Sabtu, Januari 21, 2017

[BLOGGING] Niche Blog : Kenapa Memilih Lifestyle Blog?


Terus terang, awalnya aku ngeblog salah satunya ya buat curhat, semacam virtual diary gitu, jadi isinya ya cerita sehari-hari -yang sumfe, dulu beneran alay kuadrat! Lol. 
Selain itu isi blog bahari juga jadi tempat buat copy paste materi pelajaran, maklum lah, kan dulu bikinnya pas masih SMK, belum ada tuh Smartphone dan kalau ada pun harganya masih muahal... Mau akses internet juga mesti ke warnet atau nge-wifi. 

Baca lengkapnya di : Kenapa Aku Ngeblog?

Nah, menjelang usia tujuh tahun ngeblog, baru setaun belakangan aku mulai rajin menulis. 
Yaa salaam, telat abis ya? Kemana aja aku selama itu? Entahlah, yang pasti ada beberapa tahun yang sibuk dan bikin aku melupakan serunya dunia blogging, misalnya kesibukan kerja atau karena terbius platform lain, yang mosltly, karena keasikan maen sosial media.
Iya, maen twitter mulu, main path mulu, nonton drama Asia mulu, fangirling-an mulu, ha! 

Makanya kalau menengok postingan yang udah lewat itu jadi malu. Alangkah baiknya jika aku rajin menulis dari bujang dulu ya... :D

Tentunya aku menulis sekarang pas emak-emak juga nggak berarti salah, toh sebenarnya aku banyak diilhami oleh sesama perempuan (dan juga emak!) yang kukenal di komunitas Kumpulan Emak Blogger. Mereka semua jadi salah satu alasanku untuk melanjutkan kembali hobby ngeblog ini, ada yang punya tiga anak, ada yang working mom, ada yang stay at home mom, tapi aktivitas ngeblog mereka tetap jalan. Keren pisan euy pokoknya.. inspiratif.

Kembali ke judul, ngomongin Niche Blog, blogku ini sepertinya lebih masuk ke Lifestyle Blog, meski ada unsur personal juga karena ada post yang menulis tentang narsisnya 'akuv' dulu kala.
pssst... post narsisnya udah banyak kuhapus, jaim donk udah jadi bini orang, mengurangi ((mengurangi, nggak bisa menghilangkan)) jejak-jejak kelam alaynya aku pas masih bau kencur. wkwkwk...
Oh, terus sekarang udah nggak alay? Ya nggak juga sih. :|

Nah, kenapa jadi bikin Blog gado-gado eh Lifestyle blog
Ini dia Jawabanku :

#1 | Terlalu Banyak Punya Pemikiran. 

Alias terlalu maruk. hahaha..

Aku kadang muncul di blog dengan menulis tentang komik, kadang tentang opini sehari-hari, kadang juga terkesan dengan film atau produk kosmetik, intinya kalau menurutku hal itu menarik atau bermanfaat, bakalan kutulis. Kalau misalnya saya bikin blog satu-satu sesuai Niche mungkin blogku bakalan banyak syekaliii...
Dulu pernah tertarik mau bikin Beauty Blog (dan sempet bikin sih sebenernya).
Tapi setelah beberapa waktu aku evaluasi lagi, aku simpulkan bahwa aku nggak bisa meneruskan lagi. Banyak penyebabnya hingga sampai tahap mandeg, salah satunya adalah nggak bisa telaten mengisi. Punya, tapi nggak diisi, ya buat apa?

Aku memang suka membahas skincare, ngepoin ingridients-nya, lihat result-nya, tapi aku pribadi juarang beli.
Ilustrasinya, ditanganku itu usia satu facewash bisa 4 sampai 6 bulan, satu bb cream bisa setahun, aku jarang numpuk barang, aku selalu menerapkan One In One Out
Satu yang pasti hanyalah aku patuh dengan PAO produk. Nggak ada acara numpuk skincare, kecuali handbody yang numpuk karena nggak terpakai. 

Selain karena selain faktor-faktor tadi, aku juga sudah sangat puas dengan Beauty Blogger yang sudah ada sekarang, bahkan aku ada menulis tentang IBB favoritku  yang inspiratif disini. 

#2 | Nggak Khawatir Bakalan Kehabisan Ide. 

Iya, karena idenya banyak, tinggal pintar pintar menuangkan ke bentuk tulisan aja, yang sulitnya itu disitu loh, menulis itu nggak segampang ngomong :D

Tapi ya enaknya juga itu sih, terserah mau menulis apa selama sesuai dengan tagline blog sendiri, misalnya sebagai Mom blogger, selama isinya berkaitan dengan daily life ibu, wanita, istri, yawis lah. Namun tentunya janggal kalau membahas tentang otomotif, kecuali emang kalau kamu punya passion dibidang itu ya. 

