Jumat, Maret 03, 2017

[HEALTH] 6 Tips Memelihara Mata Untukmu yang Berkacamata (++Pengalaman Pribadi)


Salah satu masalah kesehatan pribadi yang menjadi perhatianku setiap tahun adalah mata, karena setiap tahun mesti dipantau bagaimana minusnya, naik apa nggak, bagaimana silindernya, naik juga atau nggak, terus ada keluhan yang lain apa nggak dan sebagainya.
Alamakjang... lelah hayati kalau ingat masalah yang satu ini.

Sebenarnya aku sendiri minus udah lama, tepatnya sejak masih SMP. Pertama kali merasa pandangan merasa kabur itu pas kelas XIII alias kelas 2 SMP tapi waktu itu nggak nyadar, cuma kadang pas melihat bacaan papan tulis mesti memicingkan mata supaya Jelas

Terus naik ke kelas 3 tambah, aku berinisiatif buat duduk dibarisan paling depan dan mulai berpura-pura budeg diprotes teman dibelakang karena waktu itu dikelas tergolong berbadan tinggi, duduk didepan kan bikin mereka susah liat papan tulis, hehe...

sumber : pinterest

Nah dikelas tiga ini minus mataku lumayan naik dibandingkan dengan minus pas masih kelas 2 dulu, benar-benar perlu kacamata. Waktu itu udah coba ngomong ketempat mama belum ada tanggapan.

Daaaan... kebiasanku waktu itu parah banget. serius.

Hobiku itu baca komik, baca novel, baca majalah, koran, semuanya.
Pokoknya waktu itu ngisi biodata haqqul yaqin deh nulisnya itu HOBI : MEMBACA.

Ya membaca bikin pinter sih, tapi caranya yang salah... Aku suka membaca sambil berbaring (sering ditegur tapi anaknya suka ngeyel ck) dan aku tipe orang yang selalu membaca novel marathon, hari ini mulai baca berarti hari ini juga selesainya, mau mati lampu kek, mau tengah malam kek, hajar bleh ga peduli harus khatam.

Salah satu novel yang kutamatkan dalam satu hari adalah novelnya Waheeda El-Humayra yang judulnya The Sacred Romance of King Sulaiman & Queen Sheba. Tebalnya sekitar 256 pages, dan waktu itu mati lampu!

Start membaca mulai siang hari dan finish pas ba'da isya sekitar jam 9:30 PM.
Sebuah prestasi yang tentu berkontribusi besar dengan mata minus~ wkwkwk

sumber : goodreads

Lanjut SMF, nah disini aku akhirnya nggak tahan lagi dengan mata yang kabur dan waktu belajar juga mesti pakai kacamata setiap hari supaya bisa melihat papan tulis.

Alhasil akupun mengadu buat dibelikan kacamata, tapi ternyata habis ngukur minus mata di optik, mama bilang kalau beliau ada punya kacamata yang minusnya kurang-lebih seukuran dengan minus mataku (waktu itu minus 1.0 + 0,75), jadi boleh dibilang kacamata pertamaku adalah kacamata lungsuran.

Ada efeknya?

Oh, ada... karena yang namanya juga "kurang-lebih" seukuran jadi artinya si kacamata ini bukan di desain khusus, jadi minus mataku sukses meluncur (meskipun dalam 3 tahun sudah berganti kacamata beberapa kali pun dan hobi makan jus wortel) sampai akhirnya kelulusan ditahun ketiga mataku tercatat minus 2.25 (!!!!!!!)

Jadi ya emak-emak, dengerin keluhan anak kalau udah matanya nggak enak jangan dicuekin aja, nggak bisa diganti loh, jangan sampai menyesal deh.

Pas penyumpahan aku belajar pakai soft lense supaya nggak pakai kacamata. Tapi nggak terlalu nyaman karena rasanya was-was lupa nyopot. hihihi dilematissss...

Jadi mengingat angka minus mata, akupun googling keberbagai website dan mulai mencoba menerapkan healthy habits agar minus mataku nggak membubung ke angkasa raya.

Langkah preventif ae karena kata spesialis mata mata minus ini cuma bisa diredam dan kecil banget kemungkinan sembuhnya, hiks.

Eh, bisa sembuh deng, dilasik, kemungkinan besar sembuh, muahal tapi. mau?

