Selasa, Februari 28, 2017

Yuk, Bersama Kita #LawanNeuropati Dengan Gaya Hidup Sehat!

Sumber foto : pixabay


Pas pertama kali saya membaca artikel yang berkaitan dengan neuropati, saya mendapatkan sebuah pertanyaan pembuka yang menarik : "Berapa jam sehari kamu memegang dan bermain gadget?"
Kalau saya sebagai blogger tentunya sering ya, sejak bangun tidur saya sudah ngecek smartphone, ditambah lagi mengetik di laptop, kalau ditotal-total seharian durasi saya bermain gadget lumayan lama.

Orang biasa yang bukan blogger pun saya yakin banyak yang bermain gadget dengan waktu lama, misalnya orang-orang yang bekerja kantoran.

Eh, tapi apa hubungannya sih sama Neuropati?

Belum selesai sampai situ dong, saat saya meneruskan membaca kembali artikel itu, saya menemukan hal menarik yang lainnya, ternyata memasak, menjahit, serta mengendarai motor juga mempunyai resiko kerusakan saraf.

Wow! saya terkejut membacanya, gimana nggak surprise, kan itu kegiatan sehari-hari saya dan juga kegiatan jutaan manusia yang lain.
Habis saya baca-baca lagi ternyata aktivitas yang cenderung berulang memang bisa jadi salah satu sebab umum neuropati, kegiatan memasak seperti merajang, mengaduk, menguleni dan teman-temannya kan berulang ya?

Menjahit dan mengendarai motor juga termasuk karena pergelangan tangan kita melakukan gerakan yang sama berkali-kali.

Waaah, seketika itu saya mengerti satu hal : ternyata tanpa disadari dalam kegiatan kita sehari-hari yang nampak biasa saja, banyak sekali pencetus neuropati yang mengintai kita!



 Ngomongin Neuropati.... 

Saya sendiri pernah mengalami beberapa gejala neuropati yaitu kesemutan dan kram. 
Dulu saya saat saya bangun dari tidur siang atau sedang bersantai membaca buku dan iseng-iseng menggerakkan kaki saya, tiba-tiba malah merasa kesemutan, kebas, bahkan merasa nyeri seperti tertusuk jarum. 
Rasanya sakit bukan main sampai saya meringis menahan sakitnya. Iya, meringis yang bikin muka jadi jelek gitu :|

Saya kenapa ya?
bingung saya waktu itu.

Nah, Ternyata hal-hal yang saya alami seperti kesemutan, kebas, dan nyeri tadi adalah salah satu gejala Neuropati!


Apa sih Neuropati? 

Dari tadi saya bicara soal Neuropati mulu ya, padahal saya yakin nih kalau nggak semua yang baca tau soal penyakit saraf yang satu ini.
Neuropati mungkin masih asing ditelinga kita, bahkan menurut riset yang diadakan PT Merck dan MarkPlus Insight pada tahun 2014, ditemukan fakta bahwa dari 900 responden di 6 kota besar, 90 % masyarakat Indonesia tidak tahu apa itu neuropati, padahal hampir semua orang pernah merasakan gejalanya, misalnya kram atau kesemutan.

Simpelnya, Neuropati adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi yang berhubungan gangguan fungsi saraf.
Perlu diketahui bahwa kesemutan setelah beraktifitas dengan kesemutan yang terjadi kapan saja itu berbeda, kesemutan karena terlalu lama duduk bersila bukan neuropati, namun karena pembuluh darah kita terjepit yang membuat asupan darah terhambat sehingga kita kesemutan. Sedangkan kalau kesemutan karena neuropati itu nggak ada angin nggak ada hujan kaki tiba-tiba saja datang padahal tidak sedang ditekuk, seperti kasus saya tadi itu loh, rasa nyerinya datang tiba-tiba meskipun saat saya santai dan tidak melakukan aktivitas.

 Fakta Neuropati di Indonesia? 

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Neuropathy Check Points Neurobion pada 5.478 orang di 8 kota besar di Indonesia, ditemukan bahwa 1 dari 2 orang berisiko terkena neuropati dan 38% dari kelompok usia 20-29 tahun juga telah berisiko neuropati.

Angka ini tergolong besar ya menurutku, dan bahaya sebenarnya itu kalau penderitanya ternyata nggak sadar kalau dia sedang mengalami Neuropati, yang tentunya bukan masalah sepele kalau dibiarkan berlarut-larut :(



AKIBAT NEUROPATI....

Seperti namanya, neuropati menyerang pada sistem saraf dan imbasnya membuat gangguan pada metabolisme tubuh. Misalnya :


  LAWAN NEUROPATI  


Nah, sesudah beberapa hari ini saya mempelajari neuropati, kesimpulanku adalah neuropati bukanlah penyakit yang ringan dan bisa diabaikan karena semua orang bisa mengalami dan bahkan nggak sadar kalau kesehatan sarafnya mulai terganggu.
Bahkan saya sendiri ternyata pernah mengalami gejalanya, padahal saya saat itu masih muda.
See?

Neuropati mengintai dari berbagai celah nggak pandang usia. Makanya kita harus selalu waspada. 
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melawan neuropati melalui gaya hidup sehat. Antara lain :

1. Diet sehat dan seimbang 
Makanlah makanan yang bergizi secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuhmu serta hindari mengkonsumsi junkfood. 

2. Olahraga Ringan
Misalnya sering berjalan di atas bebatuan yang bulat (seperti batu alam) tanpa alas kaki dapat menjaga keaktifan saraf tepi selain itu juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme serta membuang toksin dari tubuh, lakukan minimal seminggu 3 kali selama 10 menit.

3. Olahraga Neuromove.
Untuk mencegah Neuropati, para ahli kesehatan seperti  spesialis kedokteran olahraga dan spesialis saraf berkolaborasi menciptakan gerakan olahraga khusus yaitu Neuromove.
Mau coba? contoh sama video dibawah ini yaa :D


4. Istirahat yang cukup 
Meskipun kedengarannya simpel tapi jangan dianggap remeh ya, tidurlah yang cukup setiap hari. 


5. Menjaga kadar gula darah. 

Yup, karena neuropati berhubungan erat dengan diabetes ^^.

6. Konsumsi vitamin B kompleks

***


Kenapa Neurobion? 
Ini beberapa alasan kenapa kita perlu mengkonsumsi Neurobion sebagai salah satu upaya melawan neuropati :

#1. | Dosisnya tepat untuk konsumsi rutin harian.
Neurobion ada dua varian, yaitu Neurobion putih dan Neurobion Forte. Beda keduanya terletak pada kandungan vitamin B12, kandungan vitamin B12 (Cyanocobalamin) dalam 1 tablet Neurobion putih adalah 200 mcg, sedangkan kandungan vitamin B12 dalam 1 tablet Neurobion Forte sebanyak 5000 mcg.
Hal ini dikarenakan dosisnya ditujukan pada range usia yang berbeda, Neurobion putih ditujukan untuk usia dibawah 40 tahun, sedangkan Neurobion 5000 untuk usia 40 tahun keatas. Kenapa begitu?
Karena saat usia diatas 40 tahun maka tubuh akan mengalami penurunan dalam penyerapan vitamin B12, sehingga hanya 1-2 % saja yang terserap, makanya dosisnya berbeda ^_^

#2. | Memelihara kesehatan  & mencegah kerusakan sel saraf.
Vitamin B tergolong dalam vitamin essensial, artinya vitamin ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan mesti diasup dari luar ^^

#3. | Diproduksi oleh Merck, perusahaan farmasi Jerman terpercaya

#4. | Praktis, semua dalam satu tablet 
Untuk terapi pemeliharaan, kita hanya perlu meminum satu tablet setiap hari, praktis dan enak karena tabletnya bersalut gula, rasanya kalau diemut manis.. hihihi


Yuk, Kita ajak orang-orang di sekitar kita agar waspada akan neuropati.
Bersama Kita #LawanNeuropati bersama Neurobion!


| Referensi :
http://sarafsehat.com/
http://sarafsehat.com/lawanneuropati

| Sumber foto :
Twitter resmi Neurobion Indonesia
Koleksi pribadi
Pixabay.com

34 komentar on "Yuk, Bersama Kita #LawanNeuropati Dengan Gaya Hidup Sehat!"
  1. Waw tulisannya bermanfaat mbak..

    intinya obat ini ampuh untuk melawan neuropati ya.. Terimakasih informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa perbaiki gaya hidupnya juga :)

      Hapus
  2. Zaman masih di kampung,suka makan vitamin ini...Disini merek lain sih yang kandungan sama...tapi skrg lebih ke jaga kesehatan dengan banyak makan buah dan sayur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, selain suplemen vitamin B kompleks pastinya emang harus menerapkan gaya hidup yang sehat ya ^_^

      Hapus
  3. makasih infonya, aku juga pakai ini

    BalasHapus
  4. Aku nih, butuh konsumsi neurobion.. Sering kesemutan & jarang olahraga.. hiks, untung diingetin, nanti beli ah :D TFS mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama mba cantiks, semoga bermanfaat ya :)
      Wah bisa banget buat pencegahan emang sebaiknya juga ditunjang dengan konsumsi vitamin B kompleks.

      Hapus
  5. Mbak..klo aku tu kesemutan klo naik motor..tangan kanan yang megang gas. Awalnya pasca sesar. Pengaruh operasi, atau neuropati...aku nggak ngerti. Mau ke dokter malah was2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesemutan pasca melahirkan memang umum mbak, aku juga pernah mengalami soalnya :D

      kata dokter memang wajar, karena itu aku stop makan gorengan, memperbanyak makan buah dan sayur sama minum vitamin, lama-lama kesemutannya hilang mbak, hehe...
      Coba rubah gaya hidup dulu, kalau nggak berhasil baru temui dokter :)

      Hapus
  6. Konsumsi Neurobion bisa buat jaga kesehatanya mba

    BalasHapus
  7. Neuropati emang kadang di sepelekan. Saya juga begitu. Dulu saya pernah kesemutan saat di tengah mengendarai motor, bisa jadi juga itu gejala neuroati. Namun karena sekarang ada neurobion, saya jadi aman deh, mencegah lebih baik daripada mengobati, setuju nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju pake banget, kita mesti jaga kesehatan sebaik-baiknya :)

      Hapus
  8. AKu sering lho duduk ngetik lama. kudu waspada ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering-sering peregangan juga mba Wahyu supaya nggak pegel.

      Hapus
  9. bagus banget infonya... berarti mmg ga bs disepelekan ya.. kdg kesemutan tuh dikira krn kolestrol, bs bahaya klo minum obat yg tryt bukan sakitnya ya.. Makasi infonya mbak Syunamom:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi mba Memel :)
      sebelum minum obat kolestrol atau tekanan darah mesti dicek dulu jgn langsung minum obat :D

      Hapus
  10. Saya pegang mouse atau pulpen kelamaan aja bisa kebas. Neuropati emang bisa terjadi tanpa disadari ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba, kita sering lalai dan nggak sadar kalau punya gejala neuropari

      Hapus
  11. Ah pantesan aja aku sering gini, terlalu sering liat tan, kadang bikin nyeri2 sesuatu gitu
    Ternyata walau sepele berbahaya juga ya mb
    Jadi beda ya mb ini dengan obat, sifatnya vitamin gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, aku semakin aware karena ternyata akibatnya nggak sepele seperti yang aku kira :)

      Sebagian besar vitamin B kompleks juga larut dalam air mba jadi kalau kelebihan konsumsi bakalan dibuang melalui eksresi :D

      Hapus
  12. iya nih mba, kalau kelamaan duduk depan laptop pasti deh saya suka kesemutan, bagus ya minum neurobion. aman kah ini mba untuk bumil atau busui?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman mba selama sesuai dengan petunjuk, ini kan vitamin. saya juga minum :D

      Kalau buat bumil biasanya di suplemen kehamilan sudah ada vitamin B kompleksnya, sebaiknya salah satu aja supaya nggak over.

      Hapus
  13. Saya kadang kesemutan juga kalau duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama. Biasanya kalau pas arisan dan pengajian. Jadi supaya ngga kesemutan duduknya harus berganti-ganti gaya gitu. Tapi nggak tahu juga itu ada hubungannya dengan neuropati apa nggak.

    Oh iya minum neurobion sebagai vitamin B komplek penting ya mbak, apalagi buat saya yang udah diatas 40 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih bukan mbak, itu cuma karena aliran darahnya aja yg terhambat makanya jadi kesemutan :)

      Hapus
  14. Ngakuuu, aku suka main gameee >.<
    Aku baru tau kalo masak juga bisa bikin saraf terganggu.
    TFS!

    BalasHapus
    Balasan
    1. fakta yang mencengangkan yaaa~ tapi kita sebagai emak tetap harus masakk dong ;)
      Semoga Bermanfaat!

      Hapus
  15. Kadang sering banget yaa mba pegang gadget utk seorang blogger.. Dan baru tau ada senam neuro iniii. Hehe
    Kesemutan klo pas lagi mangku dan posisi kaki menekuk nih mba akuu...
    Hidup sehat.. Insya Allah ^^
    Tfs yaa mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbakk, katanya emang nggak terpisahkan deh sama gadget :D
      yuk cobain senamnya mba.
      Aku ngasih tau ibuku juga soalnya beliau sudah sering Kesemutan nih.
      Semoga kita bisa hidup sehat ya mba ^^
      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  16. Mbak aku jg pernah ngerasa gitu. Brasa tua 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk aku dong, berasa muda mulu.
      *digebukin*

      Hapus
    2. Wkwkwk aku dong, berasa muda mulu.
      *digebukin*

      Hapus
  17. Saya juga suka konsumsi neurobion sebelum tidur. Pas bangun, badan rasanya enteng... Jadi semangat beraktivitas. Biasanya kalau mau stok banyak, cek harga dulu via priceza.co.id kan lumayan selisihnya bisa buat beli kuota. Ya gak?

    BalasHapus

Halo, terimakasih sudah mampir yaa :)
Silakan tinggalkan komentar, Insya Allah saya kunjungi balik ^^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature