EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi
EbMBK9LV3U2J5pqb5aBuXdjmVrgXJ3azcHngXLqi

Bagian dari Komunitas:

Bookmark

Jalan-jalan ke Taman Kelinci Malang, Jangan Bikin Kelincinya Jadi Malang!

Jalan-jalan ke Taman Kelinci Malang, Jangan Bikin Kelincinya Jadi Malang! - Kelinci, kelinci yang lucu. Siapa sih yang nggak suka dengan binatang satu ini? Bulunya yang lembut serta image nya yang unyu-unyu membuat kelinci disukai baik orang dewasa ataupun anak-anak.

Nah, sewaktu saya sekeluarga ke Batu Malang kemarin (tahun lalu, maksudnya ✌️), saya juga tidak mau kelewatan jalan-jalan ke Taman Kelinci ini. Jadi saya sengaja selipkan kedalam daftar itenenary yang akan kami sekeluarga  kunjungi. 

Selain dengan pertimbangan letaknya yang dekat dengan Wisata Paralayang yang juga akan kami tuju, harga tiket masuknya yang budget friendly untuk mamak hemat seperti saya. Nothing to lose la~

Gimana nggak murah, waktu itu tarifnya cuma 5 ribu per orang euy! 

Kalau dibandingkan dengan spot wisata yang lain, jelaslah murah ya?  😆

Wah, makanya dalam hati saya bilang kalau tempat ini tuh harus harus haruus saya datangi, apalagi tempatnya saya intip di google maps dekat dengan Taman Strawberry,  Omah Kayu, dan Gunung Banyak. Plus, tidak terlalu jauh juga dari tempat kami menginap.

Jadilah, lokasi ini menjadi tempat pertama yang kami datangi di hari kedua perjalanan.


Menuju Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field!


Hah? Jadi namanya Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field atau Taman Kelinci nih? 😯

Oh, ternyata keduanya sama aja koq.

Nama resminya memang Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field, tapi kalau kebetulan kamu pengen kesini dengan mengandalkan Google Maps (seperti saya ini), maka namanya di Maps adalah Taman Kelinci, bukan nama yang satunya. Oke gaes. 👌 


Ngomongin perjalanan menuju Taman Kelinci ini.... 

Sebenarnya sih relatif mudah, nggak banyak belok sana-sini, tapi karena namanya juga area tinggi, jadinya ya banyak tanjakan, dan memang jalannya masih belum terlalu oke juga. Buat saya dan Babanuy yang terbiasa hidup di area yang datar-datar aja alias nggak menanjak, kesini naik sepeda motor bawa anak kecil tuh sensasi 'naik gunung' nya itu lumayan terasa. Apalagi jalannya memang belum diaspal sepenuhnya. 

Tapi buat kami sih suka-suka aja, soalnya di jalan menuju kesini itu melewati perkebunan yang cantiiik 🌱✨ 

Abah, saya, dan Syuna keasikan main tebak-tebakan nama sayur di ladang, jadinya meski sepanjang jalan kurang nyaman ya oke aja. Hehe

#Note: pemandangannya cakeup! 

Kalau pengen dianterin mas-mas Gocar bisa sih, tapi katanya pulangnya tanggung sendiri karena gak ada angkutan keluar, kecuali berjalan kaki dulu keluar menuju jalanan utama yang dilewati angkot yang berjarak kurleb 3 KM. 

Adeuw, alamakjang banget jauhnya ya. Tapi boleh juga kalau stamina kamu bagus dan pengen sekalian olahraga misalnya. 😄

Tapi kalau bareng keluarga yang ada anggota genk masih anak-anak atau sudah manula, saya sarankan kalau kesini lebih baik naik kendaraan sendiri ya, plus sedia energi yang banyak, alias sarapan dulu karena nanti jalan di lokasinya juga ada area menanjak 😉👌





Ada Apa Aja Sih di Taman Kelinci Batu Ini?

