Rabu, Agustus 11, 2010

[Manga] Resensi Detective Conan

Assalamualaikum ^^

Ini postingku yang kedua di blog ini. Kali ini aku akan membahas satu komik kesukaanku mulai dari Sekolah Dasar sampe sekarang udah SMA, Detektif Conan.



Alasan kenapa suka sama serial ini? 


Karena serial ini punya semua unsur yang saya sukai, mulai dari school-life, sedikit Shoujo (yang gak romantis romantis amat), pesan moral yang dalam, fiksi cerdas dicampur ilmu pengetahuan dengan setting yang pas gak lebay, mind trolling dengan jalan cerita yang gak berat, dan yang pasti chara nya yang ganteng ganteng itu looh~~ *peluk Saguru.

                       
Alur utama cerita berlatar belakang tempat di Jepang, dengan penggunaan nama-nama yang sungguhan ada seperti Tokyo dan Osaka, namun juga menggunakan beberapa nama tempat fiktif seperti Kota Beika. 
Serial ini berlangsung sejak 1994, dengan jumlah episode anime sebanyak 564 yang terbagi menjadi 18 musim dan jumlah bab manga sebanyak 723 yang terbagi menjadi 66 volume dan ada juga yang belum dikumpulkan ke dalam volume.

Rabu~ 
Ah, panjang ya kalau mau bikin resensi? Okay, aku bikin sinopsis singkatnya aja yaa ^^
Conan Edogawa sebenarnya adalah Shinichi Kudo SMU yang tubuh nya mengecil akibat diminumkan racun bernama APTX 4869 oleh dua orang organisasi Jubah Hitam (yang kemudian pada komik berikutnya diketahui mempunyai codename Gin dan Vodka ).

Pada komik pertama karangan Aoyama Gosho ini diceritakan bahwa Shinichi Kudo adalah siswa SMA yang punya kemampuan hebat dalam memecahkan kasus-kasus sulit sehingga dijuluki ‘penyelamat Kepolisian Jepang’. 

Ayahnya Shinichi adalah seorang penulis cerita Misteri, yang otomatis dirumahnya (sebelum pindah ke Los Angeles) terdapat banyak sekali buku-buku misteri, dan mungkin itu sebabnya kenapa Shinichi sejak kecil sangat menyukai novel detektif. Buku favoritnya itu adalah Sherlock Holmes, bagian favorit Shinichi adalah Petualangan bagian Empat: ’Tangan Ganda’ karangan dari Sir Arthur Conan Doyle .

Suatu hari ketika Shinichi sedang jalan sama Ran Mouri di Theme Park. Secara tidak sengaja dia melihat dua orang yang memakai pakaian hitam yang gerak-geriknya mencurigakan, lagi sorot matanya juga dingin dan kejam, Shinichi memutuskan untuk membuntuti keduanya. 
Naasnya..

Karena Shinichi ini terlalu konsentrasi melihat Transaksi yang dilakukan Vodka dengan seorang usahawan, dia tidak menyadari kalau Gin mengetahui kehadirannya, Gin berniat membunuh Shinichi dengan meminumkan obat terbaru penemuan Organisasi. 

... tapi yang terjadi adalah efek samping dari obat tersebut yang membuat tubuh Shinichi Kudo menyusut menjadi seperti umur 7 tahun !



Dari sinilah perjalanan Detektive Conan yang seru dimulai!

Orang yang pertama mengetahui kalau Shinichi menyusut menjadi Conan adalah Professor Agasa, tetangganya Shinichi yang berumur 52 tahun yang merupakan seorang penemu. 

Nama Conan Edogawa* sendiri diambil berdasarkan tulisan romaji dari nama pena Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle, dan nama pena dari Hirai Taro.

Siapa Hirai Taro?
Hirai Taro adalah author misteri yang mengagumi karya misteri barat terutama penulis misteri Edgar Allan Poe, dan dalam pelafalan Jepang Edogawa Ranpo sebenarnya menterjemahkan nama Poe sendiri... Edgar Allan Poe adalah penulis misteri paling awal yang pertama kali melahirkan cerita Lupin yang kemudian diilhami oleh Lupin-nya Maurice LeBlanc (yang melahirkan kisah cerita Lupin dan tentu saja ini awal mula dimana Kaito Kid berasal) dan Sherlock Holmes-nya Sir Arthur Conan Doyle.

