend. Pasalnya beberapa keluarga memiliki jadwal kerja shift yang nggak kenal pagi sore malam ataupun tanggal merah tetap masuk. Jadi supaya semua bisa datang dengan hati senang, marilah kita mengebut semua persiapan ulang tahun. Toh, cuma kecil-kecilan jadi nggak terlalu rempong, dibantu keluarga juga jadi nggak 100% sendirian mempersiapkannya.

Oke, pertama-tama...

Budget Ulang Tahun Anak Sederhana

Budget awal: 500rb.

Saya menyisihkan dana awal sebesar itu dulu, nggak tahu cukup atau nggak buat persiapan, tapi Bismillahirrahmanirrahim, saya pun memulai pagi dengan membeli bahan dan persiapan selamatan ulang tahun benar-benar dari scratch. Ulang tahun di rumah dan banyak yang homemade harusnya lebih murah dong, iya nggak sih? Haha.

Barang yang Harus Dibeli untuk Acara Ulang Tahun di Rumah

✔️Snack Ulang Tahun Anak Sederhana

Apa makanan yang sehat, gampang dibikin dan anak-anak suka?

Salah satu jawabannya adalah puding agar-agar!

Saya membeli 3 varian, yakni leci, coklat, dan anggur. Niatnya hanya untuk menambah-nambah camilan kecil sebelum anak-anak membaca doa, jadi bikinnya sengaja cuma sedikit. Eh, taunya ludes bahkan anak-anak minta lagi. Puding agar-agar yang kenyal dan manis ini saya tusuk-tusuk dengan tusuk gigi, jadi anak bisa mudah memakannya. Saat memasaknya, saya memakai gula yang ada di dapur sisa membuat kue, cost membeli agar nutrijel untuk 3 bungkus sekitar 11ribu rupiah.

Note: Ternyata anak-anak lebih suka rasa leci dibandingkan dengan rasa cokelat.

✔️Paket Ulang Tahun Anak di Rumah. 

Nggak perlu banyak-banyak karena sifatnya hanya penggembira supaya anak-anak senang. Disini saya membeli susu kotak kecil satu dus, wafer dan camilan kecil-kecil sebanyak 4-5 macam. Dana tinggal disesuaikan dengan snack apa yang kiranya tersedia di warung dekat rumah.

Budget saya untuk snack habisnya sekitar 115k. Cukup terjangkau, ya? Supaya rapih dibawa anak-anak, snack ini diberi bungkus plastik lagi yang harganya 10ribuan per 12pcs. Nggak go green sih kalau dilihat-lihat, solusinya sebelumnya bisa dikasih tahu dengan anak-anak kalau membuang sampah sisa kemasan makanan jangan sembarangan, harus ke tempat sampah. Terus, untuk plastik pembungkus karena ukurannya cukup besar bisa digunakan lagi untuk membungkus barang lain.

Note: Alternatif penggunaan plastik diganti dengan besek dan camilan dengan kemasan degradable seperti pais, kacang rebus atau jagung bakar/rebus.

✔️Lagu untuk Memeriahkan Suasana Ulang Tahun Anak di Rumah

Jangan lupakan penggembira berupa lagu. Ini optional ya pakai lagu, kalau pengen memutar sholawat juga bisa banget. Musik ini niatnya agar suasana lebih hidup saja. Kalau bisa di download dulu semisal berniat memutar lagunya dari YouTube/Spotify supaya kalau aplikasinya belum premium, iklannya nggak akan mengganggu jalannya acara.

✔️Game/Hiburan Ulang Tahun Anak yang Sederhana

Main apa ya enaknya sama anak-anak?

Hmm.. No bingung-bingung. Tanpa menggunakan peralatan bisa banget kok, anak-anak bisa main sambung kata atau tebak-tebakan nama binatang / negara berdasarkan abjad yang sudah dipilih bersama. Jangan lupa untuk dikasih tahu, ini cuma permainan dan memang ataupun kalah sudah biasa.

✔️Hiasan dinding/Ornamen Ulang Tahun Anak di Rumah

Semuanya bisa dibeli beli di toko ATK bersama dengan paketan topi dan juga kado kecil-kecilan. Beli kadonya kemarin saya habis habis sekitar 60-70ribu, dapatnya dua item. Sampaikan rumah, kadonya saya masukkan dengan karton yang cukup besar dan dibungkus dengan kertas kado yang girly karena Nuy kan anak cewek. Pokoknya jangan ketinggalan kado ini ya Bund! Supaya hati anak gembira

Hiasan dindingnya cuma tulisan Happy Birthday ukuran besar dari kertas karton yang harganya sekitar 10-15 ribuan. Topi yang ada sebenarnya nggak terlalu terpakai dan ribet memasangnya tapi karena bapaknya terlanjur beli jadi mending digunakan saja.

Total spending di poin ini sekitar 100ribuan.

Note: Ornamen tulisan Happy Birthday ini sebenarnya bisa dicari online di internet dan print sendiri.

✔️Kostum Anak untuk Merayakan Ulang Tahun di Rumah. 

Jangan lupa, anak adalah center perhatian hari H. Usahakan anak untuk menggunakan pakaian yang nyaman, rapi, dan bagus dipandang. Nggak perlu yang terlalu meriah, cukup yang bikin stand out di foto kalau yang ulang tahun itu 'dia' lho. Gitu. 😁

Beli baju lagi nggak? Nah, kalau saya sih nggak, saya mix and match baju yang ada saja karena udah nggak sempeeet. 🥲 Apalagi anak sekarang sudah bisa bilang nggak mau baju A maunya baju B aja, harus diperhatikan lagi deh karena ada kemungkinan anak emoh memakai baju yang sudah kita siapkan.