Namanya juga Taman Kelinci, jadi pastinya ada kelinci dong disini 🐰

(ditampol masal pembaca 😂) 

Syuna senang banget begitu dikasih tau kalau di taman nanti dia bakalan ketemu dengan kumpulan kelinci, jadi begitu sudah masuk ke area Taman dia langsung berhamburan sambil terus bertanya "Mana Ma kelincinya? Mana Bah kelincinya? Sembunyi kah?" sambil celingukan kanan kiri. hahaha. 

Aduh lucu juga, ternyata kelinci yang dicari cari sebagian bersembunyi di dalam rumah-rumahan dan juga semak yang berada di dalam area Taman Kelinci. Jadi anak-anak (termasuk Syuna) sibuk berlarian mencari kelinci disini.


Mereka pengen ngasih makan buat kelincinya karena saat masuk tadi bisa beli makanan khusus kelinci seharga 5ribu rupiah per gelas. 

Mereka excited banget ngasih makan kelinci, padahal.... 

.... Kelincinya udah kenyang, jadi ogah makan. 😂

Halo kelinci! 👋 

Nah, jadi Taman Kelinci ini mengusung konsep taman edukasi di area dataran tinggi. Taman Kelinci Batu ini menawarkan spot yang cocok untuk wisata keluarga (terutama anak-anak) dimana kita bisa berwisata sambil menikmati pemandangan indah dan udara sejuk khas pegunungan. Ditambah lagi dengan spot yang instagramable seperti:

💕  Kelinci-kelinci lucu di Taman Kelinci
💕 Rumah Kurcaci ala di film The Habbit, 
💕  Wisata Petik Stroberi, 
💕 Gazebo, 
💕 Pondok Susu Olahan dan Kampong Cafe (kemarin masih coming soon)

Pokoknya disinii tuh bisa unleash your narcism tanpa takut kantong jebol karena per spot foto nggak ada biaya tambahan seperti tempat foto-foto lain (tapi jangan ekspektasi tinggi juga karena yang bayar biasanya pasti lebih bagus). Intinya, kalau sudah kesini siapin baterai hape atau kamera karena kudu  foto-foto. At least motoin kelincinya deh. 😆

Disini juga disediakan fasilitas umum seperti toilet, tempat ibadah dan area parkir. So, sepertinya untuk fasilitas basic itu sudah tercover dengan baik. 



Oh iya, ini perlu dikasih highlight buat mamak dan abah nih, Kalau anak mau ngasih makan kelincinya harus tetap diperhatikan ya, soalnya kelinci itu giginya lumayan tajam dan bisa nggak sengaja kegigit tangan anak, kayak Syuna kemarin... 😩

Bukan luka yang berdarah-darah sih, tapi pastinya meninggalkan kenangan buruk sama anak tentang kelinci. 

So, jagain anaknya ya! 

Hal lain yang perlu diedukasi pada anak juga tentang bagaimana cara memegang kelinci yang benar, karena pas saya kemarin kesini tuh sebagian ortu diam aja waktu kelincinya ditarik-tarik sama anaknya. Padahal, kelinci itu termasuk binatang yang mudah stress loh! Jadi megangnya juga nggak boleh sembarangan, ada aturan gimana cara megangnya. Sama kaya kucing atau hewan peliharaan lainnya. Raiso suko-suko gitu lho. 

Sebenarnya dari pihak Taman Kelinci sendiri ada ngasih gambar petunjuk bagaimana cara memegang kelinci yang benar di spanduk.


Tapi... 

Ketutupan daun bambu yang tumbuh didekat spanduk dipasang, jadi kalau nggak dekat-dekat nggak bisa dibaca deh. (ini kalau saya ditambah lagi faktor mata yang minus)  Kalau petugasnya kemarin ada sih jelasin caranya pas ditanyain. 

Tapi saya kadung kzl liat ada anak-anak yang seenaknya sama kelinci disini, sementara ortunya sibuk main hape. huhuhu

Semoga bisa jadi masukan buat pihak terkait ya supaya ditingkatkan lagi edukasinya tentang kelinci pada pengunjung. 😉

🐰🐰 🐰 


Harga Tiket Taman Kelinci Batu


Yang pengen jalan-jalan kesini jangan lupa menyiapkan budgetnya ya. Harga tiket masuk Taman Kelinci Batu memang tidak terlalu mahal, teman-teman cukup menyediakan:

🐰 Tarif tiket: Rp. 5000,-
🐰 Tarif Parkir Motor: Rp. 2000,-
🐰 Tarif Parkir Mobil: Rp. 5000,-

Itu aja? Iya itu aja. 