Langsung aja, this is my all-for-healthy-eyes regime...

 #1 | Minum Jus Wortel (3 Hari Sekali) 

Kabar baiknya adalah aku suka makan buah dan sayur, termasuk si wortel ini:D
Dan tentunya kalau minum jus wortel ini jarang ada yang minta karena banyak yang suka karena ada yang bilang rasanya langu, pahit dan lain-lain, intinya banyak yang nggak suka tapi aku doyan. Ini pas masih SMA ya, zamannya jajan bagi-bagi sama temen :p

sumber : dreamstime
Pas kawin aku baru tau kalau ternyata bahnuuy ini pemakan wortel (juga) sepertiku, sampai-sampai katanya dulu punya gelar Bugs bunny di asrama saking hobinya ngemilin wortel.

So, ini juga sedang tahap merajinka... tiga hari sekali, maksimal seminggu sekali lah ^_^
Bersihkan kulit arinya dan blender, tambahkan madu. nyumm~

sumber : hihealth.com
Untuk sayuran kata websitenya direkomendasikan sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kale karena mengandung banyak Lutein.
Jadi sering-sering bikin sayur bening ya? Okaysss

 #2 | Mengkonsumsi Suplemen Vitamin Mata. 

Ini habis konsultasi ke tempat dokter mata kemaren dikasih vitamin mata, tapi karena nggak minum rutin alias loncat-loncat aku nggak merasa ada efek yang berarti, cuma banyak juga yang repurchase karena mengkonsumsi rutin sebutir sehari dan result-nya memuaskan. Testimoni yang pernah kudengar langsung adalah vision mereka terasa lebih nyaman dan lebih terang.

So, let's give it a try :)


Vitamin mata yang sedang ku konsumsi adalah Optalvit tablet, dengan dosis 2-3 hari sekali diselingi dengan konsumsi buah dan jus wortel.


 #3 | Tidak Over Lagi Menggunakan Mata.

Seperti yang sudah ku mention sebelumnya, mata minusku diawali dari memaksa mata bekerja sampai kelelahan dan akhirnya nggak lagi normal.

Jadi sekarang aku menerapkan hal-hal sederhana untuk menjaga mata, misalnya
  • Nge-setting brightness paling rendah pada laptop dan smartphone supaya mata nggak lelah memandangi layar gadget.
  • Berhenti membaca saat berbaring. jujur karena sudah kebiasaan yang ini agak sulit diterapin :(
  • Nggak lagi memaksakan membaca jika ditempat yang gelap, lebih baik berpindah dulu ketempat dengan pencahayaan yang lebih bagus atau sekalian ditunda aja kalau memang nggak bisa mencari tempat yang cahayanya cukup, misalnya kalau lagi mati lampu.

 #4 | Memakai Tetes Mata Vitamin 

Nah, yang ini juga dapat dari anjuran dokter katanya supaya mata ternutrisi.

Cuma please note sebelum memakai aku masih tetap merekomendasikan buat konsultasi berapa tetes dosis yang tepat buat Kamu ya, aku penganut garis keras kalau beda mata beda dosis. Hohoho

So far nyaman-nyaman aja sik berasa segeran, mata nggak gampang lelah ^^
Oh iya, namanya Cendo Augentonic.

 #5 | Saat Mata Kering, Memakai Tetes Mata Pengganti Air Mata 

Pernah nggak pas tengah hari mata terasa pedih karena kekeringan?
aisss beneran ribet banget, bawaannya pengen ngucek gemes. Wkwkwk


Nah, sekarang aku juga punya solusinya. Yuhuuu~
Aku memakai artificial tears alias pengganti air mata namanya Cendo Cenfresh. Yang pastinya steril dan juga punya mempunyai nilai dapar yang sesuai dengan air mata yang aslinya, jadi aman :D

 #6 | Olahraga Mata 

Apa? Olahraga mata?
Eh iya beneran olahraga mata lho, jadi bukan cuma badan aja tapi ternyata mata butuh olahraga :)

Sebenarnya olahraganya juga simpel, misalnya melatih fokus mata dengan pensil, memutar bola mata searah atau melawan arah jam dan rileksasi mata dengan mengusapnya memakai kedua telapak tangan.


sumber : http://www.top10homeremedies.com

Selain itu aku juga dapat nasehat untuk meluangkan waktu setiap kali sedang berinteraksi dengan gadget, per 30 menit aku melakukan gerakan memutar bola mata atau melihat yang warnanya hijau-hijau supaya mata kembali rileks.


