Sabtu, Mei 20, 2017

Kenangan Manis Dalam Segelas Minuman Herbal


Kalau biasanya di drama itu tokoh utama bertemu karena nggak sengaja bertabrakan dan jatuh cinta di pandangan pertama, maka untuk kasus saya pertemuan kami diawali dengan pencarian obat.

Yups, pertemuan kami diawali dengan seorang pak mantri yang sedang mencari obat. Dan bukan sembarang obat, yang dicari adalah obat yang berkhasiat sebagai hepatoprotektor.


Oh, Hepatoprotektor? Apa itu?

Hepaprotektor berasal dari bahasa latin Hepar yang berarti hati/liver dan protektor yang berarti pelindung.
Singkatnya, Hepatoprotektor adalah pelindung hati.
widiiih... keren-keren artinya syahdu amat yaaa... Hihi.

Jadi ceritanya begini...
Pada suatu malam, pak mantri (sekarang udah jadi pak suami) kebetulan mampir ketempatku bekerja sepulang dinas dari rumah sakit buat nyari obat.
Iya pals, obat hepatoprotektor yang tadi itu ^^

Naaah, kalau udah nyari obat yang berfungsi sebagai hepatoprotektormaka salah satu yang paling sering digunakan dalam dunia medis adalah Temulawak. So, waktu itu saya kasih dia tablet ekstrak temulawak (curcuma tablets) deh.

Malam itu adalah pertemuan singkat yang akhirnya membawa kami lebih dekat, dan sampai akhirnya menikah.
Yaa... meskipun waktu itu dunia nggak langsung berwarna merah jambu dan semua orang ngontrak karena seisi dunia punya kami berdua, kami selalu mengenang si hepatoprotektor, Temulawak, yang menjadi alasan kenapa kami berdua bertemu, dan seperti fungsi si Temulawak tadi itu, alasan kami menemukan hepatoprotektor kami.

Makanya kalau ingat temulawak, pak suami langsung cengar-cengir.
Hmm... ketahuan kan kalau niatnya waktu itu bukan cuma pengen beli itu doang, tapi ada tambahan kalau lagi modusss. Mau ngetes saya kali ya, kali aja nggak tau hepatoprotektor itu apaan :D (padahal taunya pengertian itu doang sih, hahaa... )

Pokoknya, herbal Temulawak itu punya 'kenangan' tersendiri buat kami berdua.
Ngomongin Temulawak ini nih, selain membawa kenangan manis, dia juga menyimpan buanyaaak banget manfaat lho!

Yuk kita cari tahu ^^




SEKILAS TENTANG TEMULAWAK


Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (family Zingiberaceae). Tanaman ini merupakan salah satu tanaman asli Indonesia dan Malaysia yang sudah lama menjadi bagian dari pengobatan tradisional.

Temulawak terbukti memiliki berbagai aktivitas hayati seperti anti inflamasi, penyembuh luka, dan menurunkan kadar kolesterol, Temulawak juga memiliki sifat antioksidatif karena mengandung senyawa kurkumin, yang telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker kulit atau payudara,

Selain itu Temulawak juga memiliki khasiat yang lain, misalnya :
• Menderaskan ASI (lactagoge)
• Menangkal radikal bebas (Antioksidan)
• Temulawak bersifat Hepatoprotektor, Temulawak digunakan untuk mengobati radang hati (Hepatitis) 
Zat Kurkumin juga memberikan manfaat sebagai Anti Inflamasi (anti radang) dan Anti Hepatotoksik (anti keracunan empedu) yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati (liver).
Sebagai obat kimia, bisa dibilang Termulawak merupakan pilihan paling baik, dibandingkan dengan obat lain yang menimbulkan efek samping. ^^


Huwaaa...  khasiatnya bejibun euy, bikin mupeng!

Khasiat Temulawak yang awalnya cuma ilmu turun-temurun (empiris) itu juga sudah dibuktikan melalui riset ilmiah dan juga diuji laboratorium. Nggak heran kalau bahkan Presiden RI, Bapak Joko Widodo aja udah 17 tahun rutin minum jamu Temulawak. Bisa jadi ini dong rahasia Bapak Presiden selalu sehat walafiat blusukan kesana sini :D


Dari Mama, aku juga sudah membuktikan salah satu khasiat Temulawak yaitu untuk mengobati maagh, iya, dulu Mama pernah terkena maagh yang sangat parah, bahkan sampai berbulan-bulan dirawat di Rumah Sakit karena asam lambung yang tidak stabil.

Mama berobat kesana kemari dan konsultasi ke berbagai dokter, mulai dari dokter umum sampai spesialis, bahkan saking parahnya pernah dirujuk ke RS besar di Banjarmasin.
Sampai akhirnya beliau memutuskan untuk mulai beralih ke pengobatan alami. Hal itu dikarenakan obat-obatan modern yang didapatkan dari dokter tidak menunjukkan hasil memuaskan meskipun sudah bertahun-tahun di ikhtiarkan.
Selain itu, beliau juga tidak tahan karena obat yang disuruh minum sangat banyak, beliau khawatir obat-obatan kimia itu akan berpengaruh buruk pada ginjal.
Mama pun mencari tahu tentang Temulawak dari buku-buku, kalau nggak salah dulu itu rujukan beliau buat bikin ini itu buku karya Prof.Hembing Kusumawijaya :D

Alhamdulillah berkat menjaga pola makan serta rajin minum rebusan Temulawak, maagh beliau sekarang sudah sembuh total ^^

Makanya, kalau ingat cerita itu saya jadi terpana sendiri, nggak nyangka kalau ternyata manfaat si rimpang Temulawak itu bisa mengalahkan obat-obatan modern yang harganya ratusan kali lipatnya.
Mungkin karena itu saya jadi ikut-ikutan kebiasaan Mama minum rebusan Temulawak untuk menjaga kesehatan, terakhir saya rutin minum jamu Temulawak pas awal menyusui Syuna di 6 bulan pertama karena manfaatnya sebagai Lactagoge (pelancar ASI).

Waktu itu bikinnya juga rada repot, mesti pakai panci dari tanah liat buat merebus supaya alami,  juga mesti ikhlas kuning-kuning dulu tangannya kalau lagi motong rimpang Temulawak. :D



Tapi enaknya sekarang itu sudah ada Herbadrink Sari Temulawak dari Konimex yang diracik dari Temulawak asli. Produknya tersedia di apotek mini market, bahkan pasar dekat rumah.
Nggak ribet-ribet lagi, tinggal larutkan serbuknya dalam air ^^


4 Alasan  Saya Memilih Herbadrink Sari Temulawak

1. Sehat
Karena terbuat dari herbal maka pastinya efek buruknya minimal, apalagi Herbadrink Sari Temulawak ini produk dari Konimex Indonesia yang udah berpengalaman 39 tahun di dunia obat-obatan Indonesia. 
Kalau buat minuman segar pas nongkrong sama keluarga menurut saya sih mendingan beli minuman herbal kaya Herbadrink ini, sekaligus melestarikan tradisi jamu bangsa kita ^^

2. Praktis & Higienis
Naah, karena saya itu orangnya suka sok sibuk, jadi pastinya kalau ada yang cepet dan gampang, pasti lebih memilih yang itu, Herbadrink Sari Temulawak ini sangat praktis karena bisa saya bawa kemana-mana juga, kan bentuknya sachet.

3. Enak
Saya sering kesulitan menambahkan gula buat bikin jamu Temulawak sendiri, soalnya nambahin gulanya suka sambil bercermin, kan jadinya kemanisan, uhuk.

Ya pokoknya gitu, karena meraciknya pakai insting doang, jamu Temulawak homemade rasanya mesti dikoreksi berkali-kali sampai benar-benar enak. Kalau rajin dan punya banyak waktu mungkin bisa dikerjakan, tapi kalau sibuk dan pengen yang praktis bisa langsung ambil Herbadrink Sari Temulawak ini aja ^^.