Terus makanannya kelinci gimana? 

Oke, jadi Harga Tiket Masuk Taman Kelinci Batu ini tidak termasuk dengan pembelian pakan untuk memberi makan kelinci ya. 

Jika ingin memberi makan, maka teman-teman bisa membeli pakan yang dijual di dalam Taman Kelinci Batu Malang, kemarin saya belinya 5ribu per gelas kecil. Kalau membawa wortel atau pakan sendiri dari rumah saya kurang tahu boleh atau nggaknya, hehe. 


Saran: 

Jangan terlalu banyak beli pakan karena satu gelas kecil itu isinya sudah banyak banget, serius!

Kalau kalian kesini bawa banyak keluarga, bisa deh satu gelas kecil itu share in buat 5-10 orang. Soalnya kasian kan kelincinya kalau sehari ada 50 hari pengunjung (pasti lebih sih hehe) dan ke 50nya ngasih makan segitu banyak. Pasti perutnya penuh. 😅

Kemarin saya sekeluarga cuma berhasil ngasih kurang dari 1/4 gelas, dan sisanya dibuang ke tong sampah. 

Sayang banget kan beli malah dibuang? Gelasnya gelas plastik pula. 

🐰🐰🐰


Plus dan Minus. 


Oke, jadi saya mau bikin kesimpulan perjalanan saya kesini kemarin beserta  beberapa plus dan minusnya. Barangkali bisa jadi bahan pertimbangan kalau mau kesini :

(+) positif:

🍃Udaranya segar, pemandangan cakep.

🍃 Lokasinya relatif masih sepi di jam-jam tertentu, enak buat family time.

🍃 Instagramable, lokasinya enak dan cocok buat berfoto sendirian maupun bersama keluarga.

🍃 Tiket masuknya murah meriah!

🍃Edukatif, bisa banyak tahu soal kelinci apalagi kalau ada yang ngejelasin atau bisa diberondong pertanyaan.

🍃Ada warung yang menjual makanan di sekitar Taman, jadi nggak lapar-lapar banget. Makan mie rebus plus teh es pas laper juga oke kan? 👌

🍃 Lokasi dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya, jadi sekali berangkat bisa ke tempat lainnya. Asalkan matang-matang dihitung supaya tidak kehabisan waktu kunjungan ya! 😊 

(-) Poin negatif :

⛰️ Tempat untuk beristirahat sangat kurang, nggak sesuai dengan pengunjung yang banyak. 😢

Kalau sendirian sih nggak apa-apa. Tapi kasian anak dong kalau sempat kepanasan karena tempatnya nggak cukup dan harus berdiri karena tempat duduk penuh. Kalau gendong juga pegel.

⛰️ Lokasi penjual makanan dan minuman di luar area Taman Kelinci. Mungkin niatnya supaya nggak mengotori ya? Positifnya sih disuruh bawa air minum sendiri nih kayaknya, ngurangin sampah. 

LOKASI

🚩Taman Kelinci ini terletak di perbatasan antara Malang dengan Kota Batu, tepatnya di Desa Pandesari, Kec. Pujon, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. 

🕒 Jaraknya dari pusat kota Malang kurang lebih 35 KM dan bisa ditempuh dalam kurun waktu setengah jam.