*Nama tersebut diambil ketika bingung ditanyai oleh Ran (pada jilid 1),

Untuk sementara Conan dititipkan dirumah Kogoro Mouri, detective sekaligus ayahnya Ran dengan alasan kedua orangtuanya sedang berada diluar negeri. Dan disinilah dimulai perjalanan Conan untuk mengembalikan tubuhnya menjadi besar kembali dengan cara mengumpulkan informasi sedikit demi sedikit tentang organisasi Jubah Hitam (karena organisasi ini sangat misterius dan siapa saja yg berurusan dengannya akan mati) selain itu dia juga harus terus membantu memecahkan kasus-kasus yang dihadapi detektif Kogoro yang sangat payah (namun terkadang hebat juga :D)

Tokoh-tokohnya lumayan banyak dan punya khas masing-masing. Ini biodata singkatnya:

© Ran Mouri


Ran adalah putri semata wayang dari Detektif Kogoro Mouri dengan pengacara Eri Kisaki.
Teman dari kecil Shinichi (segan mau bilang pacar, meskipun sudah tahu keduanya saling suka). Ran tinggal bersama ayahnya dikantor Detektif Kogoro. Gadis muda berusia 16 tahun yang pencemburu ini duduk dibangku kelas 2 SMU dan satu kelas dengan Shinichi. 

Ran adalah ketua klub karate yang keras hati,tapi juga gampang menangis. Ran mulai belajar karate sejak Ran melihat Satoru Maeda di kejuaraan karate, karena melihat aksinya begitu memukau dari situlah Ran mulai belajar karate .
Ran sangat takut terhadap hantu, hewan-hewan tertentu, misalnya ular dan kecoa. Yang paling mengharukan dari Ran adalah kesetiaannya menunggu Shinichi.

Dalam versi Case Closed (versi inggris) Ran Mouri bernama Rachel Moore.

© Kogoro Mouri



Ayah Ran, detektif yang plin-plan, gegabah dan asal-asalan.
Sifat utamanya adalah agak bodoh, suka taruhan pacuan kuda, fans (kelewat) berat Yoko Okino, mata duitan, suka cewek-cewek cantik dan hobi mabuk-mabukan, dua hal terakhir ini adalah alasan utama kenapa dia berpisah dengan Pengacara Eri Kisaki. 

Kogoro juga biasa disebut pembawa sial/kogoro tidur karena dimana ada dia selalu ada misteri ataupun kasus pembunuhan.
Dia selalu memecahkan masalah sambil tidur karena ditembak peluru bius oleh Conan. meski begitu sebenarnya dia adalah karateka, penJudo dan detektif hebat
(dengan catatan : jika terdesak dan naluri hebatnya aktif, hehe...)

Di dalam komik Detektif Conan versi Bahasa Inggris (Case Closed), Kogoro Mouri bernama Richard Moore.

© Yusaku Kudo



Ayah Shinichi, seorang penuis novel misteri terkenal dengan tokohnya yang paling masyhur bernama ‘Night Baron’ yaitu seorang pencuri ulung yang misterius, selalu memakai topeng dan jubah serta beroperasi di kegelapan malam, terkadang bisa menjadi pembunuh yang sadis.
Sampai sekarang hanya Yusaku yang tahu identitas Baron Night.

Dia sangat cerdas dan dulu dia sering membantu polisi memecahkan kasus yang tidak dapat dipecahkan orang lain, kemampuan memecahkan kasusnya lebih hebat daripada Shinichi . 

Dia adalah orang yang membuat nama Kid untuk Pencuri nomor 1412 (Phantom Thief 1412). Pernah juga disiratkan bahwa dia mengetahui bahwa Toichi Kuroba adalah Kid.
Seiyu-nya adalah Hideyuki Tanaka dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Randy Tallman. Yusaku selanjutnya didubbing oleh John Swasey di The Phantom of Baker Street. 