✔️Kue dan snack Ulang Tahun Anak

Saya udah lupa berapa spending rincinya, tapi beneran deh, kalau dihitung-hitung bikin kue sendiri ternyata jauh lebih murce dibandingkan beli. Meskipun begitu, dibandingkan yang lain bagian makanan ini saya splurge paling besar dana karena buat dimakan bareng keluarga juga.

Oh iya, saya bikin kue sendiri karena seperti yang saya sudah bilang sebelumnya: ini adalah perayaan ekspress untuk selamatan kecil-kecilan di rumah. Lagipula saya sudah punya oven dan bahan untuk membuat kuenya sederhana, eksekusi dulu laaah. Masalah berhasil atau nggak nggak masalah, kita coba dulu. 😆

Kalau mencari mama yang pertama kali praktek bikin cake langsung bikin kue ultah anaknya, mama itu adalah penulis blog ini *tepok jidat 2*.

Ya memang sih instant cake yang nggak perlu banyak menakar lagi. Tapi teteup nggak merubah fakta kalau ini adalah baking cake saya yang pertama kali, dan Alhamdulillah rasanya enak. Bahkan Mama Nene yang jarang memuji bilang kalau rasanya lumayan. Gimana nggak senang ☺

Pondan + whip cream + telur + mentega + gula halus + chips = 26+18+14+6+8+8 ~ 80rb

Hiasan kue 15+5+12 ~32rb

Total cost around 120ribuan~130ribuan.

Tepung protein tinggi stoknya di rumah masih ada, saya uleni sebentar pakai gula dan fermipan sambil melihat resep di TikTok, ceritanya bikin donat gaes. Meskipun berakhir bentuknya kurang cantik, tapi nggak apa-apa lah. Yang penting rasanya lumayan endull dan Made with Love. Uhuk.

✔️Air Minum

Bisa dibikin sendiri dengan air yang ada di rumah, karena orangnya sedikit jadi nggak perlu beli Air Minum Dalam Kemasan deh. Suka minuman hangat atau dingin pun bisa disesuaikan dengan selera dan preferensi masing-masing. 

Selain itu karena kali ini acara selamatan diadakan di rumah nenek yang punya banyak koleksi gelas beling, kami nggak perlu pakai gelas sekali pakai yang ujung-ujungnya cuma menambah sampah.

✔️Makanan Besar untuk Dimakan Bersama

Kalau pengen memasak sendiri boleh banget, cukup menggunakan lauk pauk yang disukai anak misalnya chicken katsu yang sudah dipotong fillet, sayur wortel buncis yang sudah di tumis dan bihun goreng dengan porsi nasi yang sudah disesuaikan dengan kemampuan makan anak.

Tapi untuk poin ini, jalan ninjaku adalah: Beli supaya ringkas dan cepat! 🤣

Menunya nasi kuning dekat rumah yang harganya 12ribuan, sudah ada ikan dan sedikit sayur. Beli 17 porsi sudah dapat semua satu rumah.

Realisasi Anggaran Ulang Tahun Anak di Rumah

Apakah budget awal yang cuma 500ribu cukup? 

Hmm, sebenarnya cukup, tapi dengan banyak perhitungan yang dipangkas. Misalnya minuman di rumah karena sudah banyak punya stok  sirup jadi nggak perlu lagi beli yang baru, atau misalnya tepung donat saya pakai roti protein tinggi sisa belajar bikin roti manis di rumah, atau adanya sumbangan snack berupa nasi lakatan bikinan nenek, hal-hal itu menekan cost sehingga 500ribu ya cukup-cukup saja. 

Tapi kalaupun dikalkulasi, budget ulang tahun kali ini kurang dari satu juta rupiah. Cukup worth it kalau dibandingkan dengan kebersamaan keluarga. 😊

Inti Dari Acara Selamatan Ulang Tahun Anak Sederhana di Rumah

Kami nggak menyalakan lilin. Kue hanya simbolis perayaan saja. Acara ini pada dasarnya adalah sebagai bentuk harapan pada masa yang akan datang dan penghargaan kami terhadap anak kami yang sudah bertambah usia. 

Lebih lanjut, kami ingin menekankan pada anak bahwa keluarga adalah tempat yang hangat dan menerima kita, selain itu kalau kata orang Banjar, acara ini "anggaran maolah rakat" atau agar anak-anak kami menjadi lebih dekat sesama sepupunya. Meskipun masih keluarga dengan angka member yang kecil, tapi essensi keluarga dan saudara tetap terjaga.

🎁🎊🎁

Ternyata membuat perayaan selamatan ulang tahun anak di rumah bisa banget dengan budget kecil.(^^) 

Tentu acaranya private, sederhana dan ala-ala saja supaya si kecil senang. Kalau mau mencoba boleh banget, silakan. Blogpost ini sekalian buat catatan pribadi juga, kalau saya pernah senekat itu mempersiapkan ultah anak yang tulisannya di kertas undangan ba'da ashar tapi persiapannya baru dari jam 9 pagi. lol.

Sampai sini dulu sharingnya, terimakasih sudah mampir membaca blog ini.🖤

Post a Comment

Post a Comment

Halo, terimakasih banyak sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^