✔️ Lokasinya dekat dengan dari spot wisata Omah Kayu-Paralayang Gunung Banyak. Bisa sekalian mampir laa kesana kemari. 😄

Nah, apa teman-teman tertarik buat jalan-jalan ke Taman Kelinci ini? 
33 comments

33 comments

Halo, terimakasih banyak sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^
  • fauziah
    fauziah
    Saturday, 26 January, 2019
    Iya nih.. Aku sering kasihan ma kelinci2nya..kliatan capek.. Coba ada sipsipan..smacam Pegawai aja heheh
    • fauziah
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Hihi iya kan Mbaa... Tapi saya liat si kelinci juga kadang tidur siang di dalam rumah2annya kemarin itu
    Reply
  • eni
    eni
    Tuesday, 22 January, 2019
    Oiya,aku jadi ingat kalau belum mampir ke taman kelinci, hehehe. Siip deh lengkap ulasannya pakai positif negatif segala jadinya saya bisa tahu harus gimana nanti saat ke taman kelinci
    • eni
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Supaya tau apa saja persiapannya ya Mbaa... Suip deeh ;)
    Reply
  • Rizky Ashyanita
    Rizky Ashyanita
    Thursday, 17 January, 2019
    Ya ampun nyesel banget dulu diajakin main kesini nolak mulu eh tau tau udah pindah aja dr Malang huhu

    Ini taman kelenci yg pernah viral kelincinya ada yg mati itu gak sih mbak?
    • Rizky Ashyanita
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Kemarin aku liat ada dua taman kelinci, nah kalau yang aku kunjungi ini yang terbaru. Sepertinya sih bukan yang dimaksud :D
    Reply
  • Ruli retno
    Ruli retno
    Wednesday, 16 January, 2019
    Aku belom pernah kesini, hiks.. Kayanya baru kah? Kayanya kalo kesana kudu bawa kendaraan sendiri ya. Naik gocar bisa kaya jelangkung, datang tak di jemput pulang tak di antar. Wkwkwk..
    • Ruli retno
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Betull... Baiknya naik motor pribadi saja mbak Ruli :D
    Reply
  • Aswinda Utari
    Aswinda Utari
    Wednesday, 16 January, 2019
    Wah mb leha taman kelinci di sini bikin mupeng deh. Soalnya kelincinya di lepas gitu ya mba. Kemarin waktu ke amanah anak sy kapok kepo sama kelinci. Krn kelincinya bau diem dikandang aja. Haha. Kalo begini emg pengunjungnya banyak ya. Hati2 perut kelincinya.. Ntar meledak kekenyangan.
    • Aswinda Utari
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Wkwk iya, enak banget buat diajak main bareng2. Bulu2 kelincinya soft banget kemarin pas dielus2
    Reply
  • Mia
    Mia
    Wednesday, 16 January, 2019
    Hehe...ada sate kelincinya nggak di situ? Kl pas ke malang biasanya pasti nyempetin beli & makan sate kelinci.
    • Mia
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Nggak ada sih, tapi malamnya sepulang dari sini mampir ke depan BNS nyobain sate kelinci untuk pertama kalinya hehe
    Reply
  • Latifika
    Latifika
    Wednesday, 16 January, 2019
    Ga kesini pas ke Batu, hiks. Cuma akhirnya bisa ke rumah kelinci yang di banjarbaru, heboh syekali nak anak, hahaha. Kalo di banjarbaru ga pakai wortel mba, pakai daun rumput gajah apa ya klo kd salah, jadi aman ga bakal tergigit. Baru tau maknya kelinci bisa makan daun
    • Latifika
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Hihi iya, disini pun mamaknu juga baru tau kelinci bisa dikasih makan selain dedaunan dan sesayuran
    Reply
  • Enny Ratnawati
    Enny Ratnawati
    Tuesday, 15 January, 2019
    waaaa asiknya. aku dah lama bgt gak ke malang hehehe..udah lupa kapan trakhir ke Malang wkwkw. makasih inpohnya ya, kalau ada rejeki boleh juga kesini yaa
    • Enny Ratnawati
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Yep, tiketnya murah banget Mbak :D
    Reply
  • Umi Diwanti
    Umi Diwanti
    Tuesday, 15 January, 2019
    Jadi ingat sama kelinci peliharaan kami yang matian pas musim hujan.

    Klo ada langkah ke Malang mudahan bs berkunjung ke sini.
    • Umi Diwanti
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Aamiin...
    Reply
  • utari ninghadiyati
    utari ninghadiyati
    Tuesday, 15 January, 2019
    Kelincinya lucu-lucu bikin gemes. Pemandangannya asri banget. Tempatnya keren deh.
    • utari ninghadiyati
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Iyak Mba Utari ^^
    Reply
  • Laily Fitriani
    Laily Fitriani
    Monday, 14 January, 2019
    Saya penasaran banget dengan taman Kelinci ini Mbak. Padahal saya pernah juga ke Pujon. Semoga bisa jalan-jalan ke sana deh. Terima kasih banyak atas informasi jenengan Mbak.
    • Laily Fitriani
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Suip... Semoga lekas terobati rasa penasarannya ya Mbaak
    Reply
  • Vivian Wahab
    Vivian Wahab
    Monday, 14 January, 2019
    Tiketnya sangat terjangkau dan tempatnya asik ya, kayaknya wajib ajak anak-anak kesana ini. Makasi infonya ya mbak...
    • Vivian Wahab
      Zulaeha Achmad
      Monday, 28 January, 2019
      Sama-sama... Semoga bermanfaat ya Mbak ^^
    Reply
  • Nyknote
    Nyknote
    Friday, 11 January, 2019
    Asikkk jalan-jalan sama keluarga nih. Btw harga Taman Kelinci skrg 10rb. Msh murah sih bisa memberi pembelajaran pd anak2 kita ttg binatang kelinci dan kehidupannya. .
    • Nyknote
      Zulaeha Achmad
      Saturday, 12 January, 2019
      Wah, naik toh? Ini latepost sih jalan-jalannya tahun kemarin. Makasih ya infonya, nanti saya tambahkan supaya bisa jadi referensi.

      10rb masih murah yo Mba, bertiga cuma 30rb hehe
    Reply
  • Nyknote
    Nyknote
    Friday, 11 January, 2019
    Asikkk jalan-jalan sama keluarga nih. Btw harga Taman Kelinci skrg 10rb. Msh murah sih bisa memberi pembelajaran pd anak2 kita ttg binatang kelinci dan kehidupannya. .
    Reply
  • Dyah
    Dyah
    Friday, 11 January, 2019
    Mantap nih cerita jalan jalannya
    • Dyah
      Zulaeha Achmad
      Saturday, 12 January, 2019
      Alhamdulillah bisa jalan-jalan Mbak
    Reply
  • Nanik Nara
    Nanik Nara
    Friday, 11 January, 2019
    Anak-anak saya suka kelinci, pasti bakalan seneng banget kalau diajak kesini.
    Tapi anaknya ada 3, mesti mikirin cara bawanya juga nih kalau melihat medannya kayak gitu
    • Nanik Nara
      Zulaeha Achmad
      Monday, 14 January, 2019
      Tantangan tersendiri jadinya ya :D
    Reply
  • Tatiek Purwanti
    Tatiek Purwanti
    Friday, 11 January, 2019
    Halo, Mbak. Salam kenal, ya :)
    Tertarik banget ke Taman Kelinci, tapi belum jadi2, hehe. Cuma pernah ke Taman Kelinci yg di Milkindo, Kepanjen. Iyes, di situ juga ditunjukkan cara megang kelinci yang benar. Kasian kelincinya kalo diperlakukan seenaknya, hiks. Kebetulan si sulung dulu pernah peliharaan kelinci di rumah. Tapi Pas dilepas di kebun malah hilang :(
    Eh, curhat :D

    Moga bisa ke Batu dalam waktu dekat. Udah dua tahun-an gak ke sana, sih.
    • Tatiek Purwanti
      Zulaeha Achmad
      Monday, 14 January, 2019
      Halo Mba, salam kenal kembali :D

      Kemarin aku juga pengen mampir ke Taman Kelinci yang satu itu Mba, tapi batal. Hehe
      Terus, soal kelinci itu memang ya, harus digalakkan lagi deh adab memegang kelinci yang benar itu bagaimana, terutama pada anak-anak. Yuk Mba, kalau ada waktu kesini juga :)
    Reply