Dia dikenal di Case Closed sebagai Booker Kudo.

© Yukiko kudo



Ibunya Shinichi dan istri dari Yusaku Kudo. Yukiko adalah seorang Aktris cantik dari Jepang yang centil, suka menantang bahaya, serta ahli dalam dunia akting dan samar-menyamar. Pernah belajar ilmu menyamar dari pesulap terkenal Toichi Kuroba, ayahnya Kaitou.

Dia suka menjadi pusat perhatian dan menjadi Night Baronness (Night Baronness adalah peran yang diciptakan oleh Yusaku untuk memecahkan suatu kasus, karena dia berpenampilan seperti seorang Baron Night,maka dari itu namanya manjadi Night Baronness). 

Film terkenal yang dibintangi Yukiko adalah “Kisah Polisi Wanita Berbahaya”. 
Yukiko meninggalkan dunia hiburan dalam usia muda (kalo tidak salah umur 20 tahun) sejak menikah dengan Yusaku Kudo untuk mengurus Shinichi kecil. Seiyu-ya adalah Sumi Shimamoto dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Laurie Steele. 

Dalam Case Closed, Yukiko Kudo dikenal sebagai Vivian Kudo.

© Professor Agasa hiroshi



Seorang penemu berusia 52 tahun yang bertubuh tinggi besar, dia adalah seorang profesor linglung yang menemukan beberapa perangkat untuk membantu Conan. Orang pertama yang mengetahui identitas asli Conan Edogawa. 

Dia sering membantu Grup Detektif Cilik dan membawa mereka mengadakan perjalanan dalam VW Beetle-nya. Setelah menemukan Shiho Miyano yang juga mengecil seperti Conan pingsan didepan rumah Shinichi, dia mengadopsinya dan memberi nama samaran yaitu Ai Haibara untuk menyembunyikan dia dari Organisasi Berbaju Hitam.
Seiyu-nya adalah Kenichi Ogata dan pengisi suara Inggrisnya adalah Bill Flynn.

© Sonoko Shizuki


Sonoko Suzuki adalah sahabat terbaik Ran. Sonoko berasal dari keluarga konglomerat kaya raya dengan status sosial yang tinggi, namun dalam keseharian Sonoko adalah remaja perempuan biasa yang centil dan suka mencari perhatian remaja laki- laki yang menarik. 

Pacarnya sekarang adalah Makoto Kyogoku, seorang karateka, yang menjalin hubungan jarak jauh dengan dia ( Long Distance? Sonoko bisa? *mungkin juga.. hehe)

Ketika Kogoro tidak ada, biasanya Conan menidurkan Sonoko lalu mengubah suaranya menjadi suara Sonoko untuk memecahkan kasus (kurang lebih sama seperti pada Kogoro Mouri).
Sifat dasar Sonoko juga kurang lebih sama dengan Kogoro..

Seiyu-nya adalah Naoko Matsui dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Laura Bailey. Dia diperankan oleh Mayuko Iwasa dalam drama televisi Detektif Conan.

© Heiji hattori 



Heiji Hattori adalah Rival Shinichi dari Osaka. dia adalah putra dari Henzo Hattori, Inspektur Kepolisian Osaka. 

Ciri khasnya adalah orang berkulit hitam dengan logat kansai yang kental, julukannya adalah Detektif dari Timur. Heiji adalah seorang detektif SMU sama seperti Shinici. Heiji pertama mengetahui bahwa Conan adalah Shinici pada saat berada dalam Tur Petualangan Sherlock Holmes (meskipun ia lebih suka karangan dari Elary Queen ketimbang karangan dari Conan Doyle) 

Hattori adalah orang yang gemar memakai topi, tapi ketika sedang bingung dia pasti membalikan topi itu. Selain itu dia juga gemar memainkan pedang samurai dan jago bermain anggar dan juga seorang petarung Kendo. Dan yang perlu diingat adalah khas dari orang Osaka adalah paling pintar dalam hal berbohong. *terlau lihai malah wkwk*
Dia memiliki hubungan dengan Kazuha Toyama, teman sejak kecilnya dan mungkin akan menjadi hubungan cinta.