***

Nah, itu dia 6 Tips Memelihara Mata Minus yang juga sedang aku galakkan pada diri sendiri.
Mau coba? 
45 komentar on "[HEALTH] 6 Tips Memelihara Mata Untukmu yang Berkacamata (++Pengalaman Pribadi)"
  1. Mbak, olahraga mata boleh di mol nggak? Liat2 baju, aksesoris, jajan hohoho yang ada dompetnya jadi kurus, bukan matanya yg sehat hahah

    Aku kl bkin jus wortel biasanya dtambah beberapa sendok jus nanas. Enak. Kalo pas takarannya sih 😁

    Wes pokoknya ini blh dicoba lah, mataku jg minus. Tiap taun nambah 0,25 haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak boleh, amira.πŸ˜‚
      Bukannya olahraga mata yang ada mata jadi ijo, terus pulang-pulang kena kantong kering. Wkwkwkwk

      Boleh juga nih ditambah jus nanas, belum pernah nyobain, enak ya?
      Ayooo coba-cobaa πŸ™

      Hapus
    2. Enak mbak, tp ya jangan banyak2 sih haha
      Satu gelas wortel itu ditmbh 2-3 sendok jus nanas. Rasanya biar nggak getir kayak masa lalu mbak πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  2. Saya minus 3, udah eror banget mmata, 3 bulan sekali periksa mata dan dikasih vitamin. Jus wortel sering banget di awal-awal, eh sekarang jadi bosen. Akhirnya hanya vitamin. TFS mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kalau keseringan bikin bosen kali ya, kadang wortelnya malah kubikin rujak mba, lumayan nggak ribet buka-bersihin blender :)

      Hapus
  3. Wah..aku juga nih cepet banget berubah ukuran kacamatanya. Meski naiknya gak drastis drastis amat sih. Waktu awal pake kacamata sih gaya, pingin pake yg ada transvisionnya eh udah mHal.mahal gak taunya tahun depan ganti ukuran.. Sejak itu gak pernah lagi sok gaya pake yg transvision..wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pediiih...

      Pernah punya pengalaman serupa gitu juga mba, bukan ganti karena minus naik sih, tetapi karena kacamatanya patah... udah bikin kacamata mahal-mahal eh ternyata nggak sengaja keinjek temen. Disitulah saya kzl zbl tingkat dewa wkwkwwkk

      Hapus
  4. Mbaaaa aku sering banget melototin layar handphone pas lampu kamar tidur udah pake lampu bobo yang wattnya kecil. Karena klo lampunya terang, anak2 gak bisa tidur.

    Alhamdulillah mata aku masih normal sampai sekarang. Tapi suami nih yang minusnya udah lumayan gede. Takut nurun ke anak-anak. Makanya PR banget deh nyuruh mereka baca nggak sambil rebahan.

    Btw itu vitamin matanya bisa dibeli bebas tanpa resep dokter kah? Mau coba beli untuk suami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu iya sama, dulu kebiasaan. Biasanya smartphone sering ku setting mode malam mbak, kalau terlalu terang biasanya mataku perih.

      Membaca sambil rebahan itu surgawi sih mbak, enak. Hehehe.
      *alasan

      Itu suplemennya bisa dibeli diapotek tanpa resep dokter juga, soalnya dia bukan obat keras.

      Hapus
  5. Wah, memang mata butuh istirahat juga ya. Kalo di depan lepi seharian mataku jadi blawur. Makasih sharingnya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Wahyu :)
      Cahaya gadget itu bisa bikin mata jd lelah yahh... Jadi ingat dulu pas masih sekolah sering di depan laptop sampe subuh mungkin juga faktor minusku mba πŸ™ˆ

      Hapus
  6. Tipsnya oke banget. Alhamdulillah maataku normal, tapi saran di atas bagus juga buat kita yg normal menghindarin mata rabun.

    Makasih ulasannya. Salken juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senangnya masih normal, nggak perlu pakai kacamata dong. Semoga matanya sehat selalu ya :D

      Hapus
  7. Tfs yaa mbaaa... Mata minus aku dikit bgt. Ngga sampe 1
    Moga sehat terus yaa mba biarpun berkaca mata, yg pnting dijaga kesehatan matanyaaa😊❤️

    BalasHapus
  8. hemm temenku perlu tau soal ini, dia minusnya udah parah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasi tau dong,Sharing is caring :)

      Hapus
  9. Tetes mata kadang saya pakai juga walau mata nggak sakit, karena tiap hari kena debu kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bikin mata jadi segerrrr mbaaa hehe

      Hapus
  10. Wah aku baru tau ada vitamin untuk mata maaak. Aku mesti coba kayanya niiih. Makasi infonya ya maaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vitamin matanya bebas ya mak, gak mesti yang inii 😁

      Hapus
  11. Aku waktu kecil dibikinkan mama jus wortel satu botol tapi cuma kuminum beberapa kali. Nggak tahan sama baunya. Sekarang mata sudah minus 4. Heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gitu minum yang udah jadi tablet aja mak ^^

      Hapus
  12. Aku nih kok ngerasa minus tambah lagi. Buraaaam rasanya memandang jarak jauh hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan nambah lagi dong mba Pitaaa nanti bikin kacamata baru lagi, mihil :(

      Hapus
  13. baru tahu mbak ada tetes mata vitamin.. cuzzz mau nyari.. penting bgt nih,apalagi utk kita yg semakin usia yaa...

    BalasHapus
  14. Artikel yang sangat bagus untuk dibaca! Salam Kenal!
    freddygunawan.com

    BalasHapus
  15. Pingin banget terapi jus wortel biar wata kembali bening seperti sedia kala, ettdah ahhaha
    Akhir2 ini mata malah makin tambah item lingkar pandanya, kebanyakan ngeblog sih mbul ahahhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih blognya mba Nita nambah terus, tapi aku suka kok, semangat! 🐼

      Hapus
  16. ya ampun sama, aku juga kelas 8 mulai mines dan pakai kacamata. Pernah turun karena rajin konsumsi jus wortel plus apel. Nice info btw :D

    BalasHapus
  17. mbak itu novel King Sulaiman aku juga punya, tapi kayakna g aku habisin sehari deh.. hehe.. jaman kapan baca novel itu mbak? btw ada yg salah tuh mbak angka romawinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya abangku pulang kampungnya pagi minggu, terus senin subuh udah balik lagi mba Anne, jadi aku bertekad bacanya harus rampung satu hari. Hehee
      Maacih mba koreksinya 😁

      Hapus
  18. Mbak keren bener tipsnya.. Aku ini masih jarang banget minum jus wortel.. Harus disiplin ya. Terimakasih ya mbak 😊😘❤️

    BalasHapus
  19. Mataku minus juga nih mba. Minus sejak kelas 6 SD. Hihii. Btw, Cendo itu andalan aku dan keluarga kalau sakit mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, kalau yg berhubungan sama mata biasanya suka diresepin cendo sama dokter mata :)

      Hapus
  20. Aku baru tahu ni mba masih bisa ga y mba aku uda minus 3 soalnya. Aku pake cendo yg buat mata merah tuh mba karena dulu suka pke softlense.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat perawatan kayanya sih masih bisa mba :)

      Hapus
  21. Aku blm bisa menghilangkan kebiasaan baca sambil tidur. Tapi kalo minum jus wortel tanpa gula itu dah menjadi kebiasaan. Trus aku kalo pakai vit mata itu biasanya pas mata lg parah capeknya. Disaat seperti itu aku merasa sangat membutuhkan. Hiks... Tfs ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, tanpa sadar kadang banyak kebiasaan buruk yg kita lakukan. Sama2...

      Hapus
  22. waduhh aku cuek banget nih udah lama enggak berkacamata, padahal min dan ga pernah priksa, jadi deg-degan mau priksanya >.< makasih ya postingannya jadi ngingetin daku yang ber min ini

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo periksakan matanya berkala, aku pernah periksa setelah 2 tahun bolos dan ternyata nambah silinder :(

      Hapus

Halo, selamat datang di Blog mama Nuuran. (^^)v

Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya,jangan lupa sertakan link supaya kita bisa saling mengunjungi~

Terimakasih sudah mampir.

Custom Post Signature

Custom Post  Signature