EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi
EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Bagian dari Komunitas:

Bookmark

Kenapa Aku Ngeblog?



Kenapa Aku Ngeblog?Pertanyaan berawalan ‘kenapa’ ini emang susah dijelasin, soalnya buntutnya panjang dan perlu penjelasan panjang lebar. beda kalau kamu nanya dimana? sama siapa? sedang ngapain? langsung bisa jawab to the point bla bla bla gitu, gak mesti panjang lebar kayak pertanyaan ‘kenapa’. 

Dan seingatku, awal mula terbentuknya blog ini sangat absurd dan gak nyangka bisa bertahan sampai sekarang. Aku tunda dulu jawaban “kenapa aku ngeblog”, aku ceritain terbentuknya blog ini dulu yaaaa... 

Yup, Sampai sekarang aku masih ingat kronologis terjadinya blog ini. Tanggal dan tempat bikinnya... 
Alkisah pada suatu hari sekitar pukul 4 sore di bulan Juni tahun 2010, ada dua orang adik kelas di smf yang waktu itu baru masuk. Karena masih newbie, mereka masi belum hafal jalan sekitaran kayutangi. Dan seperti murid-smf-kelas-satu-semester-pertama lainnya, mereka mendapatkan tugas untuk membuat makalah tentang sediaan farmasi. masih ingat? itu tuh, gambar infus, salep, kapsul… dijilid. tugas bapak ipan.            

Nah mereka ini minta tolong buat nemenin ke warnet. Mereka request tempat warnet yang juga sekalian bisa ngeprint (dan kalo bisa, jilid.) Saat itu aku manggut-manggut sebentar, dan  sebagai kakak kelas baik yang cuma dapat sepucuk surat hitam nyasar saat jadi petugas ospek, langsung aku iya-in aja. Lagian waktu itu jadwal praktek masih belum mulai menggurita.

Warnet terbaik sekitaran kayutangi yang fasilitasnya lengkap dan bisa dicapai dengan jalan kaki waktu itu adalah LC (Lintas Cakrawala) yang sekarang udah tutup. Gak banyak ba-bi-bu, kamipun tancap lari menuju warnet. begitu sampai dan ngajarin mereka cara login, akupun bingung.
mereka nyari tugas, terus aku ngapain dong?
udah bosan fesbukan, dan entah kenapa waktu itu tergerak buat bikin blog. bikinnya waktu itu niatnya cuma iseng. Anggaplah saat itu mendapatkan wangsit dari semilir AC yang bikin ngantuk.

Saat itu blog dalam fikiranku adalah sebuah akun buat curhat. Akun buat menuliskan apa saja. Akun yang bisa digunakan sebagai sarana melampiaskan kemarahan dan rasa kesal gara-gara nilai ulangan tidak seperti yang diharapkan (baca : remedial). Akun untuk membagikan kebahagiaan saat ternyata nilai Kimia Organik dan Fisika kita 100 tanpa belajar (hampir mustahil, kemungkinan 0,0001%).
Dan saat itu aku gak ngeh, bahwa ternyata semua orang diseluruh dunia bisa membaca isinya. pffft..

Dan seperti itulah…         
Isi blog berikutnya adalah postingan tentang Amoxicillin. Rifampicin. etc. Pokoknya hasil copy paste dari internet, mostly dari Wikipedia. Bukannya tanpa maksud atau bermaksud menjadi copaser. Saat itu ke warnet gak bisa sering-sering, dan loading-nya pun lumayan lambat, apalagi bila saat pengunjung warnet lagi banyak. Server Down dah tuh. Loading-nya lambat macam jaringan edge di dusun. Sementara itu, detik pembayarn tetap jalan.
Jadi untuk menghemat waktu dan tenaga. Saat ke warnet, aku buka semua tab yang perlu (sampai Mozilla-nya not responding.lol) dan salin semua informasi penting yang kira-kira bakalan terpakai ke postingan blog. Jadi next time, saat lagi pengen nyari tau soal Amoxicillin, langsung aja cuss blog.

wow, keren.      

paling nggak enam tahun yang lalu hal seperti itu terdengar super cool dipikiranku.

Dan selain itu, bisa menghemat waktu, tenaga, dan duit. 
Nggak mesti kesumber yang sama berkali-kali. Mempersingkat durasi saat berselancar di internet. Meminimalkan biaya bayar ke kasir warnet.           

Hebat ya, ternyata aku #EmakEmakMinded sejak dari remaja belia.

Pssst, postingan aku yang berkaitan dengan palajaran smf bisa dicari dengan tagar #resume yaaa
Berikutnya Bahasa yang dipakai saat ngeblog. Saat pertama kali ngeblog, bahasa yang kupakai sangatlah gak jelas. Bahasa banjar, bahasa inggris, bahasa Indonesia. ketiganya berpadu menjadi satu kesatuan yang benar-benar sangat 4l@y. Mungkin saat itu kiblatku adalah Cinta Laura (yang meskipun mau ngomong mix-mix-apapun tapi teteup aja keren). Tapi aku gak sadar kalau ternyata pencampuran bahasaku bikin eneg pembaca. Whatever. yang penting saat itu penulisan konten blog aku lumayan. visitorpun lumayan. Mungkin jika saat itu aku daftar adsense bakalan tembus. Pokoknya blogging is my passion (saat itu)

Terus kenapa bikin blog? Jika pertanyaan itu ditujukan untuk diriku enam tahun yang lalu maka jawabannya adalah…
  1.  Supaya bisa menulis apa aja.
  2. Jadi Virtual diary.
  3. Tampak keren.
Dan bila pertanyaan yang sama ditanyakan sekarang, jawabannya akan menjadi :
  1. Sebagai catatan perjalanan kehidupan, dokumentasi momen penting.
  2. Agar menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca yang kebetulan mampir kesini.
  3. Sarana media sosial dengan para blogger hebat diluar sana.
  4. Tempat menulis.
  5. (Kalau bisa) Nyari duit.
Tampaknya enam tahun cukup mengubah beberapa sisi dari pemikiranku, termasuk tujuan nge-blog ya. itu gak baku sih alasannya, karena kadang masih berubah juga. Besok-besok mungkin nambah lagi apa alasannya sampai duapuluh, tapi tetap… kalau pada awal ngeblog aku banyak menulis tentang I, my, me, mine alias cerita tentang ‘Sang Aku’ melulu. sekarang aku lebih berkonsentrasi untuk membuat konten yang lebih bermanfaat dan lebih bermakna. Jadi pas anak aku nanti gede, dia akan membaca blog aku dan ngomong.

“Mak, meskipun kamu aneh aku bangga padamu.”

See ya next post, thanks for give me your precious time <3 o:p="">


9 comments

9 comments

Halo, terimakasih banyak sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^
  • Ind
    Ind
    Thursday, 14 June, 2018
    abis baca tulisannya ibu muda zuleha , semakin bertambah semangat ngeblog nih :v apalagi poin ke lima itu tu :D mantapz
    Reply
  • Agus Subekti
    Agus Subekti
    Saturday, 23 December, 2017
    Wah keren, ternyata sudah lama juga ya ngeblognya. Saya aja mulai ngeblog tahun 2016, tapi rasanya kok capek sekali ya? Barangkali ada tips-tipsnya hehehe
    • Agus Subekti
      Zulaeha Achmad
      Monday, 05 March, 2018
      Hehe isinya dulu juga acak adut kok mz 😁😂
    Reply
  • PIPIT
    PIPIT
    Sunday, 21 August, 2016
    Semangat ngeblog! Semoga kita sebagai blogger bisa saling menginspirasi 1 sama lain dan orang2 disekitar kita dengan tulisan kita :D
    • PIPIT
      Zulaeha Achmad
      Sunday, 11 September, 2016
      Semangat! Semoga kita semua bisa jadi Blogger yang seperti itu ya ^^
    Reply
  • Andi Leangle
    Andi Leangle
    Thursday, 28 July, 2016
    lanjut dan terus semangat ngeblognya
    • Andi Leangle
      Zulaeha Achmad
      Sunday, 21 August, 2016
      Oke gan. Semangat terus :D
    Reply
  • beyourselfwoman
    beyourselfwoman
    Wednesday, 20 July, 2016
    Semoga makin bermanfaat blognya mbak, baik untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. *dah kyk bu RT saya ngomongnya hehehee
    • beyourselfwoman
      Zulaeha Achmad
      Sunday, 21 August, 2016
      Aamiin mak, siapa tau ntar jadi bu Rt beneran hihi :D
    Reply