Seiyu-nya adalah Ryo Horikawa dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Kevin M. Connolly.

© Kazuha Toyama 


 

Kazuha Toyama adalah teman masa kanak- kanak Heiji Hattori dan seorang putri seorang komisaris yang berpangkat penting di kepolisian Osaka. Ayah Heiji dan ayah Kazuha adalah sahabat. Hubungan dia dengan Heiji berhubungan erat dengan Shinichi & Ran, tapi sayangnya dia terlalu malu *tepatnya gengsi mungkin* untuk mengakui bahwa mereka merasa lebih dari ‘bersahabat’ untuk masing- masing.

Dia dan Heiji pernah bermain polisi- polisian dengan Heiji pada masa kanak- kanaknya dan mereka tidak bisa lepas dari borgol yang mereka pasang sehingga mereka masuk kamar mandi dan toilet bersama. Akhirnya setelah borgol tersebut lepas,pecahan rantai borgol tersebut dijadikan jimat oleh Kazuha dan dipakaikannya kepada Heiji.*romantis tidak? :D

Conan pernah memakai jimat tersebut (karena dipinjami oleh Heiji) dan selamat dari bahaya yang menimpanya. Dia pernah cemburu pada Ran tapi sekarang menjadi teman baik. Dia terampil dalam Aikido, mirip dengan Ran yang terampil dalam karate. Tapi keduanya takut hantu karena “karate dan aikido tidak akan bekerja pada mereka” hahaha. 

Seiyu nya adalah Yuko Miyamura dan aktris suara bahasa Inggris-nya adalah Gwendolyn Lau. Dalam Detektif Conan versi Amerika Serikat, namanya adalah Kirsten Thomas.


© Kaitou kid



 

Kaito Kid Kaito Kid Pencuri kelas dunia yang lihai menyamar.
Kid memiliki kisah sendiri yang bertitel Magic Kaito, dia adalah tokoh protagonis dalam manga seri Magic Kaito karya Aoyama Gosho.

Kemampuannya untuk bermain sulap ataupun menyamar menjadi orang lain sangatlah disegani orang lain. Kaito Kid juga pernah menyamar menjadi Shinici dan Ran. Sharon Veineyard dan Yukiko Kudo mempelajari ilmu penyamaran dari ayah Kid, Toichi Kuroba.

Ciri khasnya adalah Kid selalu memakai pakaian serba putih, topi sulap putih dan kacamata di mata kanannya (kalau di Jepang kiri) efek dari kacamata ini adalah wajahnya menjadi tidak terlihat akibat kilauan kaca tersebut.

Senjata andalan dari Kid adalah KARTU. Kartu yang dimiliki Kid bukanlah kartu sembarangan, kartu-kartu Kid bisa melukai smapai membunuh seseorang. Kid sering muncul saat malam hari sehingga dijuluki “Kid Sang Pencuri Hantu” , “Pesulap Terang Bulan” ataupun “Pencuri 1412”. 
Keahlian menunggangi semacam alat terbang yang disebut Hang Glider atau sering disebut dengan Gantole yang juga berwarna putih, sehingga membuat Kid susah sekali ditangkap.

Spoiler! sebenarnya Kaito juga seorang siswa SMA biasa yang wajahnya agak mirip dengan Conan (Ran bahkanpernah menyangka kalau Kaito adalah Shinichi waktu berpapasan di Nagoya street).
 
Nama aslinya adalah Kaito, Seiyu-nya adalah Kappei Yamaguchi dan pengisi suara Bahasa Inggrisnya adalah Jerry Jewell.

***

Fiuhhh... diatas itu belum semuanya loh, masihg banyak tokoh-tokoh yang lain. Tapi itu dulu ya untuk hari ini ^^
Sampai jumpa post berikutnya~
ALL PIC CREDIT TO GOOGLE
 















2 komentar on "[Manga] Resensi Detective Conan"

Halo, selamat datang di Blog mama Nuuran. (^^)v

Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya,jangan lupa sertakan link supaya kita bisa saling mengunjungi~

Terimakasih sudah mampir.

Custom Post Signature

Custom Post  Signature