4. Mudah didapat
Herbadrink Sari Temulawak ini tersedia di apotek kecil dan besar, minimarket dekat rumah, bahkan pasar tradisional, jadi gampang nyarinya, di kota kecil saya di Kalimantan ini aja ada :D
Selain toko offline, Herbadrink juga bisa dibeli secara online di Konimex store ^^



Apa saja varian dari Herbadrink Sari Temulawak?

1. Herbadrink Sari Temulawak dalam bentuk serbuk yang mengandung ekstrak Curcuma xanthorrizha rhizoma 2,2 gram setara dengan 800 mg rimpang segar Temulawak, gula dan bahan lainnya hingga 18 gram.
2. Herbadrink Sari Temulawak sugar free yang bebas gula namun tetap terasa manis karena mengandung pemanis buatan Sukralosa, kandungannya pun serupa dengan yang non sugar-free.


Saya sendiri pilih Herbadrink Sari Temulawak yang original dengan tambahan gula, soalnya saya lebih suka yang minuman bergula, tapi ini tergantung selera ya karena keduanya sama-sama berbentuk serbuk dan tinggal dicampur air putih saja ^^.


Yang pasti saya suka sekali dengan Herbadrink Sari Temulawak, selain varian Sari Temulawak, saya juga punya varian favorit yang lain, yaitu  Herbadrink Kunyit Asam. Kalau suami saya belakangan suka dengan yang Herbadrink varian Sari Jahe

Kami sekeluarga biasanya meminum Herbadrink Sari Temulawak sambil santai sore, atau sepulang kerja. Hal yang saya rasakan sesudah rutin meminum Herbadrink Sari Temulawak adalah selera makan yang lebih baik, badan yang terasa lebih nyaman, kulit yang lebih halus, serta tidur yang juga lebih enak ^^



Cara membuat segelas Herbadrink Sari Temulawak itu gampang, yakni tinggal diseduh dengan kurang lebih 150 ml air putih hangat atau dingin, kalau saya sih lebih suka dengan air dingin, lebih segar! ^^.
Kalau air panas, saya senangnya itu buat menyeduh Herbadrink Beras kencur atau Herbadrink Sari Jahe.

Herbadrink Sari Temulawak ini juga bisa dicampur dengan bahan lain untuk berkreasi, tapi kalau buat saya minum ini saja sudah enak kok rasanya, aroma langu dan sepat dari herba Temulawak sudah hilang. 
Berkreasi dengan taburan selasih~

Mendekati bulan Ramadhan, sepertinya perlu nyetok Temulawak nih buat minuman takjil setelah seharian berpuasa, rasanya segar dan sehat pastinya karena punya banyak khasiat dari ujung kaki hingga ujung rambut.

Kalau kamu, ada punya kenangan tentang Temulawak juga nggak? :D

38 komentar on "Kenangan Manis Dalam Segelas Minuman Herbal"
  1. aku juga minum herbadrink temulawak mb enak diseduh pake air dingin segeeeer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener teh, ngejamu sekarang nggak perlu repot lagiii

      Hapus
  2. Besok sy cuss mau beli juga aah..
    Untuk pelindung hatiku dari godaan drakor yang terkutuk.. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup setan yg terkutuk, kasian si oppa kalau ikut-ikutan dikutuk. Eaaaa 😂

      Hapus
  3. bikinnya praktis banget herbadrink, ga perlu ribet dan memakan waktu lama hehehe saya juga stok dirumah beberapa varian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, say goodbye buat tangan yg bernoda kuning 😁

      Hapus
  4. Aku blm pernah nyoba e mb..soalnya tak kira pahit kayak kebanyakan jamu. Ternyata nggak tho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manis mba, udah ada gulanya jd gaperlu repot-repot nambahin lagi hehe

      Hapus
  5. aku juga termasuk orang yang gampang banget magh mba, nggak sembuh2 dari dulu
    pengne deh coba temulawak ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicoba mba, tapi mesti sabar ya, prosesnya lumayan lama ^^