Kalau Lifestyle Blogger yang kaya saya ya gini, ngeblog sesuai dengan

#2 | Visitornya Dari Mana-Mana 

Ini bisa dilihat dari google analytic yaa, karena tema yang diusung itu sakarep empunya blog, makanya ya visitor bisa dateng dari mana-mana sesuai dengan tulisan yang mereka pengen baca, misalnya mereka datang untuk baca review komik, ya mereka bablas baca tentang itu lalu  biasanya lanjut ke post yang related... usianya biasanya sekian sampai sekian, waktu yang dihabiskan cuma sekian-sekian, gitu.

Kalau mereka datang untuk review, mereka juga gitu, karena niche kita banyak, otomatis pembaca yang berkunjung juga bermacam-macam. Intinya, visitor random, karena blognya juga nggak spesifik satu niche.

Blogku ini membahas nggak lebih dari 5 niche kok, masih aman menurutku.

Menurutku loh ya :D

#2 | Cocok Untuk Bersosialisasi & Lomba. 

Karena ada embel-embel bumbu personal, jadi jangan heran kalau ada yang menulis tentang diri sendiri :D

Nggak apa dong, blog ini juga sekalian wadahku untuk bersosialisasi, misalnya dengan blogwalking, eh ternyata dengan ikut nyebur berkecimpung di dunia blog ini aku malah menemukan fakta bahwa banyak cara untuk mendapatkan inspirasi, salah satunya adalah para blogger handal yang inspiratif, yaaa! blogging membuatku menemukan irama kembali.

Selain itu, kayaknya blog gado-gado ini juga cocok buat ikutan lomba blog. Hehehe... *nyengir


***


Ok, habis membahas kenapa memilih Lifestyle Blog, mungkin ada yang nanya, "Terus, kekurangan blog gado-gado apa sih?" hmmm... dari yang sudah kubaca banyak sih, misalnya :

  1. Susah di optimasi karena untuk urusan SEO biasanya blog niche spesifik yang jadi juaranya
  2. Karena susah dioptimasi, katanya juga susah di monetize.
Kalau poin yang pertama mungkin benar ya, tapi poin yang kedua membuat bertanya-tanya, benarkah? menurut saya sang newbie ini sih tergantung blog-nya juga ya, banyak kok blogger gado-gado yang sukses :D

Nah itu saja yang ingin saya sampaikan, kalau kamu, kenapa memilih niche blog-mu saat ini?


***

 
53 komentar on "[BLOGGING] Niche Blog : Kenapa Memilih Lifestyle Blog? "
  1. Semangat. Saya juga lifestyleblogger dan saya ngerasa lebih nyaman aja kalau ngeblog suka-suka soalnya sama. Pikiran saya random banget.

    Bicara soal kekurangan nggak seberapa benar kok. SEO itu bisa kok diakali walaupun lifestyblogger dan soal monetize itu blog saya fine-fine aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba Tikhaaa, menulis suka-suka, Blog kita kok ini, terserah kita ngurusnya :D

      Ngomongin SEO, aku nggak ngerti banyak, cuma yg basic2 aja,hehe
      tapi memang banyak Lifestyle Blogger yang sukses ya, yang penting punya ciri khas :)

      Hapus
  2. Haloo mama Nuuran

    Heuheuu.. ko ini isinya aku banget sih. Blog aku juga gado-gado. Masih mencari jati diri untuk sebuah blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo juga mba Dwi

      Gapapa lah, yang penting update terus ๐Ÿ˜Š Semoga kita cepat menemukan ya mba, dimana hati kita condongnya :))

      Hapus
  3. Hai mbak syantik mbak syuna.. Bener sih mbak kebiasaan orang kalau sudah seneng sosmed bakalan lupa sama apa yang mau dia kerjain seperti nulis blog hehee..

    Semoga makin rajin terus yaa mbak nulisnyaa..

    Happy blogging mbak :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Racun sosial media, niatnya buka 10 menit malah jadi 3 jam. Hahaaa

      Mbak juga rajin-rajin bikin tutorial yaaa, Happy Blogging!

      Hapus
  4. mbakkk aku follow yhaaa.. mbak follow balik yha hehee makasih syantik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ku follow kok mba g+ sama Like fp nya

      Sama-sama yaa

      Hapus
  5. Halo mba aku juga gitu skrng blognya jadi lifestyle blogger. Habis dulu mau fokus ke food blogger ternyata aku masih suka juga nulis hal-hal lain, dan males bikin blog baru jd di gado-gadoin aja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gado-gado emang enak ya mba, apa2 sah aja dicemplungin ๐Ÿ˜‰

      Hapus
  6. Wkwkw alasannyaa pakai niche yg sekarang karena lebih pas dengan karakter nano-nano si empunya blog mbaak. . Heheeh alias juga gado". . Hehehe salam kenaa mbaak naa๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nano Nano kehidupan ya mba Lucky, yang penting ngeblog bikin hepi ๐Ÿ˜

      Hapus
  7. Blog utamaku dewirieka.com juga lifestyle, sekarang mulai kupisah hehe yang pejalansantai.com untuk wisata dan blog utama seputar pekerjaanku sebagai penulis..moga istiqomah apdetnya hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku selalu salut dengan Blogger yang bisa mengelola lebih dari satu blog, nggak mudah soalnya :D

      Semoga bisa lancar keduanya. Aamiin :)

      Hapus
  8. blog utamaku juga lifestyle, terlalu campur aduk, sekarang udah kupisah,bikin blog jalan-jalan di pejalansantai dan blog utama untuk curcol seputar kerjaanku sebagai penulis :)

    BalasHapus
  9. blog utamaku juga lifestyle, terlalu campur aduk, sekarang udah kupisah,bikin blog jalan-jalan di pejalansantai dan blog utama untuk curcol seputar kerjaanku sebagai penulis :)

    BalasHapus
  10. aku juga sama lifestyle hahaha sesuka hati jadinya ga kn abis ide :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, sumber idenya bisa dateng dari mana aja :D

      Hapus
  11. Blog ku blm fokus isinya msh campur2,, kepingin jg kyk mba Niche tp ide nulisnya itu msh lari2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa mba, campur-campur itu kan jadinya masuk Lifestyle jugaa hehe

      Hapus
  12. Blogku termasuk gado-gado. Nulis suka-suka. Tapi mulai tahun ini pengen lebih rutin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss! Biarpun gado-gado yang penting ngisinya rutin yaa...

      Hapus
  13. Blogku lifestyle mbak :) saya soalnya suka menulis tentang apa saja ttg pengalaman-pengalaman saya...jadi nggak fokus sama satu .. :D dan yang pasti kekuatannya di photo2 yang saya masukin ,)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Blog ttg pengalaman gitu aku suka loh bacanya, klo di Blog mb Dewi jadi tau gimana keseharian diluar negeri itu gimana, ya siapa tau ntar bisa kesana juga, aamiin :)

      Soal fotografi mah, mba Dewi sdh profesional, laff banget foto2nya. ajarin donk saya juga hihihi

      Hapus
  14. Bagus juga ceritanya mbak. Saran aja, antara kalimat aku dan saya harus dipilih dalam satu posting artikel, biar konsisten. Soalnya pas td baca kadang pake kata aku, kadang saya, nanti lama-lama jadi daku kya puisi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk kebiasaan lama itu susah ilang, oke deh terimakasih masukannya :D

      Hapus
  15. Saya pun lifestyle tapi lebih fokus ke kuliner. Masalah rejeki, ya tingkatin traffic aja sama mah. So far ada aja kok rejekinya๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju pake banget. Blog kuliner bikin laper baper ๐Ÿ˜

      Hapus
  16. Hi.. salam kenal Mama Nuuran, rupanya kita ini setipe. Sama-sama punya banyak minat buat inspirasi ngeblog. Bedanya mbak lebih rajin sedangkan aku males.
    Punya blog udah banyak bahkan pernah punya juga punya blog .com tapi yaaa gitu nggak rajin update dan akhirnya discontinued :(
    Sekarang ngeblog jadinya lebih seperti jurnal pribadi aja, karena emang udah terlanjur suka nulis di blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba Azhar.
      Waduh, belum mbak, ini juga masih belajar me-rajin-kan diri. Hahaha...

      Pokoknya diniatin awal untuk mau konsisten dulu, karena IMO itu yg paling susah :))
      Yang lainnya nyusul belajar. Hihi

      Hapus
  17. Aku juga blog gado" kok mbak, tapi 80 persen masih beauty post hihi

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi udah ada kecenderungan gitu ya mbak :D

      Hapus
  18. oke, meskipun blogku masih gado2 yang penting rutin buat posting :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, yang penting kita isi terus aja hehe

      Hapus
  19. salam kenal mbaaaaa,,, kalau di pikir pikir menulis itu perlu kreativitas yang tinggi,, gak asal-asal,, dan bagaimana tulisan kita enak dibaca orang,,, trus aku setuju sama mbak yang mencurahkan isi hatiii,,, tapi karena aku cowok,,, jadi mencurahkankannya gak lewat tulisan tapi olahragaaaa huhuhuhu
    btw mampir mbak k blog saya

    http://www.garislintang.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whahaha, iya deh mencurahkan lewat olahraga, cewek zaman sekarang kan suka sama yg ada roti sobeknya.

      Salam kenal Kirman, thanks sudah mampir yaa :D

      Hapus
  20. Blog ku juga gafo-gado mbak... Soalnya moody juga sih, apa yang kepikiran ya itu yang tak tulis hihihi. Pernah ada yang nanya, Blog ku mau dibawa kemana... ((langsung hening))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jangan di tanya mau dibawa kemana hubungan kita aja mba... Wkwkwk

      Hapus
  21. Kalo aku suka ngeblog semacam melepas pikiran yang menumpuk di otak, biar nggak lelah mbak...heheheh...dan bener niche life style itu cakupannya luas jadi enak selalu ada ide buat nulis. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener mbak, sekaligus Me Time-nya emak2 :D

      Hapus
  22. Awalnya aku pun mengklaim blogku sebagai lifestyle blog. Tapi lama-lama kelihatan yang paling sering diposting review serial tv, musik, film. Jarang banget menulis tentang lifestyle lain. Meskipun ada bahannya, tapi semangat menulisnya beda. Kalau menulis review tiga hal itu semangat banget hehe. Nggak mau keduluan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, berarti passionate mungkin dibidang itu kali ya :D
      karena aku sendiri baru memulai blogging jadi masih belum tau nih arahnya kemana, sementara nyaman di gado2 ini nih.

      Hapus
  23. Nulis pada waktu jaman masih bujang---> bujang ulala hahhaha, ngakak

    Punya blog bahari? Dulu berarti nichenya tentang kelautan yak hihi

    Sama pun aku suka kepending2 kalo mau produktif nulis, terlalu banyak ngeinstagram deh hahha, ngepoin drama asia, mantengin lk21 #eh, tapi skarang uda jarang baca komik, padahal ada beberapa bungkus komik yang masih diplastik, eiya lupa dikau kan juragan komik lama yak hihi, ada chie watari jadul ga, yang tentang hantu2, bahas dunk

    Ehmm sama aku klo pake makeup dari jaman seserahan 2,5 tahun yang lalu sampe sekarang masih awet, la wong jarang takpakai hahhahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kan udah gak bujang lagi *eh wkwkwkwk

      Adoooh salah milih kata ya saya? Maklumin aja yaa, itu kelautan hatimu. Hahaha

      Wahhh kalau udah buka ig, apalagi buka lk21 minimal setengah jam tuh, kalau soal Chie Watari mmm... yg bunga Suzuran apa gitu-gitu kan ya? terus yg boneka lilin itu, serem mba itu komiknya pas aku kecil bacanya takut2 ��
      komiknya entah dimana berada itu mah, huhu

      Horeeee ternyata ada yg lebih parah yakk, tapi skrg aku mulai ganjen mbak, suka nontonin tutorial mekap di yutup bhahaha

      Followback ig ku ya mbaaaa ahaydeee

      Hapus
    2. Iyaaa aku pnasaran abis ama yg bunga suzuran

      Hapus
  24. iya, lebih enak jd lifestyle blogger, campur campur hehehe
    bikin blog 1 lagi aja yg khusus mbak
    kalo saya ada yg khusus berisi resep makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak tuh kalau hobinya bisa disalurkan juga, lagi mencari Niche yg paling diminati nih mba :D

      Hapus
  25. Iyeey aku juga pilih niche lifestyle karena asik diajakin ikut giveaway ato lomba blog. Terus, jobnya juga lebih lancar. Hehe. Tapi aku punya 2 blog sih sebenernya. Satunya blog buku buat berbagi review buku-buku yang abis ku baca. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bener nih, ikutan lomba sama giveaway ya ^_^

      Hapus
  26. aku karena awalnya gag tau mau nulis apa mbak , jadinya campur aduk gini deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tulisanmu seruu, foto-fotonya cakeppp pisaan

      Hapus
  27. Bener setuju sama semua pendapatnya mbak,menurutku lifestyle blog itu lebih bebas berekspresi. Apalagi yg passionnya masih setengh-setengah kayak aku gini. Apa aja bs aku tulis di blog ku yg sifatnya personal hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku sebenarnya mau bikin yang berniche sih mbak, cuma belum ketemu yang benar-benar kujiwai :D
      jadi sementara disini dulu deh nyampur-nyampur :)

      Hapus

Halo, selamat datang di Blog mama Nuuran. (^^)v

Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya,jangan lupa sertakan link supaya kita bisa saling mengunjungi~

Terimakasih sudah mampir.

Custom Post Signature

Custom Post  Signature