Minggu, Maret 20, 2011

Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Obat?

Kapan waktu minum obat yang tepat?
Pertanyaan itu tentu sering anda dengar, emangnya kenapa harus diwaktu yang tepat? kayak jodoh aja nunggu waktu yang tepat (Tsaaahhh~).  
Begini teman, pada umumnya, obat harus diminum diwaktu yang tepat untuk mendapatkan hasil atau efek yang optimal, bisa sebelum atau sesudah makan, bisa pagi, siang, atau malam hari. Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. 




Nah, sekarang yuk disimak beberapa aturan minum obat dibawah! :D

Sebelum Makan : 
  1. Amoxiicillin
  2. Eritromisin
Sesudah Makan :
  1. Asam Mefenamat
  2. Natrium Diclofenac
  3. Piroxicam
  4. Fenitoin
  5. Asetosal
  6. Propanolol
  7. Ibuprofen
  8. Golongan Kostikosteroid (Dexametahasone, Hidrokortisone dll)

Dikutip dari sini :
1. Obat diabetes dan penguat jantung
Waktu yang terbaik adalah pukul 4:00 – 5:00 pagi.  Tubuh manusia paling sensitif terhadap insulin pada pukul 4-5 pagi, sehingga jika diberikan pada saat itu, efeknya paling baik, walaupun dalam dosis lebih kecil. Efek obat penguat jantung juga lebih tinggi sampai 10-20 kali pada jam tersebut dibandingkan waktu-waktu yang lain. Hal ini karena tubuh manusia juga paling sensitif terhadap digitalis. Ini secara teoritis, mungkin pada prakteknya bisa sedikit bergeser waktunya, misalnya pukul 6 pagi.
2. Obat diuretik (pelancar air seni)
Paling baik digunakan pada pukul 7 pagi. Sangat penting untuk menggunakan obat pelancar seni pada waktu yang tepat karena itu terkait dengan fungsi ginjal dan hemodinamik. Selain itu juga pada umumnya pasien dalam keadaan terjaga, sehingga tidak mengganggu waktu tidur. Obat seperti hidroklortiazid memiliki efek samping yang lebih rendah jika dipakai pada pukul 7 pagi.
3. Penurun tekanan darah (anti hipertensi)
Waktu yang paling baik adalah pada pukul 9-11 pagi. Riset menunjukkan bahwa tekanan darah mencapai angka paling tinggi pada pukul 9-11 pagi, dan paling rendah pada malam hari setelah tidur. Sehingga secara umum, sebaiknya obat antihipertensi diminum pada pagi hari. Perlu hati-hati jika obat anti hipertensi diminum malam hari karena mungkin terjadi penurunan tekanan darah yang berlebihan pada saat tidur.
4. Anti asma
 Waktu yang terbaik adalah pada pukul 3-4 sore. Hal ini karena pada saat itu produksi steroid tubuh berkurang, dan mungkin akan menyebabkan serangan asma pada malam hari. Karena itu, jika steroid dihirup sore hari, diharapkan akan mencegah serangan asma pada malamnya.
5. Anti anemia
Waktu yang paling baik adalah pukul 8 malam. Penggunaan obat anemia seperti Fe glukonat atau Fe sulfat, dll memberikan efek 3-4 kali lebih baik pada waktu itu daripada jika diberikan pada siang hari.
6. Obat penurun kolesterol
Waktu yang paling baik adalah pada pukul 7-9 malam, karena memberikan efek lebih baik.

***
Ada juga pantangan makanan dengan obat, misalnya :
  • Jangan diminum bersama susu : Tetrasiklin 
  • Jangan diminum bersama Antasida : Ciprofloxacin, Ofloxacin.

Sekian, semoga bermanfaat ya!

1 komentar on "Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Obat? "
  1. Klo obat antialergi gimana, aku takutnya tiap bentol minum obat malah jadi resistn huaaaaa

    BalasHapus

Halo, selamat datang di Blog mama Nuuran. (^^)v

Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya,jangan lupa sertakan link supaya kita bisa saling mengunjungi~

Terimakasih sudah mampir.

Custom Post Signature

Custom Post  Signature