      Hapus
  6. Ini nih penjaga hati dlm arti sebenarnya. Bukan kayak lagunya Ari Lasso. Wakakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaa... nambah lagi istilah penjaga hati wkwkwk

      Hapus
  7. dulu ibuku sering membuatkan aku godokan temulawak, setelah keluar dari rumah aku gak pernah minum temulawak lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, padahal banyak khasiatnya mba. Kalau sibuk ga sempat bikin bisa kok diganti sama Herbadrink Temulawak ajaa

      Hapus
  8. dulu aku suak dibikinin godokan temulawak sam ibuku, sekarang dh ada yg praktis ya

    BalasHapus
  9. Dramanya menarik, Mbak. Dibikin buku seru kayanya.
    Aku dulu juga suka minum temulawak. Selain memang menyehatkan juga menyegarkan ya. Sekarang serasa diingatkan kembali untuk rajin minum temulawak lagi. Badan mulai sering drop. Makasih diingatkan, Mbak. Mau meluncur beli Sari Temulawak ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entah siapa mba yang mau beli buku saya :D
      Yuk dicoba dulu, daripada beli softdrink mending minum Sari Temulawak, lebih sehat :D

      Hapus
  10. Wah, aku baru tahu kalau temulawak bisa mengobati maag ya mba. Sola rasanya kayaknya enak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mba pengalaman Mama pribadi

      Hapus
  11. Kalau sudah dibuat sari temulawak jadi gampang minumnya ya. Btw, beneran nggak sepahit aslinya ya?

    BalasHapus
  12. Aku kenal ini dulu lagi ngontrak lihat tetangga mbak,ehh pas ngicipin ternyata enak juga seger apalagi kalo pakai air dingin. Btw banyak banget manfaatnya utk kesehatan kita ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, enak rasanya, berkhasiat pula :)

      Hapus
  13. waah, jodoh ga disangka-sangka yaa.. gegara obat :)

    BalasHapus
  14. Eeeaaaa.... kenangan maniss jerrr wkwkwkw btw, ulun hanyar tahu kalo temulawak bagus untuk liver sma penyembuh maag.. sachetan itu aman lah mba leha?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman, kan sachetan itu higienis ;)
      Iya ae manis, kuitan ampih garing tu kenangan manis banar yalo, wkwkwk
      Mama ulun sampai sekarang masih minum lhooo :D

      Hapus
  15. glekkk
    kayaknya seger banget mbak :D

    BalasHapus
  16. Bener nih mbak, tewulawak menang luar biasa...Dulu ayah mertua itu bisa seperti orang enggak kena kanker hati loh karena rutin meminum ramuan temulawak ini. Dulu saya ngebus, sekarang malah ada lebih praktis karena ada Herbadrink sari Temulawak ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mantab mb pengalamannya, Temulawak emang khasiatnya ngga perlu diragukan lagi ya, apalagi Herbadrink udah mengemasnya dalam kemasan modern begini :)

      Hapus
  17. Temu lawak memang ga diragukan lagi. Banyak banget khasiatnya :)

    BalasHapus
  18. Aku blum pernah nyobain ini mbaaa... tiap hari tukang jamu tradisional lewat hihii
    Ihiy temulawak punya kenangan berdua..
    Tapi aku baru tau hepatoprotektor inii^^ goodluck mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiih, hehe... *jadi maloe* :p
      Ditempatku udah jarang yang lewat mba, makanya pake ini rasanya praktis banget ^^

      Hapus
  19. Wah saya baru tau kalau temulawak juga bisa untuk obati sakit maag. Kalau udah ada minuman tinggal seduh jadi enak, khususnya buat orang malas macam saya. Tibang marut2 temulawak, mending langsung seduh aja.

    BalasHapus
  20. Hihi iya miss Nita, praktis, ditambah lagi rasanya enak, saya pribadi juga udah lama minum Herbadrink ini sekalian buat mengurangi konsumsi softdrink :D

    BalasHapus

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature